INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM POSDAYA
Abstract
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM POSDAYA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: menganalisis pola pendampingan Posdaya; menganalisis kepuasan Posdaya terhadap pola pendampingan; dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap unsur-unsur pen- dampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan Posdaya telah cukup mampu meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola dan memajukan Posdaya. Berdasarkan analisis tingkat kesesuaian, pengurus menilai bahwa unsur-unsur atau atribut-atribut pendampingan memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi. Pada pengurus, program-program yang dilaksanakan (pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan) memiliki tingkat kesesuaian yang cukup sampai tinggi, sementara pada anggota tingkat kesesuaian berada pada kategori sedang sampai tinggi. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan pengurus puas terhadap pola pendampingan yang dilakukan, sementara anggota berada pada kategori cukup puas.
Kata kunci: posdaya, indeks kepuasan masyarakat, pemberdayaan
Customer Satisfaction Index for Family Empowerment Program
Abstract
The objectives of this study are to analyze the Posdaya (family empowerment) community development pattern; analyze the satisfaction of such pattern; and the customer satisfaction for the community development involvement. The study reveals that Posdaya Community Development able to increase the management performance in managing and developing Posdaya to be better. According to adjustment analysis, the management considers that the elements or attributes of accompaniment has a high level of adjustment. The programs that are implemented (education, health, economic, and environmental) for the management, has a high sufficient level of adjustment, while for the member, the level of adjustment in the category of moderate to high. Customer satisfaction index analysis reveals that the management satisfied with the implementation of community development, while the member in the category of moderate.
Keywords: family empowerment, customer satisfaction, empowerment
Full Text:
PDFReferences
Agustina D. 2011. Persepsi dan motivasi berperan serta dalam pos pemberdayaan keluarga (Posdaya): kasus Peserta Posdaya Mandiri Terpadu di RW 01, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.
Andrida R, Djohar S, Fahmi I. 2011. Analisis Kepuasan Rumah Tangga Penerima Manfaat Raskin Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen dan Agribisnis 8: 1.
Muljono P, Burhanuddin, Bachtiar Y. 2009. Upaya Pemberdayaan Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan melalui Model Posdaya. Laporan Penelitian. Bogor: Kerjasama Dikti dan IPB.
Muljono P, Kusharto CM, Rochimawati N. 2010.
Pengembangan
Pemberdayaan
Pemberdayaan
Kampus. Laporan Penelitian Strategis Aplikasi. Bogor: Kerjasama Dikti dan IPB.
Muljono, Bachtiar Y, Mintarti, Panca DMHK. 2011. 101 Cara Mengenal Posdaya. Bogor: IPB Press.
Rahmawati. 2012. Peran Lembaga Keuangan Mikro Posdaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota [Skripsi]. Bogor: Departemen SKPM Fakultas Ekologi Manusia IPB. Bogor.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyono H, Haryanto R. 2007. Buku Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Posdaya. Jakarta: Balai Pustaka.
Varianita R, Bakhtiar Y, Asikin S. 2010. Posdaya (Pos Pemberdayaan keluarga) Mitra Tani Desa Cikarawang Kec. Dramaga Kab. Bogor. Laporan IPTEK bagi Masyarakat Kerjasama Dikti dan IPB. Bogor.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi
Jurnal Kesejahteraan Sosial licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.