Efektivitas Media Video dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini: Studi Literatur

Alisah Nur Azizah, Aini Loita, Anggi Maulana Rizqi

Abstract


Anak usia dini berada dalam fase perkembangan yang sangat pesat, namun memiliki rentang konsentrasi yang rendah. Mereka cenderung mudah terdistraksi terutama ketika metode pembelajaran yang digunakan monoton dan kurang menarik. Dalam permasalahan tersebut media pembelajaran sangat diperlukan yang mana melibatkan berbagai indera secara bersamaan menjadi penting untuk mendukung peningkatan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar anak usia dini dan mengevaluasi efektivitas peggunaan video pembelajaran sebagai media yang digunakan dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan dengan tujuan penelitian yaitu efektivitas video pembelajaran dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. video yang menyajikan unsur visual dan auditori secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian anak, meningkatkan fokus, serta memfasilitasi anak untuk aktif selama pembelajaran berlangsung.

Keywords


Anak Usia Dini; Konsentrasi Belajar; Media Video; Studi Literatur

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aini, N. (2018). Pengaruh terapi audio murotal al Quran terhadap konsentrasi belajar pada pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan. http://digilib. uinsby. ac. id/22690/7/Nur Aini_D74213084. pdf.

Amalia, D. R., & Aulina, C. N. (2024). Peningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 431-447.

Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 44-57.

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media video animasi untuk meningkatkan listening skill anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43-52.

Burhayani, R., Sari, S. M., & Kasmini, L. (2023). Video-based learning in science material on the human digestive system for class V at SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Dikdas Bantara, 5(2), 114–123.

Endang, S. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Firdausih, I., DP, T. T., & Ali, M. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurul Islam. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 6(1), 13-21.

Fikro, I., & Salim, A. (2023). Improving The Learning Concentration Of Children Aged 4-5 Years Through The Tebona Game Method (Patting Colored Balls) In TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Bulusidokare. Academia Open, 8(2), 10-21070.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Ismi, A. D., Hariyanti, D. P. D., & Khasanah, I. (2021). Penggunaan" ice breaking" terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Wawasan Pendidikan. doi, 10.

James, W. (1890). The principles of psychology (Vols. 1–2). Henry Holt and Company.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.

Kurniawan, D., & Oktaviani, D. (2023). Peningkatan Pengembangan Simulasi Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa B1 TK Pamardisiwi Pandak. Jurnal Pelangi Pendidikan, 1(1), 14-20.

Mahyuddin, N., Syukur, Y., & Hidayati, A. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45-60.

Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 7-13.

Maqrisa, V. W., Annaejla, N., Labora, A. I., & Berliani, N. (2024). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Paud. Journal of Mandalika Social Science, 2(2), 164-171.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Mufarochah, S., Asyrofiyah, I., & Mukaromah, L. (2023). Integrasi ekstrakurikuler pendidikan anak usia dini berbasis pendidikan agama islam. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 16-21.

Ningrum, R. S., & Wardhani, J. D. (2022). Persepsi Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702-5713.

Nurfadhillah, M. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Melalui Media Video dan Media Gambar di RA Al Hikmah Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1409-1420.

Rosyadi, L. D. A., & Surtikanti, M. P. (2019). Pengaruh Ice breaking terhadap Motivasi Belajar Anak pada Kelompok B di TK Nurul Huda Krakahan, Tanjung, Brebes Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rusyidiana, L., Fahmi, A. I., & Sulaeman, D. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual. Jurnal Tahsinia, 4(1), 82-92.

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep kurikulum merdeka pada satuan pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70-81.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. 14(Jakarta : Rineka Cipta), 86.

Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video pembelajaran Al-Islam kemuhammadiyahan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493-4506.

Syaputri, I., & Istiarini, R. (2019). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK IT Al Jawwad. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 24-34.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.

Yulianti, Y., Munajat, A., & Elnawati, E. (2022). Meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui media video pembelajaran. Indonesian Journal of Instructional Technology.

Yulianti, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran di RA Nurul Ikhsan Kecamatan Ciracap (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231-242.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760