PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL SURAH PENDEK PADA ANAK USIA 4–5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANULATHFAL KABUPATEN MELAWI

Fadillah Gustiarni Rusmana, Elin B. Somantri, Diana Diana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode muraja’ah dalam pembelajaran hafalan surah pendek terhadap anak usia 4–5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kabupaten Melawi 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas dan datanya adalah lembar hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru kelas TK. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode muraja’ah dalam meningkatkan hafalan surah pendek anak sudah terpenuhi. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan merumuskan materi kegiatan, materi pembiasaan, menyusun bahan pembelajaran, merencanakan alat, pendekatan serta metode pembelajaran, dan sumber yang dipakai menggunakan metode muraja’ah. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan pra pelaksanaan, pembukaan, kegiatan inti, pemanfaatan bahan main, penilaian proses, dan penutup menggunakan metode muraja’ah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan mempersiapkan bahan refleksi dan mengumpulkan informasi anak menggunakan metode muraja’ah.


Keywords


Metode Muraja’ah; Surah Pendek; Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(2) : 1–9. DOI : https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Diasti, kermi. (2021). Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, Vol 1(2) : 151–162. DOI : http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Fauziah, T., & Asmawat, L. (2022). Penerapan Teknik Membaca Nyaring Dalam Kegiatan Menghafal Juz’amma Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Annizhomiyyah Labuan. Jurnal Golden Age , Vol 6(2) : 606–614. DOI : https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i02.7010

Guci, A., & Sukmana, J. (2023). Metode Pembelajaran Tahfidz Al-quran Santri Usia Sekolah Dasar Di Rumah Tahfidz Baytul Huffadz Jatiuwung Kota Tangerang. JIQTA: Jurnal Ilmu Al-quran Dan Tafsir, Vol2(1) : 37–49. DOI : https://doi.org/10.36769/jiqta.v2i1.330

Maulina, I., & Elis, A. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Ekologi Di Kelas B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 7(2) : 18. DOI : https://doi.org/10.29406/jpk.v7i2.1393

Mudinillah, A., & Aprilia, N. W. (2022). at-Tarbiyah al-Mustamirrah : Jurnal Pendidikan Islam Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an di Talamau Tahfidz Centre (TTC) Talu , Pasaman Barat. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah. Jurnal Pendidikan Islam. Vol3(1) : 1–13.

Pratiwi, R. W., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). Upaya Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, Vol9(1) : 31–40. DOI : https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/48107

Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-quran. Journal of Education Research, Vol4(1) : 7–12. DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum, Vol12(2) : 142–159. DOI : https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/4696

Syahran, M. (2020). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif. Primary Education Journal (Pej), Vol4(2) : 19–23. DOI: https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760