Inovasi pembelajaran: Project Based Learning, Model Direct Instruction dan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Mengembangkan Aktivitas dan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan motorik halus anak pada kelompok B dalam keterampilan menggunting dan menempel sesuai pola. Hal ini disebabkan karena kurangnya kegiatan yang menstimulasi kemampuan menggunting dan menempel sesuai dengan pola. Pendidik masih berfokus pada kegiatan pembelajaran bahasa seperti menulis dan bernyanyi. Selain itu, pendidik belum efektif dalam memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan motorik halus anak dalam keterampilan menggunting dan menempel. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Insan Kamil Banjarmasin yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian keterampilan menggunting dan menempel sesuai pola. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis serta cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik, interpretasi melalui persentase dan sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkemabangan kemampuan motorik halus anak usia dini menggunakan penggunaan model Project Based Learning, Direct Instruction dan media Loose Parts. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke-4 mencapai indikator keberhasilan dengan kategori Sangat Baik. Aktivitas anak pada pertemuan ke-4 mencapai kategori Hampir Seluruh Anak Aktif serta hasil perkembangan keterampilan anak pada pertemuan ke-4 mencapai presentase 91% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik.
Keywords
References
Agusta, R, A., Darmiyati, Ali Rachman, A. F. N. (2024). STUDENT SATISFACTION WITH EDUCATIONAL SERVICES AT THE INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL OF QURRATA’AYUN HULU SUNGAI SELATAN. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 1–11.
Cinantya, C., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Character Education Based on Religious Values in Early Childhood: A School Principal’s Leadership Perspective. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4968–4973. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-43
Cinantya, C., Aslamiah, N. (2024). THE CORRELATION OF THE WORK LIFE QUALITY AND ORGANIZATIONAL. International Journal of Social Science and Human Research, 2(1), 12–18.
Destiria Maharani, C. C. (2024). MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS BELAJAR DAN ASPEK BAHASAMENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU HURUF. 4(2), 44–56.
Fawwaz, Alwan, S. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERMUTU. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 6(2), 221–238.
Febrianti, A., & Dwi, R. ; (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini TKN Nilla Gading Rompegading. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1243–1248.
Halimatussa’diyah, H., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Boarding School-Based Character Education Management (Case Study at MAN Insan Cendekia Tanah Laut). International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4982–4990. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-45
Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.
Izzatulummah, M., Aziz, A., & Kiromi, I. H. (2023). Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Kota Probolinggo. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 6(2), 315–333. https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.2.315-333
Masganti. (2017). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Anak Usia Dini. Kencana.
Nur, M. (2019). Paud - Menggunting, menempel dan mewarnai. MiftaChun Nur.
Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44
Purwanti, R., Suriansyah, A., Aslamiah, Novitawati, & Rahmiyani. (2024). the Correlation of Work Commitment, School Principal Supervision and Teacher Performance in Kindergartens in Liang Anggang District. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 27–35.
Sutapa, P. (2018). AKTIVITAS FISIK MOTORIK DAN PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK USIA DINI (C. Erni Setyowati (ed.)). PT Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2298
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



