PENGARUH TEKNIK PERMAINAN PASS THE COMPLIMENT DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SELF-ESTEEM SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik permainan dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan self-esteem pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manggarai 17 Pagi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VI pada semester I tahun pelajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan pemilihan sampel purposif. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi-Eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, diskusi kelompok, lembar ujian atau tes yang dilakukan setelah kegiatan diberikan. Lembar Penelitian untuk mengetahui tingkat self-esteem dengan teknik permainan siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik permainan 'pass the compliment' terhadap self-esteem siswa kelas VI SDN Manggarai 17 Pagi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh data bahwa: nilai asymp. Sig = 0,028 < nilai Signifikan a = 0,05 . Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan Hi diterima. Sehingga dapat dimaknai, terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan self-esteem responden setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik permainan "pass the compliment. Hasil peneltian kedua yaitu terdapat peningkatan self-esteem pada diri responden setelah mendapatkan perlakuan (treatment) bimbingan kelompok dengan teknik permainan pass the compliment. Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan penggunaan teknik permainan pass the compliment dapat diterapkan untuk meningkatkan self-esteem sistwa pada belajar kelompok siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : Self-esteem, bimbingan kelompok, teknik permainan, pass the compliment, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Albo,JM.,Nunezjl., Navarro, JG., Grijalvo.F. The Rosenberg Self-Esteem Scale: Translation and Validation in University Student. The Spanish Journal of Psychology 10, 2007, 458-467
AP, Sofwan, Daharnis, & Syahniar, Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal llmiah Konseling Volume 2 Nomor 2, Juni 2013.
Azwar, Syarifudin, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Barber, Vicky, Creating Children's Art Games for Emotional Support, London and Philadelphia : Jessica Kingsley Publisher,2011.
Branden, Nathaniel, The Six Pillars of Self-Esteem, New York: Bantam Books, 1994.
Brown, Jonathan D., The Self, New York: McGraw Hill,1998.
Cattanach, Anna, introduction Play Therapy, New York: Brunner-Routledge, 2003.
C. J. Mruk, PhD, Self-Esteem Research, Theory, and Practice Toward a Positive Psychology of Self-Esteem, NewYork: Springer Publishing Company, 2006).
Coopersmith, Stanley, The antecendents of self esteem, San Fransisco: W.H. Freeman and company, 1967.
Departemen Pendidikan Nasional, 1997
Desmita, Psikologi perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2008.
Djiwandono, Konseling dan Terapi dengan Anak dan Orang Tua, Jakarta: Grasindo, 2005.
Drewes, Athena. A dan Charles E. Schaefer, School-Based Play Therapy (Second Edition), USA: John Wiley & Sons, Inc, 2010.
Gerald, Kathryn dan David Gerald, Konseling Anak-Anak, Edisi Ketiga, Jakarta: PT.Indeks, 2012.
Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell, Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Guindon, Mary H., Self-esteem across the lifespan : issues and interventions, New York : Taylor & Francis Group, 2009.
Hepner. P. Paul, Research Design and Counseling, USA: thomson, 2008
Ketut Sukardi, Dewa dan Nila Kusumawati, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta,2008.
McMahon, Linnet, The Handbook of Ply Therapy, USA : Brunner-Routledge, 1992.
Melati, Rona, Skripsi: 'Pengaruh Teknik Permainan dan Bercerita dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap peningkatan Keterampilan Sosial pada Siswa Kelas III di SDN Kalisari Petang', Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2012
Muro, James J, dan Terry Kottman, Guidance and Counseling in the Elementary and Middle School, USA: WCB Brown& Benchmark Publisher, 1995.
Prayitno dan Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta:Rineka Cipta, 2009.
Prayitno, Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profesi), Jakarta: Balai Aksara,1995.
R. Hake, Richard. Interactive Engagement Methods In Intrductory Mechanics Courses, 1998, diunduh dari http://www.physics.indiana.edu/~sdi/IEM- 2b.pdf
Rusmana, Konseling Kelompok Bagi Anak Berpengalaman Traumatis. Bandung: Rizqi Press, 2009
Rusmana, Permainan (Play & Games) permainan untuk para Pendidik, Pembimbing, Pelatih, dan Widyaiswara, Bandung: Rizqi Press, 2009.
Santrock, John W„ Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2002.
Santrock, J.W., Perkembangan Masa Hidup jilid 2 terjemahan Achmad Chusairi,dkk., Jakarta: Erlangga,2002.
Schaefer, Charles E., Play Therapy with Adults, Canada : John Wiley & Sons, Inc, 2003
Silalahi, Dr. Ulber, Metode Penelitian Sosial, Bandung : Refika Aditama, 2009.
Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2013.
Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2007
Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2008
Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2013
Sugiono, Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2007.
Suhardita, Kadek, Jurnal Skripsi: 'Efektifitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada SMA Laboratorium (Percontohan) UP! Bandung Kelas XF Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.
Tedjasaputra, Mayke S., Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: Grasindo, 2001.
Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya, 2011.
KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.292
Refbacks
- There are currently no refbacks.