Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kebebasan Bermain Anak di Pondok Pesantren RA Nurul Qomar
Abstract
Keywords
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Arifin, T. L. W., & Susilo, H. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini di KB Tunas Cendekia UPT SKB Gresik. J+Plus Unesa, 11(2), 396–403.
Asmen, F. A., Rahayu, R., & Aluwis. (2024). Pola Asuh Orang Tua terhadap Pendidikan Anak. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.35961/tanjak.v5i01.1328
Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793
Darmayanti, E., Muthmainah, M., & Indrawati, I. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Kemantren Gedongtengen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1) 106–114. https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.56583
Etnawati, S. (2021). I Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130-138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31-38.
Fitriyani, L. F., Palenewen, E., & Satriana, M. (2025). Pengaruh Bermain Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 464-472. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1019
Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13163
Hakim, S. R., Sianturi, R., Hidayati, Z. A., & Syifaurahmah, D. (2024). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Komunikasi Sosial Anak Usia Dini di Kober Aisyiyah. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 8(2), 139–152. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5549
Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797
Insani, H. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14–14. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1272
Iskandar, S. R., & Buhaimi, Z. F. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 1464–1473.
Jalil, A., & Hidayatullah, M. F. (2022). Desain Lingkungan Belajar Berkonten Pola Asuh Pada Lembaga Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1003-1017. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317
Li, S., Tang, Y., & Zheng, Y. (2023). How the home learning environment contributes to children’s social–emotional competence: A moderated mediation model. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1065978
Mabtuhah, M., Ridlwan, M., & Abidin, R. (2022). Pengaruh Permainan Menyusun Balok Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia 4-5 Tahun di TK. Sejahtera Dusun Manceng, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Proceeding Umsurabaya, 1(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14980
Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919
Minahali, W., Sutisna, I., & Rawanti, S. (2025). Deskripsi Kemandirian Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di TK Dewi Sartika Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1878
Mutafarrida, L. (2023). Hubungan Orang Tua, Lingkungan Dan Guru Dalam Pendidikan Anak. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7655
Nuraeni, C., Nuroniah, P., & Hendriawan, D. (2025). Persepsi Guru PAUD terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.982
Putri, W. R., Maranatha, J. R., & Wulandari, H. (2022). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 375–383.
Ramadini, K. T. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Dengan Orang Tua Yang Otoriter [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Sinta, D., Faridah, I., & Sari, R. S. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Cempaka Sepatan Kabupaten Tangerang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 384–390. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.901
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Wahyudi, M., Arisanti, F., & Muttaqin, M. ‘Azam. (2024). Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Menyelaraskan Aspek Kognitif, Emosional dan Sosial. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.33-72
Wang, G., Zhao, J., Kleek, M. V., & Shadbolt, N. (2021). Protection or punishment? Relating the design space of parental control apps and perceptions about them to support parenting for online safety. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 5(CSCW2), 1–26. https://doi.org/10.1145/3476084
Widyanti, J. D., & Karmila, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Anak Usia Dini di Era New Normal. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10243
Yuni, M. D. (2024). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD St. Maria Golokawong. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(1), Article 1. https://sejurnal.com/pub/index.php/jikm/article/view/295
Yusuf, R. N., & Qomariah, D. N. (2023). Kontekstualisasi Keterlibatan Orang Tua melalui Sharing Session pada Pendidikan Anak Usia Dini | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10584–10596. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3274
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2251
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760