Penerapan Kegiatan Bermain Pianika dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Pendidikan anak usia dini mengenalkan pengetahuan dasar dan mengasah kemampuan musikal melalui kegiatan seperti bermain alat musik dan menyanyi. Kegiatan bermain pianika sebagai metode yang dapat melatih fokus anak-anak pada satu kegiatan dan sekaligus mengatasi kekurangan dalam kecerdasan musikal. Fokus penelitian ini adalah penerapan kegiatan bermain pianika dalam menstimulasi kecerdasan musikal usia 5-6 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru musik dan anak di Nobel Playgroup & Kindergarten. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan kegiatan bermain pianika dalam menstimulasi kecerdasan musikal di Nobel Playgroup & Kindergarten usia 5-6 tahun, dalam kegiatan ini mencakup beberapa tahapan penerapan kegiatan bermain pianika yang diawali dengan penyusunan perangkat pembelajaran, penyediaan guru musik, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Frekuensi dan durasi kegiatan bermain pianika dilakukan satu kali dalam satu pekan dengan durasi satu jam. Keterlibatan guru dalam kegiatan ini tampak melalui pendampingan saat anak bermain pianika dan pemberian motivasi berupa kalimat pujian. Seain itu, stimulasi kecerdasan musikal dilakukan melalui pengamatan terhadap kecerdasan musikal anak selama kegiatan berlangsung.
Keywords
References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Anggraini, E. S., Wardani, D. N., Nisa, K., Julafni, M., & Amanda, N. (2024). Analisis Permasalahan Sarana dan Prasarana Musik di Sekolah RA Al Mukhlisin. Madani: Jurnal Imiah Multidisiplin, 2(9), 583–585.
Aulia, A., Diana, & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 160–168. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i01.4693
Damayanti, E., Rasyid, M. R., Amaliah, A. R., & Hijriah, H. (2021). Capaian Aspek Perkembangan Seni Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 3- 4 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.20986
Fadia, A. A., & Rahayu, W. (2022). Meningkatkan Kreativitas Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Bermain Pianika Di TK Al Wathoniyah Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, 3(2), 311–320. http://ejournal-pancasakti.ac.id/index.php/jpb/article/view/81
Fawaz, R. A. (2023). Implementasi Evaluasi Pembelajaran di RA/TK. Early Stage: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01, 1–23.
Fitroh, S. F., & Khasanah, S. M. (2016). Musik Sebagai Stimulus Pada Kecerdasan Emosi Anak (Studi Kasus TK A Di Kelompok Bermain Kasih Ibu). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(1), 1–75.
Jafar, R. A., Hasan, H., Musi, M. A., & Mahmud, B. (2023). Pengaruh Pendekatan Reggio Emilia Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Ihya Ulum: Early …, 1, 83–100. https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/ihyaulum/article/view/86
Juita, A. K., Nafsia, A., & Palu, M. F. (2024). Pelatihan Musik Perkusi untuk Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di Kober Peu Pado. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata STKIP Citra Bakti, 2, 225–231.
Kamelia, N. (2019). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Kemendikbud. (2022). Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 10.
Kristiana, L., Wahyuningsih, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Profil Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 85. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.48456
Nisa, K. (2024). Strategi Meningkatkan Pembelajaran Alat Musik Anak Usia Dini di PAUD Balita Qur’an El Mumtaz. EDUKASIA – JURNAL PENDIDIKAN, 1(September), 40–48.
Putri, M. A., Yeni, I., & Rakimahwati, R. (2020). Pengaruh Iringan Gitar Terhadap Kecerdasan Emosional Anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang. Journal on Teacher Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.500
Savira, D. (2023). Analisis Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik Kelas VI SDN Pinang 8 Kota Tangerang. 7, 20974–20978.
Setianingsih, H. P., Wahyuningsih, E. T., & Riyadi, N. E. W. (2022). Kemampuan Guru dalam Mengajar Aktivitas Musik di TK. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10(3), 12–26. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3184947&val=28010&title=Kemampuan Guru dalam Mengajar Aktivitas Musik di TK
Siregar, I. R., Roaina, L., Lubis, N. A., Lubis, H. Z., Islam, U., &
Sumatera, N. (2023). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Alat Musik Pianika di TK Cambridge Binjai. 1, 2510–2516.
Syafe’i, M. (2018). Upaya Mengembangkan Kecerdasan Musikal Melalui Permainan Persepsi Bentuk Musikal Pada Anak Kelomok B di TK Pertiwi Tanjung Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 1(2), 71–85. https://doi.org/10.54396/saliha.v1i2.14
Virganta, A. L. (2023). Permainan Pola Ritme Musik Berbasis Budaya Sebagai Upaya Stimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1), 41. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47898
Zaafirah, A. N. K., Herman, & Rusmayadi. (2023). Konsep Multiple Intelegences Perspektif Howard Gardner Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 83–94.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2306
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



