PENERAPAN METODE STORY TELLING PADA PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

G.S.E. HANDRAYANI

Abstract


This research is motivated by the low level of students' speaking skills. This study aims to improve the speaking skills of third-grade students at SDN Klender 03 Pagi through the application of audio-visual media. The subjects of this study were the third-grade students of SDN Klender 03 Pagi as many as 28 students. Data collection techniques used are tests, observations, interviews, field notes, and documentation. This research was carried out in 2 cycles with 2 actions in each cycle. The results showed that audio-visual media can improve students' speaking skills. This is indicated by an increase in the average value from before giving the action until the second cycle. The average valueobtained in the first cycle reached 56.70, and in the second cycle, the average value obtained increased to 88.50. In general, it can be concluded that the application of the storytelling method can improve the speaking skills of students in class III SDN Klender 03 Pagi.

Keywords


storytelling, speaking skills, language learning

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas

IX SMP Melalui Media Pembelajaran Rangsang Gambar. BaJET (Baturaja

Journal of Education Technology). http://journal.unbara.ac.id/index.php/

BaJET/article/view/40

Agustina, F. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode

Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6 No. 1 Februari 2022: 01-10. ISSN. 2615-1960

Story Telling. Jurnal Penelitian Medan Agama. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6408

Aspiana, A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2021). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Gugus III

Jonggat Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar.

https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/36

Cahyanti, T. W. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa

Menggunakan Video Refleksi Diri dalam Kompetisi Pidato. Dharma

Pendidikan. http://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/135

Darmawan, T. C. (2020). Kombinasi Metode Story Telling Dan Terapi

Musik Dalam Upaya Menurunkan Stress Pada Anak Dengan Hiv/Aids

Di Wilayah Surabaya. Journals of Ners Community. http://journal.unigres.ac.id/index.php/JNC/article/view/1108

Delima, D., Suhaimi, S., & Irfan, A. (2022). Pengaruh Metode Story

Telling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Todler. Jurnal

Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basi

cedu/article/view/1672

Farhani, A. M. (2019). Gaya Bahasa Eufemisme Dan Kiasan Dengan

Metode Story Telling Dalam Penulisan Naskah Feature Televisi

“Jendela Nusantara” …. Jurnal Ilmiah Produksi Siaran.

http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jips/article/view/22

Gustyawan, T. (2020). Bermain peran (role play) dalam pemelajaran

keterampilan berbicara bagi pemelajar bipa tingkat pemula.

Deskovi: Art and Design Journal. https://ejournal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/view/515

Hamidah, S. N. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Active Learning Berbantu Metode Story Telling Bagi Peningkatan

Keterampilan …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

https://mail.prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/56

Hutapea, B. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal

Sains Dan Linguistik. https://jurnal.unefa.ac.id/index.php/jsaling/article/view/55

Isya, M. A. (2020). Integrasi Pembelajaran Multi Metode melalui Metode Story Telling: Metode Pengajaran Nabi Muhammad SAW yang Efektif

Sepanjang Zaman. In Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.

Jayanti, F. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui

Model Cooperative Learnin Tipe Stad Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah.

In Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah. ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id.

http://www.ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/download/31/24

Karmilah, K. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa

Inggris Mahasiswa Program Studi Administrasi Rumah Sakit angkatan

Dengan Menggunakan Teknik Wawancara. Jurnal Teras Kesehatan.

https://jurnal.politeknikalislam.ac.id/index.php/jutek/article/view/8

Kuntilangensari, A. R., & Asmar, M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai, Agama Dan Moral Menggunakan Kombinasi

Model Role Playing Dengan Metode Story Telling Dan Model Talking

Stick …. E-CHIEF Journal. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/e-chief/article/view/3213

Kusherminto, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui

Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Klas X MIPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Kota Madiun. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP).

https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/287

Lisnawaty, S. D. (2020). Keunggulan Metode Story Telling Dalam Membentuk Kualitas Karakter Dan Moral Mahasiswa. Moderasi: Jurnal

Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. http://moderasi.org/index.php/modera

si/article/view/

Mana, L. H. A., & Sartika, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan Terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa Prodi Bahasa

Indonesia STKIP PGRI SUMBAR. Journal Asian Community Education.

http://jurnal.stkipmeranti.ac.id/index. php/jace/article/view/2

Milana, H. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui

Metode Story Telling, Model Talking Stick Dan Model Picture And Picture

Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD

(JIKAD). http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/3220

Muayyanah, M., & Anwar, K. (2019). Interferensi Fonetik Dalam

Keterampilan Berbicara; Studi Analisis Deskriptif Di Lingkungan Mahasiswa. In semnasbama. prosiding.arab-um.com. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/download/412/387

Muflichah, A., & Karnawati, R. A. (2020). Efektivitas Teknik Permainan

Scrabble Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa

Jepang Pada Kelas X DI SMK. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou.

https://journal.uhamka.ac.id/index.php/taiyou/article/view/6089

MUKTI, T. (2019). Metode Story Telling Bermedia Audio Terhadap Efikasi

Diri Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikankhusus/article/view/29974

Nabila, S. U. (2020). Hubungan Literasi Alam Melalui Metode Story-Telling Dengan Kepedulian Lingkungan Anak Usia Dini Di PKBM SALAM,

YOGYAKARTA. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11504

Nurfadhila, U. (2019). Penggunaan Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.https://journal.umy.ac.id/index.php/maharat/article/view/7693

Pasaribu, U. K. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Pembelajaran Critical Incident Padasiswa. Jurnal LPPM. http://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/article/view/372

Permana, A., Hilaliyah, H., & Jubei, S. (2019). Penerapan Metode

Edutainment dan Story Telling pada Guru-Guru Taman Pendidikan Quran

(TPQ) Natiqul Quran. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat. https://scholar.archive.org/work/5tzaetbnurbr7cpauztutkgg24/access/wayback/https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/download/3724/2749

Purlilaiceu, P. (2019). Penerapan Model Multisensori untuk Meningkatkan

Keterampilan Berbicara Mahasiswa dalam Menyampaikan Pidato Persuasif. Jurnal Artikula. http://ja.ejournal.id/index.php/artikula/article/view/24

Qurbani, D., & Oktrima, B. (2019). Mendidik Dan Mengajarkan Anak

Untuk Mengenal Allah Pada Usia Dini Dengan Metode Story Telling Di

Tk Al-Hidayah Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/2423

Rahmah, H., & Ruwaida, H. (2020). Peningkatan Kreativitas Dan

Kemampuan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar dengan Metode Story

Telling Di Kecamatan Lampihong. TARBAWI. http://journal.stitdarulhijrahmtp.ac.id/index.php/Jurnal/article/view/2

ROHAINI, B. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Matapelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Time

Token Di Kelas X …. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa

Dan …. https://jurnalp4i.com/index.php/language/article/view/759

Rohmah, K. R. (2019). Penggunaan Metode Kooperatif Dan Media

Komputer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Tunagrahita Kelas XI. In ElWasathiya: Jurnal Studi Agama. ejournal.kopertais4.or.id. http://ejournal.kopertais4.or.id/matara

man/index.php/washatiya/article/download/3830/2870

Salim, M. R. (2019). Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sd Gmih LOC Kabupaten Pulau Morotai. E-Jurnal Mitra Pendidikan. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/572

Sandy, N. A. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri

Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. http://103.114.35.30/index.php/Stilistika/article/view/2440

Sanjaya, G. J., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Teks Biografi pada Kelas Inklusi Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMAN 8 Surakarta).

BASASTRA. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/12645

Widiyarto, S., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L., & ... (2020). Penguatan

Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti melalui Metode Story Telling Bagi

Guru Pondok Darunnadwah Cikarang-Bekasi. Jurnal Pengabdian

KepadaMasyarakat.https://ejurnal.umri.ac.idindex.php/PengabdianUMRI/article/view/2137




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v6i1.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.