Analisis Pendidikan Karakteristik Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
References
Ananda, R., & Kurniasih, D. (2022). Strategi pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Cruickshank, D. R. (2025). Effective teaching and learning strategies. New York: Pearson.
Farida, N. (2023). Pemanfaatan pendekatan individual dalam pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 33–45.
Fauzi, A., & Nurhayati, L. (2023). Peran karakteristik siswa dalam pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 12–20.
Gardner, H. (dalam Lestari, N., & Pramana, D. 2021). Teori kecerdasan majemuk dan implikasinya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–42.
Hakim, L., & Rosyid, A. (2024). Inklusi dalam pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(3), 55–67.
Hapsari, R. (2023). Desain pembelajaran berbasis karakteristik siswa. Jurnal Guru Cerdas, 10(2), 28–36.
Hartati, S., & Putra, M. (2022). Pembelajaran aktif di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Anak, 4(1), 21–30.
Hidayat, T. (2021). Inovasi pembelajaran berorientasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 43–51.
Kurniawati, Y. (2020). Peran guru dalam pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 60–71.
Kusnadi, A. (2022). Analisis kebutuhan belajar siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 15–26.
Lestari, N., & Pramana, D. (2021). Tantangan pembelajaran di kelas heterogen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–42.
Maulana, A., & Kurniawan, D. (2020). Pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(1), 11–19.
Nuraini, S., Wahyudi, T., & Prasetya, B. (2023). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 70–81.
Piaget, J. (dalam Sari, D., & Nugroho, T. 2022). Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Guru, 3(2), 10–19.
Prasetyo, R. (2021). Gaya belajar dan motivasi siswa SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 5(1), 44–56.
Pribadi, B. A. (2011). Desain dan Pengembangan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Putri, M., Hidayah, T., & Syamsul, A. (2024). Model pembelajaran berbasis keberagaman. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(3), 25–37.
Rahayu, T. (2024). Pembelajaran interaktif untuk anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 8(1), 19–29.
Rahmawati, I. (2023). Karakteristik siswa sebagai dasar pengembangan kurikulum. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 10(1), 35–47.
Ramadhani, S. (2025). Pendidikan dasar dan tantangan kontemporer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 40–52.
Santrock, J. W. (2023). Child development. Jakarta: Erlangga.
Sari, D., & Nugroho, T. (2022). Perencanaan pembelajaran berbasis peserta didik. Jurnal Profesi Guru, 3(2), 10–19.
Wahyuni, S., Prasetyo, R., & Anwar, L. (2021). Strategi pembelajaran untuk kelas heterogen. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 15–27.
Yunita, S., & Setiawan, A. (2022). Pembelajaran nilai karakter melalui kegiatan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 22–34.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2313
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



