Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kebebasan Bermain Anak di Pondok Pesantren RA Nurul Qomar

Asmarita Asmarita, Nyimas Atika, Lidia Oktamarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orang tua dan kebebasan bermain anak usia dini, serta dampaknya terhadap perkembangan mandiri, tanggung jawab, dan sosial anak. Temuan menunjukkan bahwa pola asuh demokratis berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan karakter anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Meskipun fasilitas bermain di RA Nurul Qomar masih terbatas, guru memaksimalkan pembelajaran melalui permainan edukatif sederhana yang didukung oleh partisipasi aktif orang tua. Analisis korelasi dan regresi menegaskan adanya hubungan kuat dan signifikan antara pola asuh dan kebebasan bermain anak. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pola asuh yang seimbang—demokratis namun tetap membimbing—untuk menciptakan ruang bermain yang sehat dan konstruktif bagi perkembangan anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Kebebasan Bermain; Perkembangan Anak; Pola Asuh Orang Tua.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Arifin, T. L. W., & Susilo, H. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini di KB Tunas Cendekia UPT SKB Gresik. J+Plus Unesa, 11(2), 396–403.

Asmen, F. A., Rahayu, R., & Aluwis. (2024). Pola Asuh Orang Tua terhadap Pendidikan Anak. TANJAK : Journal of Education and Teaching, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.35961/tanjak.v5i01.1328

Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Darmayanti, E., Muthmainah, M., & Indrawati, I. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Kemantren Gedongtengen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1) 106–114. https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.56583

Etnawati, S. (2021). I Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130-138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 31-38.

Fitriyani, L. F., Palenewen, E., & Satriana, M. (2025). Pengaruh Bermain Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 464-472. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1019

Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13163

Hakim, S. R., Sianturi, R., Hidayati, Z. A., & Syifaurahmah, D. (2024). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Komunikasi Sosial Anak Usia Dini di Kober Aisyiyah. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 8(2), 139–152. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5549

Handayani, R. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Insani, H. (2025). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Anak Usia Dini Pemalu Melalui Pendekatan Teori Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Vygotsky. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14–14. https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1272

Iskandar, S. R., & Buhaimi, Z. F. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 1464–1473.

Jalil, A., & Hidayatullah, M. F. (2022). Desain Lingkungan Belajar Berkonten Pola Asuh Pada Lembaga Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1003-1017. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317

Li, S., Tang, Y., & Zheng, Y. (2023). How the home learning environment contributes to children’s social–emotional competence: A moderated mediation model. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1065978

Mabtuhah, M., Ridlwan, M., & Abidin, R. (2022). Pengaruh Permainan Menyusun Balok Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia 4-5 Tahun di TK. Sejahtera Dusun Manceng, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Proceeding Umsurabaya, 1(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14980

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919

Minahali, W., Sutisna, I., & Rawanti, S. (2025). Deskripsi Kemandirian Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di TK Dewi Sartika Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1878

Mutafarrida, L. (2023). Hubungan Orang Tua, Lingkungan Dan Guru Dalam Pendidikan Anak. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7655

Nuraeni, C., Nuroniah, P., & Hendriawan, D. (2025). Persepsi Guru PAUD terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.982

Putri, W. R., Maranatha, J. R., & Wulandari, H. (2022). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 375–383.

Ramadini, K. T. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Dengan Orang Tua Yang Otoriter [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu

Sinta, D., Faridah, I., & Sari, R. S. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Cempaka Sepatan Kabupaten Tangerang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 384–390. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.901

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Wahyudi, M., Arisanti, F., & Muttaqin, M. ‘Azam. (2024). Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Menyelaraskan Aspek Kognitif, Emosional dan Sosial. Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.33-72

Wang, G., Zhao, J., Kleek, M. V., & Shadbolt, N. (2021). Protection or punishment? Relating the design space of parental control apps and perceptions about them to support parenting for online safety. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 5(CSCW2), 1–26. https://doi.org/10.1145/3476084

Widyanti, J. D., & Karmila, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Anak Usia Dini di Era New Normal. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10243

Yuni, M. D. (2024). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD St. Maria Golokawong. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(1), Article 1. https://sejurnal.com/pub/index.php/jikm/article/view/295

Yusuf, R. N., & Qomariah, D. N. (2023). Kontekstualisasi Keterlibatan Orang Tua melalui Sharing Session pada Pendidikan Anak Usia Dini | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10584–10596. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3274




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760