STRATEGI 4 PILAR APPLE DAN FENOMENA SOCIAL CLIMBER DALAM TERBENTUKNYA FETISISME KOMODITAS

Damar Rangga Putra

Abstract


Manusia tidak bisa lepas dari berbagai macam atribut baik secara gaya hidup, finansial, maupun intelektual, hak tersebut tersebut menjadi sebuah kebangaan dan kejayaan yang sudah melekat di setiap individu. Kuatnya Keinginan manusia untuk memiliki obyek material dipicu untuk untuk  mendapatkan status sosial yang lebih tinggi. Hal ini diakibatkan dari bentuk fetisisme komoditas yang sering kali tidak disadari oleh manusia itu sendiri. Identitas ini menjadi sebuah persoalan yang serius,karena tidak adanya kesadaran diri dalam membentuk identitas yang otentik pada setiap individu. Dengan strategi yang terpat, sebuah merek dapat menciptakan efek fetitisme komoditas ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis kajian. Pengumpulan data melalui studi pustaka, serta dilanjutkan dengan analisa strategi pemasaran dari Apple yang berdasarkan pada sudut pandang penulis, kemudian  melihat dampak yang ditimpulkan di Indonesia berdasarkan Portal Berita.

 

 

Kata Kunci :  fetisisme komoditas, Konsumsi Tanda, konsumerisme, perilaku manusia


Full Text:

PDF

References


Setiadi, Elly M dkk. 2006, Ilmu Sosial & Budaya Dasar Edisi ketiga. Jakarta : Kencana

Soedjatmiko, Haryanto, 2008, Saya Berbelanja, Maka Saya Ada , Yogyakarta: Jalasutra

Baudrillard, Jean. 1981. For a Critique of the Political Economy of the Sign, St. Louis: Telos Press.

Baudrillard. 2011. Masyarakat konsumsi.Yogyakarta: Kreasi wacana.

Herbert Marcuse. 1964. One Dimensional Man. Boston: Beacon.

Featherstone, 2007, Consumer Culture and Postmodernism, 2nd Edition, London: SAGE Publications Ltd

Soerjono, Soekanto. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koentjaraningrat. 2000. Kebudayaan, mentalitas dan pembangunan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Darmansyah, dkk. 2014, pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk di Indonesia (Peneliti Online). Jurnal JAM Vol 12 (2), 230-238

Ripstein, Arthur.1987, December.

Commodity Fetishism.Canadian Journal of Philosophy Vol. 17 (4), 733-748

Lewin, Haskell dan Jacob Morris. (1977). Marx’s Concept of Fetishism. Science and Society,Vol. 41(2), 172-190

Departemen SKPM IPB, “ pengertian-stratifikasi-sosial-dan-ukurannya”, tanggal akses : 2014

Dr. Nestor Rodriguez, “Unit 3 Lecture 5 : Social Stratification”, www.uh.edu, tanggal akses : 2014

Samanta Nielson, “ Apple premium pricing strategy and product differentiation”, www. finance.yahoo.com, tanggal akses :2014

Nigam Arora, “hard to imagine steve jobs running apple this way”, www.forbes.com tanggal akses : 2014

Tim Siswapedia, “Bentuk-Bentuk Struktur Sosial dalam Masyarakat:, tanggal akses 2014

Tim wow keren, “Iphone 5 resmi dijual di Indonesia, pembeli antre sejak malam”, /www.wowkeren.com, tanggal akses : 2014

Reza Wahyudi, “ Dini hari telkom serahkan Iphone 5 ke 300 ‘raja’ “, www. tekno.kompas.com. Tanggal akses : 2014

Donna, “10 Craziest things that fans did for their idol“, www.oddee.com, tanggal akses :2014

Yudoyono Yanuar, “demi jadi pemilik iphone 11 pertana vinsen rela antri 6 jam”, www.tekno.tempo.co, tanggal akses : 2019

Gustom Muzli, “mengapa orang-orang ini rela untuk mendapatkan iphone”, www.dapurpacu.id, tanggal akses : 2018

Dominic Daniel, “ antri dari pagi cowok abg ini jadi pemilik iphone 7 resmi di Indonesia”, www.bangka.tribunnews.com, tanggal akses : 2017.

Tripp Mickle, “apple unveils low priced iphone in bid to capture emerging markets”, www.wsj.com, tanggal akses : 2020

George Norman, “ 10 Celebrities Apple to Promote Siri”, /www.findmysoft.com/news/10-Celebrities-Apple-Persuaded-to-Promote-Siri/, tanggal akses : 2020




DOI: https://doi.org/10.31326/jsing.v1i2.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AFFILIATIONS

INDEXING

  

JOURNAL IDENTITY

Journal Name: SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif
e-ISSN: 2776-0634
Publisher: Fakultas Industri Kreatif dan Telematika
Publication Schedule: June and November
Language: Indonesia
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Base
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING/oai
Contact: singularity@trilogi.ac.id
Sponsored by: DOI – Digital Object Identifier Crossref, Universitas Trilogi, Yayasan Damandiri 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.