Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Penggunaan Kata-Kata Kasar di TK Anak Sholeh)
Abstract
Keywords
References
Amrillah, H. M. T., Yulizah, Y., & Widiyanti, D. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(3), 88–95. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i3.405
Ananda, A. M., & Pertiwi, A. D. (2025). Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Alma. Jurnal Ilmiah Potensia, 10(1), 74–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.10.1.74-88
Aritonang, D. U. E. C., Savira, M., Girsang, L. B., Simarmata, N., & Indriyanto, K. (2023). Membangun Karakter Melalui Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas XI SMA N 3 Medan. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 7(April 2023), 1–9.
Armita, D. (2022). Bahasa Kasar (Abussive Language) Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/rosyada.v4i1.5257
Asnia, Z., & Muthohar, S. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Aulad: Journal of Early Childhood, 7(3), 1047–1057. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.814
Evans, O. G. (2023). Teori Sistem Ekologi Bronfenbrenner. In Simply Psychology (hal. 1–14).
Fatimah, S., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character Development Model for Early Childhood Learners at Islamic Kindergarten. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5122
Fitriani, D., Suyati, T., & Setiawati, A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Berbicara Kasar Pada Anak di Dusun Jatimontong Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. 5(2), 16–24.
Hafni Shair, S. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 4(c), 1–81.
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Jeti, L., & Herliyani, O. Y. (2018). Stimulation of Social Emotional Development in Early Chilhood Education. International Journal of Education, 2324(1), 86–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.1422779
Khotimah, K., & Hidayat, N. (2021). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Santun Berbahasa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 601. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.6198.
Nabila, A., Muharram, A., & Mustikaati, W. (2024). Analisis terhadap lingkungan belajar yang diduga menjadi penyebab kebiasaan berbicara kasar peserta didik di kelas II sekolah. COLLASE, 7(5). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19774
Nofika, Y. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. EDUSIANA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.70437/edusiana.v2i2.942
Oktarosada, D. (2017). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–15.
Fatimah, S., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character Development Model for Early Childhood Learners at Islamic Kindergarten. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5122
Sayekti, D., Chandra, A., & Karmila, M. (2022). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Jetak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan, 2(1), 70–78.
Silviana, N. A., & Sufiyanto, M. I. (2024). Strategi Guru Untuk Mengatasi Bullying dan Kekerasan Pada Tingkat Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Virdiana, A. I., & Sianturi, R. (2024). Analisis Pemahaman AUD Mengenai Berbicara Kasar Pada TK Permata Hati Aisyiyah. 2(1), 70–78.
Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peran lingkungan sosial pada perilaku berbicara kasar anak. Eminara: Prosiding Seminar Nasional Pnedidikan STKIP Kusuma Negara III., 353–361.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2261
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760