Analisis Pendidikan Karakteristik Siswa di Sekolah Dasar

Mareyke Jessy Tanod, Sri Murni, Ambyah Harjanto, Ridho Agung Juwantara

Abstract


Dalam perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan kemampuan, keterampilan dan kejelian desainer pembelajaran untuk menganalisis situasi dan keadaan tertentu siswanya. Setiap siswa dan kelompok kelas memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda, sehingga perlakuan yang sama terhadap semua siswa dan kelompok kelas justru akan mengakibatkan kurang maksimalnya proses pembelajaran. Oleh karenanya salah satu tahap penting dalam proses perencanaan pembelajaran yang penting adalah melakukan analisis karakteristik siswa. Dimana karakteristik siswa di tingkat sekolah dasar itu berbeda dengan mereka yang berada pada tingkat sekolah menengah. Pola pikir, persepsi dan cara mengatasi masalah yang me– reka tempuh sangat berbeda. Pada masa anak-anak kecenderungan untuk melakukan imitasi kepada seseorang yang diidolakan sangat besar. Sementara para remaja ingin sekali diakui eksistensi mereka sebagai manusia yang utuh, dewasa dan dapat menentukan jalan hidup sendiri. Masa kanak-kanak adalah masa bermain dan belajar. Beban yang berat pada sekolah terkadang mengurangi hak-hak mereka untuk bermain. Sehingga yang terjadi mereka cenderung malas dan bosan pada saat belajar di dalam kelas, karena mereka menghadapi situasi pembelajaran yang nyaris sama. Oleh karenanya dalam tulisan ini akan membahas tentang pentingnya melakukan analisis kemampuan awal siswa dari perkembangan usia, fisik, psikomotorik, akademik, dan sikap. Tahap ini dilakukan untuk menjamin bahwa program pembelajaran yang didesain sesuai dengan profil siswa yang akan menempuh proses pembelajaran.

Keywords


Karakteristik Siswa; Pendidikan Dasar; Perencanaan Pembelajaran.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ananda, R., & Kurniasih, D. (2022). Strategi pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Cruickshank, D. R. (2025). Effective teaching and learning strategies. New York: Pearson.

Farida, N. (2023). Pemanfaatan pendekatan individual dalam pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 33–45.

Fauzi, A., & Nurhayati, L. (2023). Peran karakteristik siswa dalam pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 12–20.

Gardner, H. (dalam Lestari, N., & Pramana, D. 2021). Teori kecerdasan majemuk dan implikasinya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–42.

Hakim, L., & Rosyid, A. (2024). Inklusi dalam pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(3), 55–67.

Hapsari, R. (2023). Desain pembelajaran berbasis karakteristik siswa. Jurnal Guru Cerdas, 10(2), 28–36.

Hartati, S., & Putra, M. (2022). Pembelajaran aktif di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Anak, 4(1), 21–30.

Hidayat, T. (2021). Inovasi pembelajaran berorientasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 43–51.

Kurniawati, Y. (2020). Peran guru dalam pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 60–71.

Kusnadi, A. (2022). Analisis kebutuhan belajar siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 15–26.

Lestari, N., & Pramana, D. (2021). Tantangan pembelajaran di kelas heterogen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–42.

Maulana, A., & Kurniawan, D. (2020). Pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(1), 11–19.

Nuraini, S., Wahyudi, T., & Prasetya, B. (2023). Penggunaan media konkret dalam pembelajaran SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 70–81.

Piaget, J. (dalam Sari, D., & Nugroho, T. 2022). Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Guru, 3(2), 10–19.

Prasetyo, R. (2021). Gaya belajar dan motivasi siswa SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 5(1), 44–56.

Pribadi, B. A. (2011). Desain dan Pengembangan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Putri, M., Hidayah, T., & Syamsul, A. (2024). Model pembelajaran berbasis keberagaman. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(3), 25–37.

Rahayu, T. (2024). Pembelajaran interaktif untuk anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 8(1), 19–29.

Rahmawati, I. (2023). Karakteristik siswa sebagai dasar pengembangan kurikulum. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 10(1), 35–47.

Ramadhani, S. (2025). Pendidikan dasar dan tantangan kontemporer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 40–52.

Santrock, J. W. (2023). Child development. Jakarta: Erlangga.

Sari, D., & Nugroho, T. (2022). Perencanaan pembelajaran berbasis peserta didik. Jurnal Profesi Guru, 3(2), 10–19.

Wahyuni, S., Prasetyo, R., & Anwar, L. (2021). Strategi pembelajaran untuk kelas heterogen. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 15–27.

Yunita, S., & Setiawan, A. (2022). Pembelajaran nilai karakter melalui kegiatan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 22–34.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760