MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi
Untuk Satuan Dasar Dan Menengah, Jakarta: BSNP.
Dewi, S.Z., Suhandi, A. (2016). penerapan strategi predict observe
explain PDOEDE) pada pembelajaran IPA SD untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan menurunkan kuantitas
siswa yang miskonsepsi pada materi perubahan wujud benda di
kelas V. Eduhumaniora: jurnal pendidikan dasar UPI Kampus
Cibiru, Vol 8, No. 1
E M G. (2011). Action research,A guide for the teacher researcher
nd. New Jersey: Merrill Prentice Hall
Falah, S., Hartono, Yulianti, I. (2017). Pengembangan lembar kerja
siswa listrik dinamis berbasis POE (predict-observe-explain)
untuk meningkatkan penalaran dan pemahaman konsep siswa.
UPEJ UNNES physics educational journal, vol 6, no 2.
Fannie, r.D., Rohati. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa
berbasis POE pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal
Sainmatika, Vol.8, No. 1
Herniati, R., Sulistri, E., Rosdianto, H. (2017). Penerapan model
predict observe explain dengan pendekatan learning by Doing
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal fisika Flux, Vol.
, No.2
Indrawi., dan Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD, PPPPTK IPA
Muna, I. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-
Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan
Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama,
(1)
Saputra, D. S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir
Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal
Pendidikan Dasar, Vol 7 (1).
Sekartini, N.L.J., Parmiti, Dsk. P., Margunayasa, I.Gd. (2013).
Perngaruh model pembelajaran predict discuss explain observe
discussexplain terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SD
Gugus XII Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD UNDIKSHA, Vol 1,
No1.
Sudiadnyani, Pt., Sudana, DW. Nym., Garminah, N. Nym. (2013).
pengaruh model pembelajaran predsct-observe-explain (POE)
terhadap pemahaman konsep IPA siswa Kelas IV SD di
kelurahan Banyuasri. Jurnal mimbar PGSD Undiksha, vol 1, No.
Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumirat, F. (2017). Efektivitas model predict observe explain (POE)
untuk memfasilitasi perubahan konseptual siswa SD dalam
pembelajaran IPA. Tunas siliswangi: jurnal program studi
pendidikan guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 3, No1.
Trianto. (2014). Mendesai Model Pembelajaran Inovativ,
Progresif, dan Kontekstual, Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.