Pembentukan Karakter Sopan Santun Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Luthfiyyah Tasya, Ahmad Syukri Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter sopan santun pada anak usia dini di TK IT Bunayya 7. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan meliputi pembiasaan penggunaan kata-kata sopan seperti “tolong”, “maaf”, “terima kasih”, dan “permisi” dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Guru berperan sebagai teladan utama dalam membentuk perilaku sopan anak. Temuan ini sejalan dengan teori pendidikan anak oleh Montessori, Skinner, Vygotsky, dan Ki Hajar Dewantara yang menekankan pentingnya keteladanan dan lingkungan kondusif dalam pembelajaran karakter. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendukung pembiasaan tersebut di rumah. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah dan keluarga sangat penting untuk memastikan pembentukan karakter sopan santun berjalan optimal.

Keywords


Anak; Guru; Karakter; Pembiasaan; Sopan

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Allinda Hamidah, & Andina Nuril Kholifah. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Jaga Regol. Ibtida’, 2(01), 67–77. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.173

Amalia, N. F., Rizqi, A. M., & Purwati. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–36. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.722

Anggraeni, C., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 100–109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692

Asrul, A., & Sitorus, A. (2016). Strategi pendidikan anak usia dini dalam membina sumber daya manusia berkarakter. Prosiding Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) UIN Sumatra Utara, Medan, 188.

Azhari, A. Z., & Sitorus, A. S. (2023). Application of Character Education in Realizing the Personality of Early Children 4-6 Years. … Islamic Education for Students, Aicoies, 488–495. https://conferences.uinsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/view/589%0Ahttps://conferences.uinsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/download/589/301

Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., Islam, P., Usia, A., & Dini, A. U. (2024). Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori. 4, 166–198. https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JOECES/article/view/223/196

Daulay, N. (2023). Psikologi Di Masa Kini. Umsu Press.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(1), 27–36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36

Farah Muthia Saputri, K. H. (2019). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 22. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/13499

Farantika, D., Hidayah, C., & Rachmah, L. L. (2023). Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini Di Lingkungan Sekolah Dan Masyarakat. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.28926/bocil.v1i1.725

Febrianingrum, K., Nadlif, A., & Astutik, A. P. (2024). Strategi Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun pada Anak Usia 9-10 Tahun di Desa Lebo RT 12 RW 03 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 882. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4258

Halimah, H., Rustam, R., & Lubis, Z. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Aud Kelompok B Di Ra an Najwan Desa Kebun Balok Kabupaten Langkat. Jurnal Raudhah, 7(2), 1–19. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.496

Jamilah, J., Yuhani, Y., Hamdan, H., Takriyanti, R., & Ulfa, A. (2024). Reward And Punishment; Implementasi dalam Membentuk Karakter Sikap Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2885–2894. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6509

Jasmine, K. (2014). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern.

Khoirunni’mah, & Agus Wibowo. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Anak Usia Dini Di Desa Simpang Asam Banjit Way Kanan Lampung. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 65–75. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i1.66

Montessori, M. (2010). The Montessori Method. Kessinger Publishing.

Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S. W., & Tryana. (2020). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Di PAUD Permata Hato Desa Jomin Barat Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang. Journal GEEJ, 7(2). http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26265

Padila, N. (2022). Membentuk Karakter Anak Sejak dini. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–23. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2721

Ramadhan, A. ., Khamdun, K., & Ardianti, S. . (2024). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Pada Anak SD Di. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 41–49. https://doi.org/10.5281/zenodo.10499139

Risanti Rachmawati, F., Yusuf Muslihin, H., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2022). Penanaman Sikap Sopan Santun Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Keluarga. Jurnal PAUD Agapedia, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i2.52011

Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan. Kencana.

Setyorini, A., & Asiah, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Turats, 14(2), 71–99. https://doi.org/10.33558/turats.v14i2.4466

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Sitorus, S. (2015). Pembelajaran anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fityah Medanmbelajaran anak usia dini di Raudhatul Athfal Al Fityah Medan. Raudhah, III.

Sitorus, S. A. (2016). Aplikasi Behaviorisme Dalam Pembelajaran Anak Untuk Menciptakan Generasi Berkarakter. 4(June), 2016. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v6i2.71

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/555

Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). In PeNA. http://uin.ar-raniry.ac.id

Wahidah, A. S. (2021). Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Investama : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2). https://mail.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/investama/article/view/1347

Wiranti, D. A., & Nisa, R. (2024). Implementasi Program Daily Activity Menggunakan Kata Ajaib dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Kelompok B1 TK Pertiwi Sowankidul. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4163–4173. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1529

Wirianto, D. (2013). Meretas pendidikan karakter : Perspektif Ibn Miskawaih dan John Dewey. Pena. https://jurnal-assalam.org/index.php/JOMESS/article/view/820

Wulandari, R., Kadir Jaelani, A., & Rachmayani, I. (2024). Pengaruh Metode Pembiasaan terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B di paud Semaai Harapan Bangsa Kota Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan DAsar, 9(1). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12719




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760