PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK IT BENING HATI

Aulia Faradillah Tauladan, Ayu Natalia, Diana Puspita Loka, Muhammad Akbar Julianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan inti proses pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas, (2) mengetahui aktivitas belajar anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik (3) mengetahui sikap anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan baik di TK IT Bening Hati. Hal ini terbukti guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kaidah 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Menalar/Mengasosiasi, dan Mengkomunikasi). Sedangkan pada aktivitas pembelajaran, anak merasa sangat antusias dan bersemangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dapat membuat anak menjadi antusias dan juga mengalami pembelajaran secara nyata. Disarankan guru membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar anak menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. 

Keywords


Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Taman Kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Arrias, J. C., Alvarado, D., & Calderón, M. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. 5–10.

Buloto, Y. P. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran 5M dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP negeri 4 Gorontalo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 126–137.

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. In Kencana (pp. 1–193). https://books.google.co.id/books?id=qQRBDwAAQBAJ&pg=PA108&dq=Sebab+akibat+matematika+anak+usia+dini&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwiensHj7_X5AhWDFrcAHQgJDZQQuwV6BAgDEAc#v=onepage&q=Sebab akibat matematika ana

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Nasional, 8(33), 37.

Magdalena, I., Lestari, D. R., Insyirah, A., & Khoiriah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Islamika, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.573

Nuraini, Y. (2019). Pendekatan Pembelajaran Di Lembaga PAUD. Modul Belajar Mandiri (CALON GURU PPPK), 93–110.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

SUJIONO, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555

Sulhan, A., & Khairi, A. K. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.

Zahrah, H. (2018). Jurnal raudhah. Raudhah, 06(01), 1–26.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i2.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760