STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN "MEREK CEDEA" DI PT. CITRADIMENSI ARTHALI MUARA BARU JAKARTA UTARA

Ristak Faidatun Nisak, M. Karim, Arman Arman

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini mengenai strategi pemasaran produk olahan ikan di PT. Citradimensi Arthali Muara Baru Jakarta Utara yaitu sebuah perusahaan swasta yang memproduksi produk olahan ikan (frozen food). PT. Citradimensi Arthali memiliki kendala dalam pemasarannya yaitu produk olahan ikan merek Cedea merupakan produk frozen food, belum memiliki toko digital yang resmi, kurang memperkuat branding, produksi relatif minim dan belum melakukan promosi yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (i) menganalisis Faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan ikan “Merek Cedea” di PT. Citradimensi Arthali (ii) menganalisis strategi pemasaran produk olahan ikan “Merek Cedea” yang sudah diterapkan oleh PT. Citradimensi Arthali saat ini (iii) menformulasikan strategi alternatif yang tepat dalam pemasaran produk olahan ikan “Merek Cedea” di PT. Citradimensi Arthali secara maksimal. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang memosisikan responden sebagai expert adjustment. Hasil perhitungan IFE dan EFE, faktor internal yang paling berpengaruh yaitu (i) struktur organisasi perusahaan sudah terbentuk (ii) rasa olahan ikan yang lebih enak (iii) produk mengikuti trend (iv) pengolahan sudah menggunakan teknologi canggih. Sementara itu faktor eksternal yang berpengaruh yaitu pangsa pasar yang luas. Hasil analisis QSPM disimpulkan bahwa prioritas strategi alternatif yang dapat diterapkan PT. Citradimensi Arthali yaitu mengembangkan pasar dengan cara memperluas pasar dan memberikan informasi serta memperkenalkan produk ke wilayah baru.

Kata kunci: Kata kunci: alternatif strategi, produk olahan ikan, prioritas strategi.

ABSTRACT This research to study marketing strategy of fish processed products “Cedea Brand” at PT. Citradimensi Arthali Muara Baru Jakarta Utara. The company privantaly owned that produces processed fish products (frozen food). PT. Citradimensi Arthali has several obstacles on their marketing system that is processed fish of Cedea brand is frozen food, no have official digital store, branding less, production was relatively limited, not yet doing promotion maximal. The purpose of this research including (i) To analyze internal and external environmental factors that impact the marketing of PT. Citradimensi Arthali (ii) To analyze marketing strategy that have been implemented by the company (iii) Developing alternative strategy for marketing processed fish products at PT. Citradimensi Arthali. The sampling method in this study uses a “purposive sampling” where the respondent an “expert adjustment”. The results of valculations using the IFE and EFE matrix, internal factor affecting that is (i) corporate organization has been formed (ii) a tastier flavor of processed fish (iii) product trendy (iv) processing already using advanced technology. Meanwhile external factor affecting that is wide of market share. The results of calculations QSPM analysis concluded priorities of alternative strategy that can be applied by PT. Citradimensi Arthali is developing markets by expanding markets and providing information and introducing products to new area.

Keywords: alternative strategy, processed fish product, strategy priorities


Keywords


alternative strategy, processed fish product, strategy priorities

Full Text:

PDF

References


Asih KAW. 2019. Rencana Pengembangan Skala Usaha Jambu Biji Kristal (Psidium guava L.) di Taman Buah Mekarsari. [skripsi]. Jakarta (ID): Universitas Trilogi.

Dahuri R. 2004. Industri Bioteknologi Perairan dan Kemakmuran Bangsa. Jakarta (ID): Harian Kompas.

David FR. 2009. Strategic Management-Manajemen Strategis Konsep. Edisi ke dua belas. Jakarta: Salemba Empat.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). 2019. Konsumsi Ikan Nasional. [internet] Tersedia Pada: https://www.beritasatu.com/ekonomi/590319-kkp-komitmen-tingkatkan-konsumsi-ikan-nasional.

Kontan Nasional. 2020. Inflasi Bulan Juni 2020. [internet] Tersedia Pada: https://nasional.kontan.co.id/news/bps-catat-inflasi-bulan-juni-2020-sebesar-018-ini-komponen-penyusunnya.

Tredemap. 2017. Ekspor dan Impor Surimi di Indonesia Tahun 2011-2015. [Internet]. [diunduh 2020 Agustus 10]. Tersedia pada: http://www.tredemap.org/index.aspx

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan. [Internet]. [diunduh 2020 Mei 12]. Tersedia pada: www.dpr.go.id

Widyantoro U. 2018. Nilai Sub-Sektor Perikanan Budidaya Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi. [Internet]. [diunduh 2020 Juli 25]. Tersedia pada: www.kkp.go.id




DOI: https://doi.org/10.31326/jbio.v4i1.745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Bioindustri

Universitas Trilogi

Jl. TMP Kalibata No.1

Jakarta 12760

Copyright Notice: