MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN ASPEK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING, MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan motorik halus anak.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting dan menempel. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. setting penelitian pada anak kelompok B TK Islam Bakti 1 Banjarmasin yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian pada kegiatan menggunting dan menempel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan cross tab dan train analisis berdasarkan data-data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 32 kategori “Baik” dan terus meningkat hingga pertemuan 4 mendapatkan skor 37 kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mendapat persentase 25% kategori “Kurang Aktif” dan terus meningkat hingga pertemuan 4 mencapai 94% kategori “Sangat Aktif”. Hasil perkembangan motorik halus pada pertemuan 1 mendapat persentase 25% dan terus meningkat hingga pertemuan 4 mencapai 94% anak berhasil berkembang kategori “Berkembang Sangat Baik”. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning, Direct Instruction dan Media Bahan Alam dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan motorik halus. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan penelitian berikutnya dapat menjadi bahan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.
Keywords
References
Ariana, L., & Novitawati, N. (2023). No Title Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Model Direct Instructions Pada Kegiatan Mozaik. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 3((3)), 32–41.
Arini, Ira, and A. F. (2020). No Title Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15((2)), 117–26.
Fardhinah, Z., & Cinantya, C. (2024). No Title Efektifitas Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kemandirian, Dan Aspek Motorik Halus Anak. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 4((3)), 1-14.
Fatimah, M., Aslamiah, A., & Purwanti, R. (2021). No Title Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle dan Kegiatan Melipat pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1((2)), 34-41.
Fazira, Y. E., Rachmayani, I., & Aprianti, G. (2023). No Title Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penerapan Kegiatan Project Based Learning Pada Anak Kelompok B-2 Tk Negeri Pembina Mataram. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 4((2)), 73–82.
Febrina, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). No Title Model pembelajaran protection landing meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sd muatan ipa. Journal on Teacher Education, 5((1)), 146-158.
Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.
Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). No Title Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B Tk It Mumtazah Kota Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3((4)), 9-17.
Niqo, H., & Wahyudi, M. D. (2024). (2024). No Title Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggunting Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Metode Demonstrasi Dengan Media Bahan Bekas Di Tk. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 4((2)), 1-12.
Nurhayati, N., Sari, R. P., & Haryono, M. (2023). No Title Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Anak. Early Childhood Research And Practice, 4((01)), 21–26.
Nurhayati, Bastiana, & Jenny. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Meniru Huruf dari Media Bahan Alam di TK Negeri Pembina Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 21–28.
Nurhayati, N. (2023). No Title Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pola Pada Anak Di Paud Harapan Bunda Kabupaten Seluma (Doctoral Dissertation, Universitas Dehasen Bengkulu).
Olfah, K., Purwanti, R., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Kerja Sama Menggunakan Model Pembelajaran Solid Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Kelas Iv Sdn Kuin Utara 5 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10((04)), 435–463.
Priantika, D., Hasanah, H., & Hadi Pradana, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Alam terhadap Creative Thinking Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 558–571. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.605
Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). No Title LEARNING MANAGEMENT IN THE DEVELOPMENT FINE MOTOR ASPECT AND CHILDREN’S INDEPENDENCE. E-CHIEF Journal, 4((2)), 27–37.
Purwanti, R., Suriansyah, A., Bachri, A. A., & M. (2024). No Title Case Study: Values and Beliefs of Excellence-Based Quality Leadership in a Junior High School. In 2nd International Conference on Environmental Learning Educational Technologies, 155–165.
Purwanti, R. (2019). (2019). No Title Pengenalan aspek bahasa (bahasa inggris) untuk anak usia dini melalui nyanyian. Prosiding SEMNAS PS2DMP ULM, 5(2), 135–146.
Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44
Purwanti, R., Suriansyah, Aslamiah, Novitawati, & Rahmiyani. (2024). the Correlation of Work Commitment, School Principal Supervision and Teacher Performance in Kindergartens in Liang Anggang District. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 27–35.
Ramli, A. F., & Jayanti, D. (2023). No Title Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Tkn Nilla Gading Rompegading. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5((2)), 1243–1248.
Rezkya, J., & Faqihatuddiniyah, F. (2024). No Title Mengembangkan Motorik Halus (Menggunting) Menggunakan Model Direct Instruction Dan Media Gambar Pada Tk Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (Jikad), 4((1)), 40–49.
Sidik NH., Moch Ilham, and H. W. (2016). No Title Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2296
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



