Pengembangan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Mai Zuniati, Miftakhul Ummah, Nur Laili, Choirudin Choirudin, M. Saidun Anwar

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji. Penelitian ini dilakukan karena melihat pembelajaran yang terjadi pada saat ini guru kurang memperhatikan atau memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat pembantu dalam menjelaskan materi. Pada prinsipnya media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu proses pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penggunaan alat peraga mendorong guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Tujuan penelitiian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran flash card kelas IV MI Ma’arif Trimurjo Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D). Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan instrumen kepada ahli media, ahli materi, dan siswa. hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan validasi oleh ahli materi dan media, dapat diketahui hasil validasi terhadap ahli materi sebesar 72 dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli media sebesar 56 dengan kategori sangat layak. Serta dalam uji coba kepada siswa memperoleh nilai sebesar 42,57 dengn kategori sangat layak.

Keywords


Media Pembelajaran; Flash Card; Indahnya Berperilaku Terpuji

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445

Apri Wahyudi & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Berbasis Montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 33–39.

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Choirudin, Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, & Wahyudi, A. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 52–61. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.6738

Departeman Agama RI. (2016). Al-Qur’an dan Terjemah. CV. Diponegoro.

Dirgantoro, A. (2016). Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Rontal Keilmuan PPKN, 2(1), 7.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan Media Flash card Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.30

Mandang, E. F., & Lumanauw, B. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Manado. 11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Wahyudin, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 61–69. https://doi.org/10.21009/JPS.062.07

Yanti, S. F. (2017). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar Timur. 4(1), 12.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v4i1.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760