PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 147 Palembang, Sumatera Selatan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan satu siklus yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 35 Siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi sebelum siklus dan setelah siklus I, catatan lapangan, dan catatan dokumentasi. Dalam penelitian ini persentase analisis data yang didasarkan pada kesepakatan peneliti dan kolaborator adalah nilai masing-masing anak-anak yang mencapai 80%. Hasil data pada siklus I adalah 54,28%. Pada siklus II 73,52%, dan Siklus III 88,57% Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode role playing hasil belajar IPS siswa dapat meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Role Playing, Pembelajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
Adisusili Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter.Jakarta Rajawali Press
Depdikas. 2006. Undang-Undang Guru dan Dosen serta Standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta.Penerbit CV Tamita Utama.
___________, 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran PKn .Jakarta Depdiknas.
Hall,B.11973, Value Clarification as Learning Process.New York. Paulist Press.
Howe. L.M. and Howe,M.M. 1975. Personalizing Education Values Clarification and Beyon New York City, California Corwin Press, Inc.
Kaswardi (Edit) 2000. Pendidikan Nilai Memasuki tahun 2000. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik ( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta. Rajawali Press.
Notonagoro.1972. Beberapa hal .B.1978. Values and teaching : Working with values in the classroom. Second Edition. Colombus: Charles E. Merrill Publishing Company.
Sanjaya,wina.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Trianto, 2013 Mendesain Model Pembelajar Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.106
Refbacks
- There are currently no refbacks.