PENERAPAN BAHASA CINTA ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARATER

Khairunnisa Ulfadhilah, Salsabila Dwi Nurkhafifah

Abstract


Pendidikan karakter bagi anak adalah elemen krusial dalam membentuk kepribadian dan perilaku positif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penerapan bahasa cinta dari orang tua. Riset ini dapat menginvestigasi bagaimana bahasa cinta ayah ibu berkontribusi pada perkembangan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan mencakup studi literatur serta observasi praktik penerapan bahasa cinta adanya kedekatan antara anak pada ayah ibu. Temuan di PAUD An-Nur menunjukkan bahwa bahasa cinta yang diungkapkan melalui perhatian, pujian, dan kasih sayang mampu meningkatkan rasa percaya diri, empati, dan keterampilan sosial anak. Selain itu, penerapan bahasa cinta secara konsisten turut dapat ciptakan suasana rumah dengan menyenangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi bahasa cinta orang tua dalam pendidikan karakter dapat memberikan dampak signifikan terhadap memahami serta menerapkan bahasa cinta dalam interaksi dengan anak.

Keywords


Bahasa Cinta; Pendidikan Karakter; Anak, Interaksi Orang Tua-Anak

References


Adi, I. P., Putra, S., Wiraadi, N., & Ariani, T. (2023). Penerapan Tepung Berwarna Dalam Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. 11(3), 241–250.

Ahnaf Sujana, A., & Wijaya, R. (2022). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 145–159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159

Bawono, Y., Wibowo, W. P., Febriani, W., & Yuni, E. (2024). Efektivitas Pemberian Dongeng dengan Media Boneka terhadap Peningkatan Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah Etnis Madura. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1355–1362. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6135

Habibah, N. D. (2024). Pendidikan Seksual Melalui Tema Pembelajaran “ Diriku ” Untuk Anak Usia Dini ( Penelitian Deskriptif di TK Islam Cerdas Ummat , Bogor ). Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 2023, 41–56.

Hamel, A. A. (2023). Analisis Bibliometrik Dalam Permainan Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 85–96. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.1768

Hamli, H. (2023). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Pagi dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 13 HSU. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1890. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2197

Hamzah, N. F., Mirza, M., & Pradesti, ; Ajeng. (2024). Peran Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. 2(1), 184–194. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i1.762

Hasna Marwah, Enoh, & Huriah Rachmah. (2023). Implementasi Pengasuhan Bahasa Cinta dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1–6. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v3i1.1753

Ilmiah, A. J., & Madrasah, P. (2024). DHUHA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Rahmat Taufiqi Hidayat Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Agus Purwowidodo UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk mencerdaskan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1578–1587. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3653

Khadijah, K., Sani, F., Sari, N., Rohali, A., & Harahap, S. A. (2022). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Perilaku Hormat Bagi Anak. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1340. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1266

Khairunnisa Ulfadhilah, Nurlaela, S., Khairunnisa Ulfadhilah, S., Ulfadhilah, K., Munastiwi, E., Widya Masitah, Fadilatul Fadilatul, A. L., Khairunnisa, Ulfadhilah, K., Ulfah, M., Kusumawati, K., Nurkhafifah, S. D., Nadhifah, A., Kurniawan, E. D., Yogyakarta, U. T., Pratiwi, I. A., Shidqi, D. S., Sakti, S. A., Ulfadhilah, K., Nurhayati, E., Ulfah, M., … Al Umairi, M. (2023). Re-Design Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Emotional Quotient. Islamic EduKids, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.10204

Khalimah, E., & Prasetyo, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di Wilayah Sekitar Candi Borobudur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5722–5733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3280

Massang, B., Manoppo, F. K., & Mamonto, H. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Bahasa Cinta. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 170. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.899

Maya Dwi Puspitasari, Rachmawaty, M. (2024). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini Pada Suku Baduy di Desa Kanekes (Penelitian Kualitatif Naturalistik). Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 1–20.

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600

Nurjanati, A. (2024). Pengembangan Media Sabun Geometri Palm Oil untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1427–1436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6193

Nurkhafifah, S. D., Nadhifah, A., Kurniawan, E. D., & Yogyakarta, U. T. (2023). The Impact of Egocentric Parenting Patterns on Children in. 3(December), 143–154. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.32-06

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586

Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Radea, S., & Santi, Y. (2024). Analisis Pembelajaran Musik dan Gerak untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 69–75.

Rahayu, E. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Bingo Huruf Awal Pada Anak Usia 4-6 Tahun di SPS PAUD Kamboja Menteng Jakarta Pusat. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 21–31.

Ramadhani, L., Erhamwilda, E., & Suhardini, A. D. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Di Kelompok A Islamic Daycare &Preschool. 231–237. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/28152

Rani Santika, F. D. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Ilmu, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611

Semman, M., & Aini, S. N. (2024). : Penerapan Pendidikan Seks Berdasarkan Kaidah Fikih (Studi Kasus SDIT Nurul Fikri Banjarmasin). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 57. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2764

Syafii, A. H., & Marlina, H. (2024). Model Manajemen Sekolah Ramah Anak ( SRA ) dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 893–904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6093

Ulfadhilah, K. (2024). Peran Guru dan Pentingnya Menerapkan Karakter Jujur dan Disiplin di Sekolah. Jurnal Pendidikan Educandum, 3(2), 47–54. https://doi.org/10.55656/jpe.v3i2.291

Ulfadhilah, K., & Ulfah, M. (2022). Peran Orang Tua dalam Pentingnya Mengisi Tangki Cinta Anak Usia Dini di Era New Normal. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 5(1), 10–31.

Wismanto, Marni, S., Azhari, M. W., & Sukmawati, E. (2024). Penguatan Bahasa Cinta dalam Proses Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 1–9. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-ash-syibyan/article/view/1141




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760