Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Penggunaan Kata-Kata Kasar di TK Anak Sholeh)

Sofi Nur Laila, Ianatuz Zahro, Hendrik Siswono

Abstract


Tujuan penelitian guna menganalisa peran guru dalam membentuk karakter anak, khususnya dalam mengatasi penggunaan kata-kata kasar di TK Anak Sholeh. Fokus utama penelitian ini meliputi tiga permasalahan, yaitu: bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter anak, faktor yang menyebabkan anak menggunakan kata-kata kasar, serta strategi guru sebagai solusi perilaku tersebut dalam lingkungan sekolah. Secara umum, penelitian bertujuan menganalisa kontribusi guru dalam membentuk kepribadian siswa, dan penggunaan bahasa kasar. Secara khusus, tujuannya untuk membuktikan peran guru dalam pembentukan karakter anak, mengidentifikasi faktor yang menyebabkan anak menggunakan kata-kata kasar di TK Anak Sholeh, serta menggali strategi guru dalam menangani perilaku tersebut. Pendekatan kualitatif bermetode studi kasus digunakan dengan data yang dikumpulkan melalui observasi terhadap anak dan wawancara mendalam untuk mendapatkan gambaran komprehensif terkait kontribusi guru dalam pengembangan karakter anak usia dini. Luaran penelitian yaitu tersusunnya rekomendasi praktis bagi guru khususnya dan bagi orang tua dalam menangani penggunaan bahasa kasar pada anak usia dini, serta kontribusi teoritis terhadap pendekatan pedagogis berbasis karakter, yang dapat memperkuat pendidikan moral di tingkat PAUD.

Keywords


Kata-Kata Kasar; Pendidikan Karakter; Peran Guru.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amrillah, H. M. T., Yulizah, Y., & Widiyanti, D. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(3), 88–95. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i3.405

Ananda, A. M., & Pertiwi, A. D. (2025). Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Alma. Jurnal Ilmiah Potensia, 10(1), 74–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.10.1.74-88

Aritonang, D. U. E. C., Savira, M., Girsang, L. B., Simarmata, N., & Indriyanto, K. (2023). Membangun Karakter Melalui Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Kelas XI SMA N 3 Medan. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 7(April 2023), 1–9.

Armita, D. (2022). Bahasa Kasar (Abussive Language) Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 4(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/rosyada.v4i1.5257

Asnia, Z., & Muthohar, S. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Aulad: Journal of Early Childhood, 7(3), 1047–1057. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.814

Evans, O. G. (2023). Teori Sistem Ekologi Bronfenbrenner. In Simply Psychology (hal. 1–14).

Fatimah, S., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character Development Model for Early Childhood Learners at Islamic Kindergarten. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5122

Fitriani, D., Suyati, T., & Setiawati, A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Berbicara Kasar Pada Anak di Dusun Jatimontong Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. 5(2), 16–24.

Hafni Shair, S. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 4(c), 1–81.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Jeti, L., & Herliyani, O. Y. (2018). Stimulation of Social Emotional Development in Early Chilhood Education. International Journal of Education, 2324(1), 86–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.1422779

Khotimah, K., & Hidayat, N. (2021). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Santun Berbahasa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 601. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.6198.

Nabila, A., Muharram, A., & Mustikaati, W. (2024). Analisis terhadap lingkungan belajar yang diduga menjadi penyebab kebiasaan berbicara kasar peserta didik di kelas II sekolah. COLLASE, 7(5). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19774

Nofika, Y. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. EDUSIANA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.70437/edusiana.v2i2.942

Oktarosada, D. (2017). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–15.

Fatimah, S., Syamsuddin, A., & Dewantara, A. H. (2023). Character Development Model for Early Childhood Learners at Islamic Kindergarten. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i1.5122

Sayekti, D., Chandra, A., & Karmila, M. (2022). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Jetak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan, 2(1), 70–78.

Silviana, N. A., & Sufiyanto, M. I. (2024). Strategi Guru Untuk Mengatasi Bullying dan Kekerasan Pada Tingkat Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Virdiana, A. I., & Sianturi, R. (2024). Analisis Pemahaman AUD Mengenai Berbicara Kasar Pada TK Permata Hati Aisyiyah. 2(1), 70–78.

Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2021). Peran lingkungan sosial pada perilaku berbicara kasar anak. Eminara: Prosiding Seminar Nasional Pnedidikan STKIP Kusuma Negara III., 353–361.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760