Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Menggunakan Model Problem Based Learning, Explicit Instruction dan Media Magic Box

Raudhatul Amelia, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B1 yang berjumlah 16 anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian keterampilan aspek kognitif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis serta cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik, interpretasi melalui persentase dan sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru mendapatkan skor 27 kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak mendapat presentase 100% kategori “Sangat Aktif”. (3) Hasil perkembangan Kognitif mencapai presentase 100% anak berhasil berkembang dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Disarankan bagi kepala sekolah, guru, dan penelitian selanjutnya dapat menjadi bahan referensi dalam melaksanakan penelitian menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek kognitif anak.

Keywords


Aspek Kognitif, Model Problem Based Learning, Explicit Instruction, Media Magic Box

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Anggreani, Chresty. (2022). Bimbingan Teknis Perancangan Pembelajaran STEAM Bagi Guru PAUD. JCES (Journal of Character Education Society) Vol. 5 No. 1.

Ansari, U. N., & Sit, M. (2024). Meningkatkan kecerdasan logis matematis melalui media smart box pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 138–149. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.445

Ariska, K., & Suyadi, S. (2020). Penggunaan metode show andtell melalui media magic box untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.626

Azkia, K., & Sakerani. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan Savi. Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 42–49.

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Eva, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Magic Box Pada Anak Kelompok B Di Ra At-Taqwa Way Kanan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Faiz, A., Jannah, W. N., & Adawiyah, R. (2022). Penggunaan Media Magic Box Sikla di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 477-489.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran Solok. Insan Cedikia Mandiri.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19.Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41-52.

Mulyono, N., Santika, D., & Nurlatifah, D. (2025). Penggunaan Ape Magic Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Kober Lil Aulad. Jurnal Intisabi, 2(2), 288–302.

Mujahaddah, mujahaddah, Effendi, R., & Rafianti, W. Mengembangkan R. Aspek (2021). Sosial Emosional Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Model Number Head Together, Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1–7.

Nasution, M. A., & Anas, N. (2024). Pengaruh media pembelajaran magic box terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam peserta didik di sekolah dasar. 10(1), 575–585.

Novita, N., & Sulistiyana, S. (2023). Mengenal Huruf Dengan Kombinasi Model Demonstration, Make a Match, Metode Bermain Dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17–27.

Nursyafitri, A., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking stick dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 28–34.

Putri, R., Sudarti, S., & Maulina, I. (2025). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Kotak Pintar. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 726-739.

Prasasti, F. N. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Magic Box pada TK Kelompok A.

Ramadina, N., Cinantya, C., & 2022. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok A Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. 2(1), 20–32.

Samiyah, Anggreani, C., & 2021. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kombinasi Model Direct Instruction , Metode Bercerita Dengan. 1(2), 52 60.

Sari, D. N. (2022). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Magic Box (Studi Kasus Kelas IV SD Negeri 171/II Pedukuh Kabupaten Bungo). Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 59-67.

Saputri, N. M., & Agusta, A. R. (2022). Meningkatkan Aspek Kognitif Dalam Mencocokan Angka Dengan Lambang Bilangan Pada Anak TK Menggunakan Model MATAMU. … Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD). https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/5441

Saputri, I. D., & Purnama, S. (2024). Implementation of Magic Box Media for Early Childhood Symbolic Thinking. Journal of Childhood Development, 4(2), 434-440.

Sumiati, D. (2013). Studi tentang aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Ulakan Tepakis Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 1-8.

Sulaeman, D., Yusuf, R. N., Fahmi, A. I., Latip, A. D. A., & Kania, G. (2022). Penanaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Mengukur Menggunakan Model Explicit Instruction. Jurnal Tahsinia, 3(1), 45-52

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: KENCANA.

Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan bermain kotak ajaib (magic box) dalam upaya meningkatkan kemampuan sains anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 44-52.

Yaie, F. I. J., Fauzi, T., & Andriani, D. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kotak pintar pada anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807

Yuliastri, N. A., & dkk (2021). Pengembangan Media Smart Box dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Care Vol 8 No 2.

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.

Wahyu Widiana, Y., Kania, G., & Sumarti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bidang Geometri Dan Angka Melalui Media Geoboard. Jurnal Tahsinia, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.346

Wibowo, I. S. F. R. 2018. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Imam Suwardi Wibowo 1, Ririn Farnisa 2 1). 3(2), 181–202.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760