MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI TARI KREASI DI SPS MENTARI

Leli Fertiliana Dea, Binti Urrofah, Ferdian Utama, Adebayo Ola Afolaranmi

Abstract


Perkembangan motorik anak usia dini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adanya aktifitas yang produktif dari grakan yang dihasilkan oleh anak. Motorik dibagi menjadi dua, motorik halus dan motorik kasar. Dalah penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan motorik anak. Gerakan yang dihasilkan oleh anak diperoleh melalui aktifitas berupa tarian. Tari yang diberikan tentusaja berupa tarian yang menarik dan menyenangkan bagi anak, oleh sebab itu tarian yang diberikan berupa tari kreasi. Meskipun demikian, perlu dilakukan penelitian sebagai pembuktiannya. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana tarian kreasi dapat memngambangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi research and development, dengan objek penelitiannya yaitu anak usia 4-5 tahun sebanyak 21 anak di sekolah SPS Mentari Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung Lampung Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui kegiatan tari kreasi yang diberikan terhadap anak, ternyata mampu mengembangkan motorik kasarnya dengan hasil berkembang sesuai harapan.

Keywords


Anak Uisa 4-5 Tahun; Motorik Kasar; Tari Kreasi

Full Text:

PDF

References


Çetin, Z., & Erdem Çevikbaş, P. (2020). Using creative dance for expressing emotions in preschool children. https://doi.org/10.1080/14647893.2020.1789087, 328–337. https://doi.org/10.1080/14647893.2020.1789087

Chatzopoulos, D., Doganis, G., & Kollias, I. (2018). Effects of creative dance on proprioception, rhythm and balance of preschool children. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1423484, 189(12), 1943–1953. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1423484

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Jumiyati, *, Priyantoro, D. E., Metro, I., & Hasanah, U. (2023). Implementation of Coloring Activities Early Childhood in Developing Fine Motor Skills. Journal of Childhood Development, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.25217/JCD.V3I1.3139

Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Maftutah, D., Jannah, S. R., & Utama, F. (2021). Fingerboard Media Development Calculate for the Cognitive Improvement of Teachers at RA Muslimat NU 1 Tulus Rejo. Journal of Childhood Development, 1(1), 31–45. https://doi.org/10.25217/JCD.V1I1.1485

Mardalis. (2004). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyadi, S., Muhammadiyah, U., Selatan, T., Darwis, I. M., Tukiyo, I., Widya, U., … Mas’ud Muhammadiah, I. (2023). Analysis of the Relationship between Fine Motor Skills and Montage Activities in Early Childhood. Journal of Childhood Development, 3(1), 56–63. https://doi.org/10.25217/JCD.V3I1.3328

Rudiyanto, A. (2016). Pengembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press.

Sari Dewi, L., & Nendra Pratama, U. (2023). Metode Pembelajaran Tari Kreasi pada Kelas Anak Usia Dini di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 164–173. Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9038

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. yogyakarta: Hikayat Publishing.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Utama, F., & Tanfidiyah, N. (2019). Pendekatan dalam Studi Islam Emphatic dan Homeschooling Scaffolding Vigotsky untuk Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 43–64. https://doi.org/10.21043/THUFULA.V7I1.4943

Yudha Febrianta. (2017). Model Pembelajaran Motorik yang Menyenangkan di Pendidikan Anak Usia Dini. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V3I3.1886




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i1.1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760