ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN

Arin Auliani Hamel, Erlita Gunawan, Iklimatul Hasanah, Nadia Shafira, Sarah Dian Pertiwi, Qhaysah Fara Rahima, RR. Deni Widjayatri

Abstract


Setiap anak memeliki perkembangan kognitif yang berbeda-beda. Pada penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui permainan yang dapat mengembangkan kognitif anak usia dini usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan pedekatan kualitatif metode Systematic Literature Review (SLR) serta analisis bibliometrik. sumber data berasal dari Google Scholar menggunakan rentang tahun 2018-2023, Harzing’s Publish or Perish (Pop) dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek kognitif anak usia 5-6 tahun bisa berkembang melalui permainan; didapatkan 4 cluster yang terdiri dari 4 warna yaitu merah, biru, hijau dan kuning; permainan papan hitung buah, kartu huruf, congklak dan puzzle, masuk pada kategori sangat baik. implikasi dari penelitian  yaitu bermain sangat krusial pada kehidupan anak, tanpa disadari dengan bermain bisa mengembangkan salah satu aspek perkembangan kognitif anak.

Keywords


Anak Usia 5-6, Cognitive, Games.

Full Text:

PDF

References


Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65, 1-43.

Bidzan-Bluma, I., & Lipowska, M. (2018). Physical activity and cognitive functioning of children: a systematic review. International journal of environmental research and public health, 15(4), 800.

Chaput, J. P., Willumsen, J., Bull, F., Chou, R., Ekelund, U., Firth, J., ... & Katzmarzyk, P. T. (2020). 2020 WHO guidelines on physical activity and sedentary behaviour for children and adolescents aged 5–17 years: summary of the evidence. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17, 1-9.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2020). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. Routledge.

Dewi, E. R. V., Hibana, M. A., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267-282.

Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1), 42-53.

Jeong, J., Franchett, E. E., Ramos de Oliveira, C. V., Rehmani, K., & Yousafzai, A. K. (2021). Parenting interventions to promote early child development in the first three years of life: A global systematic review and meta-analysis. PLoS medicine, 18(5), e1003602.

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113.

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11-20.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 TAHUN. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA),

Mesa-Gresa, P., Gil-Gómez, H., Lozano-Quilis, J. A., & Gil-Gómez, J. A. (2018). Effectiveness of virtual reality for children and adolescents with autism spectrum disorder: an evidence-based systematic review. Sensors, 18(8), 2486.

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.

Patel, D. R., Neelakantan, M., Pandher, K., & Merrick, J. (2020). Cerebral palsy in children: a clinical overview. Translational pediatrics, 9(Suppl 1), S125.

Rahmawati, T., Habibi, M. M., & Suarta, I. N. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 163-170.

Stallard, P. (2019). Think good, feel good: A cognitive behavioural therapy workbook for children and young people. John Wiley & Sons.

Tamur, M., Jedia, L. L., Kurniyati, R., Banggut, M. A., & Mensi, R. P. (2022). Analisis Bibliometrik Penggunaan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dekade Terakhir. Suska Journal of Mathematics Education, 8(2), 75-86.

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis metode pengembangan sistem informasi berbasis website: a literatur review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 119-133.

Widjayatri, R. D., Hasanah, I., Syairahma, D., Nugraha, A., Islamiyah, S. A., & Sadin, I. (2023). A systematic review of play activities to optimize children's social-emotional development. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(1), 50-60.

Wulandari, M., Akbarjono, A., & Saputra, A. (2019). Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak 5-6 tahun di paud harapan ananda kota Bengkulu, Al Fitrah: Jurnal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 354-366.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i1.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760