Pembentukan Karakter Sopan Santun Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Keywords
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Allinda Hamidah, & Andina Nuril Kholifah. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Jaga Regol. Ibtida’, 2(01), 67–77. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.173
Amalia, N. F., Rizqi, A. M., & Purwati. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–36. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.722
Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 100–109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692
Asrul, A., & Sitorus, A. (2016). Strategi pendidikan anak usia dini dalam membina sumber daya manusia berkarakter. Prosiding Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) UIN Sumatra Utara, Medan, 188.
Azhari, A. Z., & Sitorus, A. S. (2023). Application of Character Education in Realizing the Personality of Early Children 4-6 Years. … Islamic Education for Students, Aicoies, 488–495. https://conferences.uinsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/view/589%0Ahttps://conferences.uinsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/download/589/301
Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., Islam, P., Usia, A., & Dini, A. U. (2024). Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori. 4, 166–198. https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JOECES/article/view/223/196
Daulay, N. (2023). Psikologi Di Masa Kini. Umsu Press.
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36
Farah Muthia Saputri, K. H. (2019). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 22. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13499
Farantika, D., Hidayah, C., & Rachmah, L. L. (2023). Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.725
Febrianingrum, K., Nadlif, A., & Astutik, A. P. (2024). Strategi Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun pada Anak Usia 9-10 Tahun di Desa Lebo RT 12 RW 03 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 882. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4258
Halimah, H., Rustam, R., & Lubis, Z. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Aud Kelompok B Di Ra an Najwan Desa Kebun Balok Kabupaten Langkat. Jurnal Raudhah, 7(2), 1–19. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.496
Jamilah, J., Yuhani, Y., Hamdan, H., Takriyanti, R., & Ulfa, A. (2024). Reward And Punishment; Implementasi dalam Membentuk Karakter Sikap Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2885–2894. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6509
Jasmine, K. (2014). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern.
Khoirunni’mah, & Agus Wibowo. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Anak Usia Dini Di Desa Simpang Asam Banjit Way Kanan Lampung. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 65–75. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i1.66
Montessori, M. (2010). The Montessori Method. Kessinger Publishing.
Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S. W., & Tryana. (2020). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Di PAUD Permata Hato Desa Jomin Barat Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang. Journal GEEJ, 7(2). http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26265
Padila, N. (2022). Membentuk Karakter Anak Sejak dini. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–23. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2721
Ramadhan, A. ., Khamdun, K., & Ardianti, S. . (2024). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Pada Anak SD Di. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 41–49. https://doi.org/10.5281/zenodo.10499139
Risanti Rachmawati, F., Yusuf Muslihin, H., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2022). Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal PAUD Agapedia, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i2.52011
Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Setyorini, A., & Asiah, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Turats, 14(2), 71–99. https://doi.org/10.33558/turats.v14i2.4466
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
Sitorus, S. (2015). Pembelajaran anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fityah Medanmbelajaran anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fityah Medan. Raudhah, III.
Sitorus, S. A. (2016). Aplikasi Behaviorisme Dalam Pembelajaran Anak Untuk Menciptakan Generasi Berkarakter. 4(June), 2016. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v6i2.71
Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/555
Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). In PeNA. http://uin.ar-raniry.ac.id
Wahidah, A. S. (2021). Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Investama : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2). https://mail.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/investama/article/view/1347
Wiranti, D. A., & Nisa, R. (2024). Implementasi Program Daily Activity Menggunakan Kata Ajaib dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Kelompok B1 TK Pertiwi Sowankidul. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4163–4173. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1529
Wirianto, D. (2013). Meretas pendidikan karakter : Perspektif Ibn Miskawaih dan John Dewey. Pena. https://jurnal-assalam.org/index.php/JOMESS/article/view/820
Wulandari, R., Kadir Jaelani, A., & Rachmayani, I. (2024). Pengaruh Metode Pembiasaan terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B di paud Semaai Harapan Bangsa Kota Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan DAsar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12719
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2252
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760