EVALUASI PROGRAM KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN DIKOTA TANGERANG

Angger Prima Widhiasih, Fiky Rahmatun Nazilah

Abstract


Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan atau disingkat dengan KOSP merupakan bagian yang penting dalam sebuah satuan Pendidikan. Sejak tahun 2023, kurikulum dengan paradigma baru mulai diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program KOSP sesuai karakteristik kurikulum merdeka. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluative dengan model CIPP (context, input, process and product). Hasil penelitian diperoleh (1) konteks; bahwa satuan Pendidikan di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang telah memiliki dokumen KOSP yang sesuai dengan karakteristik kurikulum Merdeka, (2) Input, telah adanya pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana PAUD untuk menjadi model bagi pendidik yang sedang studi maupun lulusan SMA, (3) proses; proses pembelajaran disatuan Pendidikan dengan menerapkan metode sentra dan kelompok telah bersifat fleksibel, sesuai prinsip PAUD dan sesuai kebutuhan anak, terakhir (4) Produk; standar kompetensi lulusan pada jenjang PAUD kurang dapat terukur disebabkan karena perubahan kurikulum yang cukup sering.

Keywords


Kurikulum; KOSP; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Amelia Rizky Idhartono. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Culture, M. of E. and. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Febia Ghina Tsuraya, Nurul Azzahra, Salsabila Azahra, & Sekar Puan Maharani. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860

Goldman, Z. W., Cranmer, G. A., Sollitto, M., Labelle, S., & Lancaster, A. L. (2017). What do college students want? A prioritization of instructional behaviors and characteristics. Communication Education, 66(3), 280–298. https://doi.org/10.1080/03634523.2016.1265135

Istiqomah, N., Hapidin, & Yetti, E. (2021). Roll Book Media Roll Book for Early Physical Science. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.152.08

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Miles, Matthew B; Huberman, A. M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Nugroho, H. A., & Suparno, S. (2019). Implementing Beyond Centers and Circle Time for Linguistics Intelligence of Children with Hearing Impairment at an Early Age. 296(Icsie 2018), 285–288. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.51

Ode-alumu, S., Samad, F., & Samad, R. (2021). Analisis Pel Aksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 36–47. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2131

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.

Sofyan, M., Barnes, M., & Finefter-Rosenbluh, I. (2023). Teacher effectiveness in Asian higher education contexts: a systematic review. Teaching in Higher Education, 28(8), 2135–2159. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1952567

Suggate, S., Schaughency, E., McAnally, H., & Reese, E. (2018). From infancy to adolescence: The longitudinal links between vocabulary, early literacy skills, oral narrative, and reading comprehension. Cognitive Development, 47, 82–95. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2018.04.005

Trammell, B., & Aldrich, R. (2016). Undergraduate Students’ Perspectives of Essential Instructor Qualities. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(1), 15–30. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i1.19178

Vygotsky, L. S. (1967). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. Soviet Psychology, 5(3), 6–18. https://doi.org/10.2753/rpo1061-040505036

Wood, M; Su, F. (2017). What Makes an Excellent Lecturer? Academics’ Perspectives on The Discourse of “teaching Excellence’’ in Higher Education".” Teaching in Higher Education, 22((4)), 451–466.

Yennizar, N., & Hikmah, M. (2020). Implementasi Pijakan Lingkungan Main pada Pembelajaran Sentra Persiapan di Taman Kanak- Kanak Mamba ’ ul Ulum Bajubang Kabupaten Batang Hari Jambi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 128–135.

Zweeris, K., Tigelaar, E. H., & Janssen, F. J. J. M. (2023). Studying curriculum orientations in teachers’ everyday practices: A goal systems approach. Teaching and Teacher Education, 122, 103969. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103969




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v7i2.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760