NILAI KARAKTER NASIONALISME PADA SISWA SEKOLAH INDONESIA BANGKOK (SIB) THAILAND

Tyas Deviana

Abstract


Abstrak: Program PPK ingin memperkuat pembentukan karakter siswa yang selama ini sudah dilakukan banyak sekolah. Gerakan Pendidikan Penanaman Karakter (PPK) menempatkan nilai karakter sebagai dimensi terdalam pendidikan yang membudayakan dan memberadabkan pelaku pendidikan (Kemendikbud, 2017: 8). Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) merupakan salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang ada di Thailand. Sebagai salah satu SILN, maka perlu menanamkan karakter nasionalis pada diri siswa, agar siswa selalu paham jati diri sebagai bangsa Indonesia. Karakter nasionalis pada siswa terlihat tidak hanya pada pembelajaran akademik dan no akademik namun juga di luar kegiatan sekolah. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah dipaparkan diperoleh kesimpulan  bahwa secara keseluruhan  karakter di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)  Thailand  sudah memenuhi karakter  nasionalisme. Karakter nasionalisme di SIB Thailand tidak hanya terbentuk pada pembelajaran di kelas, namun juga di luar jam pembelajaran. Karakter nasionalis di SIB Thailand didukung dengan adanya pembiasan dan keteladanan dari guru dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah.

 

Kata Kunci: Karakter, Nasionalisme, Sekolah Indonesia Bangkok (SIB)

Full Text:

PDF

References


Hadiwinoto, S. Beberapa Aspek Pelestarian Warisan Budaya. Makalah disampaikan pada Seminar Pelestarian dan Pengembangan Masjid Agung Demak, di Demak, 17 Januari 2002.

Julia Fiana, Fani dkk. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. KONSELOR/Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 23 April 2013. ISSN: 1412-9760 (Print) , ISSN: 2541-5948 (Electronic). hlm. 26-33.

Miles, M. B. & Hubberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nurmantyo, G., 2016. Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri sebagai Modal Membangun Menuju Indonesia Emas. Jakarta: Litbang. Tentara Nasional Indonesia.

Ridwa Husen, Wan. 2017. Pengembangan Apresiasi Seni Rupa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Kritik Seni Pedagogik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran 2, 1 (Oktober 2017): 54-61

Suharyanto, Agung. 2013. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 1 (2) (2013): 192-203. Universitas Medan Area. ISSN 2549-1660 (Print), ISSN 2550-1305 (Online)

Suradi. 2017. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2 Nomor 4, November 2017

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.