PERANCANGAN APLIKASI PENINJAU LOKASI “FINDM” UNTUK MEMBANTU PENGAWASAN TERHADAP ANAK

Ainul Yaqin, Tegar Anwar, Silvester Dian Handy Permana

Abstract


Tindakan kriminalitas seperti penculikan kian hari semakin meningkat khususnya di kota-kota besar. Dari banyaknya kasus penculikan yang ada, kejadian lebih sering menimpa anak-anak. Sayangnya, kesibukan para orangtua untuk menghidupi keluarganya menjadi salah satu penyebab longgarnya pengawasan orangtua terhadap anak-anak mereka, terlebih lagi anak-anak sering kali berbohong untuk mendapatkan izin dari orangtuanya pergi ke suatu tempat. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat bantu untuk memantau anak dengan konteks kesibukan orang tua yang luar biasa tinggi. Hasil dari penelitian ini merupakan suatu aplikasi yang dapat melacak keberadaan anak secara realtime. Aplikasi ini dibuat menggunakan android studio dengan memanfaatkan location base dan Google Map sebagai peta dan landmark untuk menandai posisi keberadaan anak. Aplikasi ini diinstal dalam handphone anak dan orang tua sehingga orang tua dapat melacak keberadaan anak secara langsung.


Full Text:

PDF

References


Apriyani, M.E., Giovanny, R., Haris, P.Y,.(2012).Sistem Pelacakan Posisi Kapal Berbasis Mobile Android dan Web Server. Politeknik Negeri Batam, Batam.

databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/12/23/10-provinsi-dengan-jumlah-kejadian-penculikan-tertinggi-2015 : diakses pada tanggal 24 Januari 2017

Singh , Navdeep.(2016). Study of Google Firebase API for Android. Vol.5. Issue 9. Chennai: International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering

Permana, Silvester Dian Handy. "Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan." Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 2.1 (2015): 20-28.

Permana, Silvester Dian Handy, and Rachmat Hakim Sutarto. "Aplikasi Marketing Mobile System Pada PT. Tunas Dwipa Matra Jakarta." Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 4.2 (2015).




DOI: https://doi.org/10.31326/jsing.v1i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AFFILIATIONS

INDEXING

  

JOURNAL IDENTITY

Journal Name: SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif
e-ISSN: 2776-0634
Publisher: Fakultas Industri Kreatif dan Telematika
Publication Schedule: June and November
Language: Indonesia
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Base
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING/oai
Contact: singularity@trilogi.ac.id
Sponsored by: DOI – Digital Object Identifier Crossref, Universitas Trilogi, Yayasan Damandiri 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.