MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ambyah Harjanto, Mareyke Jessy Tanod

Abstract


This research is motivated by the low understanding of concepts in learning the science of alma. This study aims to improve concept understanding in grade IV of SD Negeri 1 Durian Payung Bandar Lampung by using the learning model predict observe explain. The research method used by the researcher is a classroom action research, with a total of 20 students. This research took place in 2 cycles, each cycle consisting of 2 actions. The techniques used in data collection are observation, tests, interviews, documentation, and field notes. The results showed that the application of the learning model predict observe explain can improve understanding of concepts in natural science learning in Class IV of Durian Payung Elementary School, Bandar Lampung.

Keywords


learning model predict observe explain, concept understanding, natural scienc

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi

Untuk Satuan Dasar Dan Menengah, Jakarta: BSNP.

Dewi, S.Z., Suhandi, A. (2016). penerapan strategi predict observe

explain PDOEDE) pada pembelajaran IPA SD untuk

meningkatkan pemahaman konsep dan menurunkan kuantitas

siswa yang miskonsepsi pada materi perubahan wujud benda di

kelas V. Eduhumaniora: jurnal pendidikan dasar UPI Kampus

Cibiru, Vol 8, No. 1

E M G. (2011). Action research,A guide for the teacher researcher

nd. New Jersey: Merrill Prentice Hall

Falah, S., Hartono, Yulianti, I. (2017). Pengembangan lembar kerja

siswa listrik dinamis berbasis POE (predict-observe-explain)

untuk meningkatkan penalaran dan pemahaman konsep siswa.

UPEJ UNNES physics educational journal, vol 6, no 2.

Fannie, r.D., Rohati. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa

berbasis POE pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal

Sainmatika, Vol.8, No. 1

Herniati, R., Sulistri, E., Rosdianto, H. (2017). Penerapan model

predict observe explain dengan pendekatan learning by Doing

untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal fisika Flux, Vol.

, No.2

Indrawi., dan Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif,

Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD, PPPPTK IPA

Muna, I. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-

Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan

Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama,

(1)

Saputra, D. S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir

Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal

Pendidikan Dasar, Vol 7 (1).

Sekartini, N.L.J., Parmiti, Dsk. P., Margunayasa, I.Gd. (2013).

Perngaruh model pembelajaran predict discuss explain observe

discussexplain terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SD

Gugus XII Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD UNDIKSHA, Vol 1,

No1.

Sudiadnyani, Pt., Sudana, DW. Nym., Garminah, N. Nym. (2013).

pengaruh model pembelajaran predsct-observe-explain (POE)

terhadap pemahaman konsep IPA siswa Kelas IV SD di

kelurahan Banyuasri. Jurnal mimbar PGSD Undiksha, vol 1, No.

Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumirat, F. (2017). Efektivitas model predict observe explain (POE)

untuk memfasilitasi perubahan konseptual siswa SD dalam

pembelajaran IPA. Tunas siliswangi: jurnal program studi

pendidikan guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 3, No1.

Trianto. (2014). Mendesai Model Pembelajaran Inovativ,

Progresif, dan Kontekstual, Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.