STRATEGI 4 PILAR APPLE DAN FENOMENA SOCIAL CLIMBER DALAM TERBENTUKNYA FETISISME KOMODITAS
Abstract
Manusia tidak bisa lepas dari berbagai macam atribut baik secara gaya hidup, finansial, maupun intelektual, hak tersebut tersebut menjadi sebuah kebangaan dan kejayaan yang sudah melekat di setiap individu. Kuatnya Keinginan manusia untuk memiliki obyek material dipicu untuk untuk mendapatkan status sosial yang lebih tinggi. Hal ini diakibatkan dari bentuk fetisisme komoditas yang sering kali tidak disadari oleh manusia itu sendiri. Identitas ini menjadi sebuah persoalan yang serius,karena tidak adanya kesadaran diri dalam membentuk identitas yang otentik pada setiap individu. Dengan strategi yang terpat, sebuah merek dapat menciptakan efek fetitisme komoditas ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis kajian. Pengumpulan data melalui studi pustaka, serta dilanjutkan dengan analisa strategi pemasaran dari Apple yang berdasarkan pada sudut pandang penulis, kemudian melihat dampak yang ditimpulkan di Indonesia berdasarkan Portal Berita.
Kata Kunci : fetisisme komoditas, Konsumsi Tanda, konsumerisme, perilaku manusia
Full Text:
PDFReferences
Setiadi, Elly M dkk. 2006, Ilmu Sosial & Budaya Dasar Edisi ketiga. Jakarta : Kencana
Soedjatmiko, Haryanto, 2008, Saya Berbelanja, Maka Saya Ada , Yogyakarta: Jalasutra
Baudrillard, Jean. 1981. For a Critique of the Political Economy of the Sign, St. Louis: Telos Press.
Baudrillard. 2011. Masyarakat konsumsi.Yogyakarta: Kreasi wacana.
Herbert Marcuse. 1964. One Dimensional Man. Boston: Beacon.
Featherstone, 2007, Consumer Culture and Postmodernism, 2nd Edition, London: SAGE Publications Ltd
Soerjono, Soekanto. 2001. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Koentjaraningrat. 2000. Kebudayaan, mentalitas dan pembangunan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Darmansyah, dkk. 2014, pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk di Indonesia (Peneliti Online). Jurnal JAM Vol 12 (2), 230-238
Ripstein, Arthur.1987, December.
Commodity Fetishism.Canadian Journal of Philosophy Vol. 17 (4), 733-748
Lewin, Haskell dan Jacob Morris. (1977). Marx’s Concept of Fetishism. Science and Society,Vol. 41(2), 172-190
Departemen SKPM IPB, “ pengertian-stratifikasi-sosial-dan-ukurannya”, tanggal akses : 2014
Dr. Nestor Rodriguez, “Unit 3 Lecture 5 : Social Stratification”, www.uh.edu, tanggal akses : 2014
Samanta Nielson, “ Apple premium pricing strategy and product differentiation”, www. finance.yahoo.com, tanggal akses :2014
Nigam Arora, “hard to imagine steve jobs running apple this way”, www.forbes.com tanggal akses : 2014
Tim Siswapedia, “Bentuk-Bentuk Struktur Sosial dalam Masyarakat:, tanggal akses 2014
Tim wow keren, “Iphone 5 resmi dijual di Indonesia, pembeli antre sejak malam”, /www.wowkeren.com, tanggal akses : 2014
Reza Wahyudi, “ Dini hari telkom serahkan Iphone 5 ke 300 ‘raja’ “, www. tekno.kompas.com. Tanggal akses : 2014
Donna, “10 Craziest things that fans did for their idol“, www.oddee.com, tanggal akses :2014
Yudoyono Yanuar, “demi jadi pemilik iphone 11 pertana vinsen rela antri 6 jam”, www.tekno.tempo.co, tanggal akses : 2019
Gustom Muzli, “mengapa orang-orang ini rela untuk mendapatkan iphone”, www.dapurpacu.id, tanggal akses : 2018
Dominic Daniel, “ antri dari pagi cowok abg ini jadi pemilik iphone 7 resmi di Indonesia”, www.bangka.tribunnews.com, tanggal akses : 2017.
Tripp Mickle, “apple unveils low priced iphone in bid to capture emerging markets”, www.wsj.com, tanggal akses : 2020
George Norman, “ 10 Celebrities Apple to Promote Siri”, /www.findmysoft.com/news/10-Celebrities-Apple-Persuaded-to-Promote-Siri/, tanggal akses : 2020
DOI: https://doi.org/10.31326/jsing.v1i2.938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AFFILIATIONS
INDEXING
JOURNAL IDENTITY
Journal Name: SINGULARITY: Jurnal Desain dan Industri Kreatif
e-ISSN: 2776-0634
Publisher: Fakultas Industri Kreatif dan Telematika
Publication Schedule: June and November
Language: Indonesia
APC: Free of charge (submission, publishing)
Indexing: Google Scholar, Base
OAI address: http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING/oai
Contact: singularity@trilogi.ac.id
Sponsored by: DOI – Digital Object Identifier Crossref, Universitas Trilogi, Yayasan Damandiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.