PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN Karang Asih 01 Cikarang Utara Bekasi melalui Strategi Discovery Learning. Variabelnya adalah peningkatan hasil belajar, strategi Discovery Learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan yang berlangsung selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Karang Asih 01 yang berjumlah 40 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan pada siklus I dan II hasil belajar rata-rata dari 75 menjadi 87 dengan ketuntasan klasikal 95%. Dengan demikian strategi Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Strategi Discovery Learning, dan Penelitian tindakan
Full Text:
PDFReferences
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Depdiknas, (2007) Pedoman Penyusunan KTSP di Sekolah Dasar, Jakarta.
Masitoh, Siti, (2015) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Inquiry Discovery Learning Di Kelas IV SDN Waluya 01 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Tesis.
Widianingsih, Tri, (2015) Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV Melalui Metode Discovery Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Di SDN Jatinegara Kaum 15 Pagi Jakarta Timur.
Sudaryono, (2014) Classroom Action Research, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Salkind, Neil J, (2008) Encyclopedia of Educational Psychology, California: SAGE Publications, Inc.
Sanjaya, Wina, (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Roestiyah, (2012) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.103
Refbacks
- There are currently no refbacks.