CARA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nailul Azizah, Nabila Khairunnisa, Gazanovva Berlian, Lathipah Hasanah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai hambatan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dialami oleh anak usia 5-6 tahun dalam menyelesaikan soal cerita. Metode yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode Library Research pada jurnal-jurnal relevan Shinta 1-3 lima tahun terakhir. Teknik pengumpulan data dengan membaca beberapa rujukan untuk mendukung data sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian, dan hanya 7 naskah yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah umumnya anak usia 5-6 sudah dapat membaca, namun bacaannya hanya yang berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai guru dan orang tua harus menstimulasi anak secara konsisten dan memfasilitasi anak dengan buku-buku yang menarik agar anak tertarik untuk membaca.

Full Text:

PDF

References


Abdul Muis. (2022). Supervisi Akreditasi Dalam Rangka Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus Di Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Jawa Barat). Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1).

Anjarwati, S., Darmayanti, R., & Khoirudin, M. (2023). Development of “Material Gaya” Teaching Materials Based on Creative Science Videos (CSV) for Class VIII Junior High School Students. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 163–172. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14347

Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Aprilyani, T., & Qosim Khoiri Anwar. (2021). Manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD. Journal of Nusantara Education, 1(1). https://doi.org/10.57176/jn.v1i1.5

Baist, A., Pradja, B. P., Nopitasari, D., & Pamungkas, A. S. (2019). Optimalisasi Performa Mahasiswa Melalui Penggunaan Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica. Jurnal Matematika Kreatif -Inovatif, 10(2), 165–170.

Brookman-Byrne, A., Mareschal, D., Tolmie, A. K., & Dumontheil, I. (2018). Inhibitory control and counterintuitive science and maths reasoning in adolescence. PLoS ONE, 13(6). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0198973

Cahyono, A. N., Sukestiyarno, Y. L., Asikin, M., Miftahudin, Ahsan, M. G. K., & Ludwig, M. (2020). Learning mathematical modelling with augmented reality mobile math trails program: How can it work? Journal on Mathematics Education, 11(2), 181–192. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10729.181-192

Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022

Colomé, À. (2019). Representation of numerical magnitude in math-anxious individuals. Quarterly Journal of Experimental Psychology, 72(3). https://doi.org/10.1177/1747021817752094

Darmayanti, R., Baiduri, B., & Inganah, S. (2022). Moodle-Based Learning Media Development Of Flex Model In Improving Mathematical Hard Skills Of High School Students. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4).

Darmayanti, R., Baiduri, B., & Sugianto, R. (2022). Learning Application Derivative Algebraic Functions: Ethnomathematical Studies and Digital Creator Books. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2212–2227.

Darmayanti, R., Rahmah, K., Utomo, D. P., Fauza, M. R., Laila, A. R. N., & Choirudin. (2022). Challenges of Indigenous Students of The Assyifa Foundation in Overcoming Difficulties in Learning Algebra: A Problematic Perspective of Ethnomathematical. Al-Islah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 61–70. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.973

Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.34

Fahma, A., & Purwaningrum, J. P. (2021). TEORI PIAGET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Marizka. 31–42.

Fauza, M. R., Inganah, S., Darmayanti, R., Prasetyo, B. A. M., & Lony, A. (2022). Problem Solving Ability: Strategy Analysis of Working Backwards Based on Polya Steps for Middle School Students YALC Pasuruan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 353–363. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13338

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Hasanah, N., Syaifuddin, M., & Darmayanti, R. (2022). Analysis of the Need for Mathematics Teaching Materials “Digital Comic Based on Islamic Values” for Class X SMA Students in Era 5.0. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Henry, E. N., & Munn, B. (2020). Girls in science, technology, engineering, and math: Fromcamps to careers. Journal of Extension, 58(2).

