PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS DALAM MENUMBUHKAN CINTA LINGKUNGAN DAS CITARUM PADA GURU-GURU SD SE KABUPATEN BANDUNG BARAT (ProgramPengabdian di Kabupaten Bandung Barat)

Agni Muftianti, Jajang Bayu Kelana, Asep Samsudin

Abstract


Secara umum, tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu proses pengabdian yang  inovatif melalui pendampingan bagi guru-guru SD dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas guru SD di Kabupaten Bandung Barat melalui hasil-hasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan pemahaman guru dalam penyusunan bahan ajar berbasis literasi sains; (2). Meningkatkan minat penyusunan bahan ajar bagi guru. Metode pelaksanaan dalam pencapaian tujuan tersebut sebagai berikut: (a). Perizinan terhadap Dinas setempat terkait pengabdian terhadap guru-guru SD; (b). Memberikan gambaran umum mengenai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (c). Melakukan refleksi dan diskusi mengenai berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilakukan; (d). Melakukan kolaborasi dengan ahli dalam menyusun bahan ajar berbasis literasi sains, (e). Pelaksanaan kegiatan pendampingan ; (f). Evaluasi kegiatan pendampingan, (f) Penarikan kesimpulan pelaksanaan pendampingan, dan (g) Publikasi luaran pengabdian.


Keywords


literasi sains, pendampingan, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gultom, Rindu Wahyuni (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis internet dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa.https://www.google.com/search?client=firefox-b d&q=Gultom%2C+Rindu+Wahyuni+%282016%29 (diakses 13 Februasi 2019).

Kelana, Jb.(2017). The Effect Of The Learning Media And The Ability To Think Creative Of To The Ability To Science Literacy Student Of Elementary School. Jurnal Primaryedu Vol 2, No 2 (2018). Http://Www.E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Primaryedu/Article/View/1008 (Diakses 13 Februari 2019).

Maulana.(2018). Memahami Hakikat, Variabel, dan Instrumen Penelitian Pendidikan dengan Benar. Bandung: Learn2live „n Live2Learn.

OECD, PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD, 2012.

Saldino, E.Sharon., Lowther, L.Deborah dan Russel, D.James.Instructional Technology and Media for Learning. Ohio:Pearson, 2012.

Taufik Hidayat, Hafnati Rahmatan danKhairil (2016).Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla.Jurnal Biotik Vol 4, No 1 (2016). http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/1065 (diakses 13 Februasi 2019).

Tompkins, Gail E. dan Kenneth Hoskisson. 1991. Language Arts: Content and Teaching Strategies. New York :Max Well Macmillan International Publishing Group.

Uno, B.Hamzah dan Lamatenggo Nina.Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumiaksara,2011.

Uno, B Hamzah (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.