Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Project Based Learning (PjBL), Direct Instruction dan Media Kain Blacu pada Kelompok A di TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur

Vrahmeta Amelia Oktasya, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti

Abstract


Permasalahan penelitian ini yaitu keterlambatan perkembangan motorik halus di TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur yang menunjukkan bahwa sebagian besar anak kelompok A mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas yang memerlukan koordinasi mata dan tangan dalam melakukan gerakan yang sulit. Dampaknya, anak-anak cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan menunjukkan hasil yang belum optimal pada indikator perkembangan motorik halus. Akibat dari kondisi tersebut, anak berpotensi mengalami hambatan dalam kemandirian, kesiapan belajar, dan perkembangan kepercayaan diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Direct Instruction dengan media kain blacu dalam kegiatan membatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat siklus. Subjek penelitian adalah 14 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif analisis serta cresss tabulasi yang di jabarkan dalam bentuk tabel, grafik, interpretasi melalui presentase dan di sajikan indikator keberhasilan perkembangan yang di tetapkan .

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aktivitas guru dan anak, serta perkembangan kemampuan motorik halus anak. Aktivitas guru meningkat dari kategori “Baik” menjadi “Sangat Baik”, dan aktivitas anak dari “Cukup Aktif” menjadi “Sangat Aktif”. Selain itu, persentase anak yang mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik” meningkat menjadi 93% pada siklus akhir. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi pembelajaran berbasis proyek dan instruksi langsung, didukung oleh media yang kontekstual, mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan motorik halus anak usia dini secara efektif.


Keywords


Motorik Halus, Pro ject Based Learning, direct instruction , Kain Blacu, PAUD

References


Amin, K. A., Utomo, H. B., & Sari, A. T. R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Dengan Kain Perca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1969

Azizah, W., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Keterampilan Menulis Simple Present Tense Menggunakan Model Lecture Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(1(3)), 598–607.

Cahyaning, Putri, D. (2023). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Permainan Playbox. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 193–201. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i1.199

Destiria Maharani, C. C. (2024). MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS BELAJAR DAN ASPEK BAHASA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR Destiria. Αγαη, 15(1), 37–48.

Doni, M., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Menggunakan Model Merdeka Di Sekolah Dasar. Bestari. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaa, 1(3), 106–119.

Febrina, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Model pembelajaran protection landing meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sd muatan ipa. Journal on Teacher Education, 5(1), 146–158.

Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., and Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.

Imron, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 7(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v7i1.1985

Irham, M., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Piring Antik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 858–865.

Khairiah, I., Syamsuardi, & Rusmayadi. (2022). Pengaruh Kegiatan Membatik Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Makasar.

Khairinor, R., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Bambu Pada Muatan Matematika di Kelas V SDN Kuin Selatan 1. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 578–585.

Khotimah, N., Hasibuan, R., Fitri, R., Soroinsong, W. P., Aisyah, R., Maarang, M., Mawaddah, M., & Firmawati, A. N. (2023). Pengaruh Kegiatan Membatik dengan Teknik Ecoprint untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 146. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52539

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Kustila. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MENGGUNAKAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS Kustila. 13(1), 1–23.

Mega, W. (2021). MENGEMBANGKAN KOGNITIF MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI TK. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 14.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Pamungkas, J., & Rizka, A. D. M. (2023). Analisis Inovasi Pembelajara Seni Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 9(2), 178. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52432

Purwanti, R., Aslamiah, A., and Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44

Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). LEARNING MANAGEMENT IN THE DEVELOPMENT FINE MOTOR ASPECT AND CHILDREN’S INDEPENDENCE. E-CHIEF Journal, 4(2), 27-37.

Purwanti, R., Suriansyah, Aslamiah, Novitawati, and R. (2024). the Correlation of Work Commitment, School Principal Supervision and Teacher Performance in Kindergartens in Liang Anggang District. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 27–35.

Purwanti, R., Suriansyah, Aslamiah, Novitawati, & Rahmiyani. (2024). the Correlation of Work Commitment, School Principal Supervision and Teacher Performance in Kindergartens in Liang Anggang District. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 27–35.

Putri, D. K. (2022). Perkembangan Kreativitas Anak Selama Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra’ DWP Kota Padang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 236. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1243

Rizqiyah, I., Yuniar, D. P., & Tri Ariyanto, F. L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Membatik. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 51. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.677

Sanenek, A. K., Nurhafizah, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391–1401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4177

Sari, N. I. K. (2017). PENGARUH KEGIATAN MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK di KB SURYA ALAM AISYIYAH. 1–23.

Syaparuddin, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Wangi, E. S., Suriansyah, A., & P. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Memecahkan Masalah Menggunakan Model PINTAR pada Muatan Matematika Kelas IV SDN Berangas Barat 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, E-ISSN: 30(2(1)), 326–336.

Yenny Nurul Wulandari, Ratna Purwanti, Anita Ariani, Khoirotun Nisa Sa, Fitrah Yuridka, Susanty, H. (2024). TEACHER PROFESSIONALISM DEVELOPMENT KINDERGARTEN in BANJARMASIN. 1(2), 71–80.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760