PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI, BIAYA KEPATUHAN DAN KEMUDAHAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Fitriana Mawaddah, Rizka Ramayanti

Abstract


MSME tax is one of the national development sources. This study aimed to evaluate whether service quality, tax sanctions, compliance costs, and the usability of e-filing had an effect on MSME taxpayer compliance. This investigation was done by 44 Depok-based SMB respondents. Utilizing Partial Least Square, the SmartPLS application conducts data analysis. This study reveals that the quality of tax services, tax sanctions, and the convenience of e-filing have an effect on taxpayer compliance, however the cost of compliance has no effect.

 

Keywords: Compliance costs; tax sanctions; tax service quality; ease of use of e-filling


Full Text:

PDF

References


Arabella Oentari Fuadi dan Yeni Mangonting. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review, 1(1), h: 35-42.

Erawati, T., & Ratnasari, R. (2018). E-flling. Pengaruh Penerapan E-filing Terhadap Kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan dengan kepuasan kualitas pelayanan sebagai variable Intervening, Jurnal Perpajakan,10.

Harto, Budi. (2016). Pelaksanaan Elektronik System (E-System) Dan Akuntansi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis. Vol 2. No 1. 2407-8298

Hendri, & Hotang, K. (2019). application of e-filing system. E-filiing , pemahaman , sanksi perpajakan , biaya kepatuhan dan kepuasan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pelaporan SPT tahunan WPOP, Jurnal 13.

Indriyani, N., & Askandar, N. (2018). service quality , tax penalties. Pengaruh Kualitas pelayanan,sanksi perpajakan, biaya kepatuhan , dan penerapan efiliing pada kepatuhan wajib pajak Studi kasus KPP Malang, Jurnal Perpajakan,13.

Kata data. (2019). Penerimaan Pajak yang Meleset Jauh dari Target. https://katadata.co.id/telaah/2019/11/28/penerimaan-pajak-yang-meleset-jauh-dari-target

Kirchler, Erich. Hoelzl, Erik. Wahl, Ingrid (2008). Enforced versus voluntary tax compliance: The “slippery slope” framework. Journal of Economic Psychology .Vol 29

Kementerian Koperasi dan UKM . (2018). Retrieved from Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar: http://www.depkop.go.id

Murti, W., Borobudur, U., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Pajak, O. (2022). Trilogi accounting and business research. 03(01), 80–97.

Prasetyo, Ardinur. (2008). Pengaruh Uniformity dan Kesamaan Persepsi serta Ukuran Perusahaan Terhadap Kepatuhan Pajak (Meminimalisasi Biaya Kepatuhan Pajak pada Perusahaan Masuk Bursa.

Rachmawati, N., & Ramayanti, R. (2016). Tax Compliance. Manfaat pemberian Insentif Pajak Penghasilan dalam Kepatuhan wajib pajak UMKM, Jurnal Perpajakan,

Riadita, F. A. and Saryadi, S. (2019).Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Umkm Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Semarang Selatan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. vol. 8. no. 2. pp. 105-113.

Roth, J.A., Scholtz, J.T., & Witte, A.D. (1989). Taxpayer compliance: An agenda for research. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Tiraada, T. A. (2013). Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus terhadap Kepatuhan WPOP di Kabupatan Minahasa Selatan. Jurnal EMBA Vol. 1 No.3, 999-1008.

Susmita, P & Supadmi, N. (2016). Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 1239-1269




DOI: https://doi.org/10.31326/tabr.v3i2.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats