Pengaruh Media Serial Image Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun

Fadillah Fadillah, Muhammad Yusri Bachtiar, Fitriani Dzulfadhilah, Angri Lismayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Serial Image berbasis Augmented Reality terhadap kemampuan bercerita anak usia 5–6 tahun di TK Khalifah Makassar 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen, serta desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah Media Serial Image berbasis Augmented Reality, dan variabel terikatnya adalah kemampuan bercerita anak. Populasi penelitian berjumlah 30 anak, dengan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh anak dijadikan sampel, yaitu 15 anak pada kelompok eksperimen dan 15 anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data meliputi perencanaan, pretest, treatment, post-test, dan analisis hasil. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil data yang diperoleh mengidikasikan adanya peningkatan dalam skor pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest sebesar 11,00 sedangan setelah diberi perlakuan nilainya sebesar 19,33. Analisis data menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.001<0.05, sehigga hipotesis alternatif (H1) dapat diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Temuan ini memperkuat bahwa penggunaaan media Serial Image berbasis Augmented Reality berkontribusi pada anak usia 5-6 tahun di TK Khalifah Makassar 3 dalam peningkatan kemampuan bercerita.


Keywords


Augmented Reality; Serial Image; Storytelling ability

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ainun, H., Amriani, S. R., & Dzulfhadilah, F. (2024). Pengaruh Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Parts Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Naurah Kota Makassar. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(3).

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4831

Astari, T., Zamzam, R., & Lestari, E. S. (2020). Media Vocer untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 8-9 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Ismayani, I. (2024). Metode Bercerita Dengan Gambar: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Tk It Assyafiq. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6363–6370.

Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013

Bakdiyah, S. (2018). Penerapan Metode Talking Chips Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun. SENDIKA: Seminar Pendidikan, 2, 259–264.

Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Dzulfadhilah, F., Asti, A. S. W., & Lismayani, A. (2023). Digital Parenting: Pelatihan Komunikasi Efektif Orang Tua dan Anak Usia Dini di Era Digital. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 218–225. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.515

Efriyani, M., & Nurrahmawati, E. (2025). Pengembangan Media Berbasis Steam Menggunakan Augmented Reality Terhaadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Ceendekia, 13(2), 194–206. https://doi.org/10.20961/kc.v13i2.101786

Etnawati, S. (2021). Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Hafifah, S., & Marlina, S. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Anak Usia Dini. 8(2), 717–725. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.1083

Kamtini, Q. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk ABA 06 Bromo Medan.

Lestari, I., Habibi, M., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Berseri pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Mertak Kacamatan Pujut Lombok Tengah Tahun 2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(3), 308–313.

Lismayani, A. (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. ECEJ: Early Childhood Education Journal, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.62330/ecej.v1i1.9

Muthohharoh, I., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1267

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. Journal EduTech, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62872/qbp1fg61

Nirmala, B., & Solihatin, E. (2025). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.

Setyaningrum, I. D., Lestari, S., & Suyanti. (2023). Penggunaan Media Cerita Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ProsidingKonferensiIlmiahDasar, 4, 517–524.

Silawati, E. (2018). Stimulasi guru pada pembelajaran bahasa anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334

Susiawati, W. (2018). Implementasi Teori Chomsky Dalam Bahasa Alquran. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 273–291. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.8896

Sutrisna, I. P. G., Rismawan, M., & Nita Sari, N. K. A. (2024). Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Sudha Kumara Denpasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 89–97. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.3045

Syahputra, A., & Arifitama, B. (2018). Pengembangan alat peraga edukasi proses siklus air (hidrologi) menggunakan teknologi Augmented Reality. Semnasteknomedia Online, 6(1), 2–11.

Ulfa, A., & Rakimahwati, R. (2020). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Padang. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 49–56. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-01

Uzlah, U., Suryana, D., Dini, M. P. A. U., & Dini, D. P. A. U. (2021). Metode Bercerita Menggunakan Boneka Rollbe Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Di Tk Negeri Al Muawwanah.

Wondal, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karta Wisata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPUD.091




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760