PENGEMBANGAN MEDIA MYSTERY BOARD PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOSARI TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, serta respon siswa dan guru terhadap media Mystery board pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku cetak dan belum adanya media pembelajaran yang di gunakan dikelas berbentuk media mystery board yang berfokus pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media mystery board divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Kemudian mystery board yang telah direvisi diuji cobakan untuk mengetahui respon guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 79%, hasil validasi ahli media dengan rata-rata skor 99%, serta hasil validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata skor 85%. Dari ketiga validator ahli tersebut maka media mystery board dikategorikan “sangat layak”. Respon guru diperoleh rata-rata skor 94%, serta respon siswa uji kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 94%, dan uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata skor 93%. Maka hasil pengembangan mystery board pada penelitian ini dikategorikan “sangat menarik”. Pengembangan media mystery board Pada Materi perubahan wujud benda Pada siswa Kelas IV di SD Negeri Sidosari Tahun Ajaran 2024/2025 menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media mystery board pada materi perubahan wujud benda sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841-54.
Assa, R., Kawung, E. J., & Tumiwa, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).
Budi, M. Satria. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah An Nizham Kota Jambi. Jambi:Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Cahyadi Ani. (2018). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur. Buku. Halaman : 3.
Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109-115.
Damayanti, F., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dan Kartu Misteri (PAKARMIS) Berbasis Quiz Team Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Adhikawacana Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 157-168.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep dasar media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294.
Fahreza, M. A., & Heryanto, A. (2024). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SD NEGERI 160 PALEMBANG. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 50-62.
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 8(1), 466–476.
Fauzi, Ahmad. (2016). Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pusaka Media Kajian dan Pemikiran Islam.
Firdaus, F. A., & Mizan, S. (2022). Pengembangan Media Kotak Misteri Bangun Ruang Siswa Kelas Vi Sdn I Brondong Lamongan. Prosiding SNasPPM, 7(1), 301-307.
Fitri, A., dkk. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (SD Kelas IV). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972-980.
Harjanto Ambyah., & Tanod Jessy Mareyke. Strategi pembelajara sekolah dasar. Buku. Halaman : 104-106).
Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu KePendidikan dan Keislaman, 4(1).
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108-122.
Ihsanudin, A. M., Tukiyo, T., & Suwartini, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pokak Tahun Pelajaran 2023/2024. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 229-236.
Juhaeni, S., Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep dasar media pembelajaran. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34-43.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal Pendidikan dan matematika, 7(1).
Krisnayanti, I Ga Ayu Anggela Heni. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol. 8, No. 2. 1.
Lestari, R., Jasiah, J., Rizal, S. U., & Syar, N. I. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 34-43.
Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen Pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422.
Mahdalena, M. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4, 5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332-351.
Maimunah, M. (2016). Metode penggunaan media pembelajaran. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).
Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2307
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



