Penggunaan Gadget Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Try Indriati, Sutrisno Sutrisno, Yuniarti Yuniarti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan gadget di kalangan anak usia dini, khususnya di TK Fajar Belitang. Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama tanpa pengawasan orang tua dapat menghambat interaksi sosial anak, mengurangi kemampuan komunikasi, serta menurunkan empati terhadap lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, penggunaan gadget yang terkontrol dengan bimbingan orang tua dan guru dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif anak dalam memahami berbagai informasi yang disediakan melalui media digital. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam membimbing anak agar penggunaan gadget tetap memberikan manfaat positif tanpa menghambat perkembangan sosial emosional mereka.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Arwansyah, & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 75-88.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Ismayana, R. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Psikologi Anak, 3(1), 45-60.

Midayan, A., Rahmawati, N., & Prasetyo, D. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini dan dampaknya terhadap perilaku sosial. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30-42.

Munir, M. (2019). Teknologi pembelajaran di era digital. Dalam Zaini, S., & Soenarto, S. (Eds.), Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 115-128.

Nurani, M. (2019). Metode Montessori dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 92-107.

Rahmawati, S., & Latifah, M. (2019). Kecanduan gadget pada anak usia dini dan dampaknya terhadap perkembangan sosial. Jurnal Psikologi Perkembangan, 8(1), 57-72.

Syahudin, R. (2019). Peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal Komunikasi Digital, 2(4), 88-101.

Yumarni, L. (2022). Pentingnya keseimbangan penggunaan teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 67-80.

Zaini, S., & Soenarto, S. (2019). Dampak gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 89-102.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760