Perancangan Animasi Berdasarkan Cerita Rakyat Candikala

Ilham Tri Rahmam, Muhammad Iqbal, Oki Kurniawan

Abstract


Candikala merupakan sebuah cerita rakyat yang diangkat berdasarkan sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat berupa kejadian buruk yang terjadi pada peralihan waktu dari sore ke malam hari. Masyarakat percaya bahwa ketika waktu magrib, gerbang dunia jin mulai terbuka dan akan menyebarkan sesuatu yang buruk di dunia manusia salah satunya adalah mitos anak yang diculik oleh jin ketika bermain di waktu magrib. Mitos dibuat karena dinilai memiliki tujuan yang baik dari orang tua kepada anaknya, sebagai pengingat waktu untuk beribadah dan bersyukur bersama keluarga di waktu menjelang magrib. Animasi merupakan salah satu media pemberian informasi yang menarik dan dapat diterima semua kalangan, salah satunya adalah anak-anak hingga remaja. Perancangan tugas akhir ini dilaksanakan sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Desain (S.Ds) dan memberikan informasi bagi generasi z dalam memperkenalkan sebuah pesan baik yang terkandung pada sebuah mitos “pantangan keluar rumah menjelang magrib”. Sehingga kedepannya generasi z memiliki memiliki rasa hormat kepada orang tua, dan budaya nya. Animasi dirancang dengan ilustrasi yang berlatar belakang budaya nusantara berelemen batik. lengkap dengan musik, dan voice over. Dengan adanya perancangan ini, diharapkan dapat membuat dampak yang baik bagi generasi z maupun umum

Kata Kunci: Animasi, Generasi Z, Mitos Jawa


Full Text:

PDF

References


ADenata, A. (2008). Candikala (the true story): misteri pulung gantung, antara mistik dan kemiskinan (A. H. Himawan (Ed.)). JP Books. https://books.google.co.id/books?id=x34LAQAAMAAJ

Andalas, Eggy Fajar & Sulistyorini, Dwi. 2017. Sastra Lisan: Kajian Teori danPenerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani

https://id.scribd.com/doc/9919706/Pandangan-Masyarakat-Jawa-Tentang-Mitos. 2 Prinsip Animasi. (n.d.).

Andrisa. 2007. Student Guide Series : Macromedia Flash 8. Jakarta : Elex Media Computindo

Anggara, I. G. A. S., Santosa, H., & Udayana, A. A. G. B. (2020). Proses Pembuatan Film Animasi 2D “Pedanda Baka.” Jurnal Segara Widya ISI Denpasar, 8(1), 10–19.

Arka, G. (2009). Perancangan dan Pembuatan Klip Video Animasi Band Carmen. Tugas Akhir, 2009(75), 31–47

MPOC. (2020). Pantangan Keluar Rumah Menjelang Maghrib Sebagai Sarana Pendidikan Anak Non Formal. 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysianpalm-oil-industry/

Dean A. Daemon. 1996. Multimedia di Internet. Jakarta : Elekmedia Komputindo

Effendi, Wahyu. 2007. Seri Panduan Lengkap Adobe After Effects 7.0. Yogyakarta: AndiOffset

Leod Jr., Raymond Mc. 1996. Sistem Informasi Manajemen, Jilid I. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer

McCormick P. 1996. Patty McCromick’s Pieces of an American Quilts, Patterns, Photos and Behing the Scenes Stories from the Movie. C&T Publishing

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Purnasiwi, R. G., & Kurniawan, M. P. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 14(3)

Robin, Linda. 2001, Menguasai Pembuatan animasi dengan Macromedia Flash. Jakarta : Elek Media Komputindo

Saraswati, R. (2018). Senjakala - Risa Saraswati (M. M. Lubis (Ed.)). Bukune. https://drive.google.com/file/d/1sjzvpy4E-E8BVlM0_L_4IwO7iBqWYbR/view

Sari, K. A. P. (2017). Kepercayaan Dalam Novel Krimuning Dewi Ontang-Anting Karya Widyo Babahe Leksono (Kajian Antropologi Sastra). 1, 1–23.

Sofyan, A.F dan Purwanto,A. 2008. DIGITAL MULTIMEDIA: Animasi, Sound Editing, & Video Editing. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Turban. 2002. Aplikasi Multimedia Interaktif. Yogyakarta : Paradigma




DOI: https://doi.org/10.31326/jsing.v2i2.1373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AFFILIATIONS

INDEXING

  

JOURNAL IDENTITY

Journal Name: SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif
e-ISSN: 2776-0634
Publisher: Fakultas Industri Kreatif dan Telematika
Publication Schedule: June and November
Language: Indonesia
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Base
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING/oai
Contact: singularity@trilogi.ac.id
Sponsored by: DOI – Digital Object Identifier Crossref, Universitas Trilogi, Yayasan Damandiri 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.