FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN KELUARGA MELALUI POSDAYA DI KOTA BEKASI
Abstract
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN KELUARGA MELALUI POSDAYA DI KOTA BEKASI
Abstrak
Studi ini untuk mengetahui seberapa jauh implementasi kebijakan, kepemimpinan, implementasi sumber daya manusia (SDM) dan partisipasi masyarakat dalam mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh pos pemberdayaan keluarga (posdaya). Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui kuesioner. Survei mencakup 240 responden dari 20 posdaya. Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari implementasi kebijakan, kepemimpinan, implementasi SDM dan partisipasi masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan, baik secara parsial maupun keseluruhan. Partisipasi masyarakat merupakan faktor pendukung utama yang mempengaruhi pelayanan kesehatan diikuti dengan implementasi SDM, implementasi kebijakan dan kepemimpinan sebagai faktor pendukung terakhir. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan secara lebih efektif, perlu peningkatan kapasitas posdaya dan kompetensi serta pengetahuan terutama untuk kader-kader kesehatan dalam program preventif dan promotif bidang kesehatan, antara lain melalui pelatihan dan bimbingan serta dilakukan pengawasan dan evaluasi secara berkala.
Kata kunci: pemberdayaan keluarga, kualitas pelayanan kesehatan, partisipasi masyarakat Factors Affecting the Family Health Degree Improvement
Through Posdaya in Bekasi Municipality Abstract
The survey was conducted to search how far the policy implementation, the leadership, the human resources implementation and community participation influence the quality of health services done by family empowerment program (posdaya). The sample taken from with 240 respondents selected from 20 posdaya. The method used is descriptive statistical analysis and inferential analysis through questionnaires. The survey proved that there is significant influence of the policy implementation, leadership, the human resources implementation, and the community participation against the health service quality either partially or simultaneously. The community participation is a primary supporting factor that influence the quality of health service followed by the implementation of human resources, the policy implementation, and leadership is the last supporting factor. Thus, posdaya, in improving the health service quality to be more effective, should be up graded and raised the competence and knowledge primarily of the health cares in health preventive and promotive program through training, assistance, as well as monitoring, and periodic evaluation.
Keywords: family empowerment, quality health service, community participation
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), 2012. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2010. Statistik Indonesia 2010. Jakarta.
Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik Daerah Kota Bekasi.
Cochran WG. 1997. Sampling Techniques. USA: John Wiley & Sons.
Davis. 1995. Perilaku Dalam Organisasi [terjemahan]. Jakarta: Erlangga.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007.
Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quarterly Press.
INSTAT. 2011. Profil Posdaya Kota Bekasi. Jakarta: Yayasan Damandiri.
_______. 2012. Situasi dan Kondisi Posdaya Dalam Pemberdayaan Keluarga di Kota Bekasi. Jakarta: Yayasan Damandiri.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kouzes JM, Posner BZ. 1987. The Leadership Challenge How to Get Extraordinary Things Done in Organization. San Frasncisco: Jossey-Bass Inc Publishers.
Nugroho R. 2008. Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komutindo.
Osborne D, Gaebler T. 1996. Mewirausahakan Birokrasi (Reinventing Government). Penerjemah: Abdul Rosyid. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Robbins SP and Judge TA. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Suyono H. 2006. Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Khanata.
Sumodiningrat G. 2009. Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wrihatnolo RR, Nugroho R. 2007. Manajemen Pemberdayaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zeithmal VA, Pasuraman A, Berry LL. 1990. Delivery Service Quality. New York: The Free Press.
(Anonim). 2010. Peraturan Presiden RI No. 5 Tahun 2010 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) Tahun 2010-2014.
(Anonim). 2008. Pemerintah Kota Bekasi. Instruksi Walikota Bekasi No. 09 Tahun 2008 Tentang Fasilitasi Pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga. Bekasi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Trilogi
Jurnal Kesejahteraan Sosial licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.