Humaidi, N., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2022). Challenges of Muhammadiyah’s Contribution in Handling Covid-19 in The MCCC Program in Indonesia. Khazanah Sosial, 4(1), 176–186. https://doi.org/10.15575/ks.v4i1.17201

Inganah, S., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2023). Problems, Solutions, and Expectations: 6C Integration of 21 st Century Education into Learning Mathematics. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 220–238. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14646

Krisnanik, E., & Rahayu, T. (2021). Ui/ux integrated holistic monitoring of paud using the tcsd method. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 10(4). https://doi.org/10.11591/EEI.V10I4.3108

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Lestari, B. D., Samta, S. R., Nisak, H., & Rahayu, S. S. (2022). Kurikulum Pendidikan Inklusi Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Evaluasi Program Pembelajaran. Sentra Cendekia, 3(1). https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i1.2012

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik PAUD Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Mu’min, S. A. (2013). Jean Piaget cognitive development teory. Jurnal Al-Ta’dib Vol 6 No 1 Januari-Juni 2013, 6(1), 89–99.

ND Safitri, R Darmayanti, U Usmiyatun, & D Nurmalitasari. (2023). 21st Century Mathematics Learning Challenges: Bibliometric Analysis of Trends and Best Practices in Shinta Indexed Scientific Publications. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 136–152.

Nixon, L., & Cooper, J. B. (2020). Less but better? Teaching maths in further education and collateral growth. Education Sciences, 10(3). https://doi.org/10.3390/educsci10030061

Nusa, P. R., & Irawan, E. (2020). Dampak Sertifikasi Dan Pendidikan Terakhir Terhadap Kinerja Guru Paud Di Kabupaten Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2134

Purba, A. M., Purba, M., Arlina Pratiwi P, & Eva M Simatupang. (2022). BIMBINGAN DAN PENYULUHAN GURU-GURU PAUD DI PAUD EL SHADDAY, KEC. MEDAN DELI, KOTA MEDAN, PROV. SUMUT. PUAN INDONESIA, 3(2). https://doi.org/10.37296/jpi.v3i2.80

Qomariyah, S., & Darmayanti, R. (2023). Development of High School Students’ Mathematical Reasoning Ability Instruments on Three Dimension Material. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 249–260. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14705

Rizki, N., Laila, A. R. N., Inganah, S., & Darmayanti, R. (2022). Analysis of Mathematic Connection Ability in Mathematics Problem Solving Reviewed from Student’s Self-Confidence. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2(1), 111–126. http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/indexKeahliandanPerformaPakardalamTeknologiPendidikanuntuk

Sah, R. W. A., Laila, A. R. N., Setyawati, A., Darmayanti, R., & Nurmalitasari, D. (2023). Misconception Analysis of Minimum Competency Assessment (AKM) Numeration of High School Students from Field Dependent Cognitive Style. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 58–69. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112

Sasongko, D. A., Rizka, M. A., & Suharyani, S. (2022). Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendidikan Keluarga: Studi Peran Orangtua di PAUD Permata Bangsa Mataram. Jurnal Paedagogy, 9(1). https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4463

Sekaryanti, R., Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Rahma, K., Prasetyo, B., & Maryanto, A. (2022). Analysis of Written Mathematics Communication Skills in Solving Solo Taxonomy Assisted Problems. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 395–403. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13707

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2020). Implementasi Penjaminan Mutu pada Lembaga PAUD di Solo Raya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.408

Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2342

Sugianto, R., Darmayanti, R., Vidyastuti, A. N., Matematika, M. P., Muhammadiyah, U., Jalan, M., & Tlogomas, R. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget’s Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17–26.

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i1.397

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Syaifuddin, M., Darmayanti, R., & Rizki, N. (2022). Development Of A Two-Tier Multiple-Choice (Ttmc) Diagnostic Test For Geometry Materials To Identify Misconceptions Of Middle School Students. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 7(2), 66–76. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Turidho, A., Putri, R. I. I., Susanti, E., & Johan, M. (2021). Developing PISA-Like Math Tasks on Algebra Using Arabic Contexts. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 203–216. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.14847.203-216

Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02). https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Wulandari, Y. P., Anggraini, L. B., Care, P., & Ipb, L. (2020). Strategi Resiliensi Paud Alam Al Firdaus Di Masa Covid 19. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 5(1).

Yahya, F. H., & Zaman, H. H. B. (2008). Development of interactive multimedia courseware using problem based learning for mathematics form 4 (PBL MathS-Set). Proceedings - International Symposium on Information Technology 2008, ITSim, 2. https://doi.org/10.1109/ITSIM.2008.4631737

Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9

Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.577

Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i2.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760