Penerapan Permainan Lempar Bola Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini

Rini Wariska, Iin Maulina, Sudarti Sudarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan lempar bola terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini di TK Pembina Kec.Sungai Ambawang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 anak kelas B. Instrumen penelitian berupa observasi dan tes kemampuan sosial anak usia dini berdasarkan perkembangan anak. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian anak masih dalam tahap perkembangan. Setelah diberi perlakuan melalui permainan lempar bola,terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil posttest, dengan rata-rata nilai meningkat dari 7,0 menjadi 14,75. Hasil uji-t menunjukkan nilai sebesar -21.177>2.44, yang berarti terdapat pengaruh signifikan permainan lempar bola terhadap kemampuan sosial anak. Dengan demikian, penggunaan permainan lempar bola dapat menjadi media yang efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini dan juga permainan lempar bola ini juga dapat menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Kemampuan Sosial; Permainan Lempar Bola.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ananda, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. 2(23), 20–26.

Agustina. (2023). Analisis Perkembangan Kemampuan Sosial Anak di TK Kemala Bhayangkari 1 Palembang, 5547-5554.

Anisa, N., & Sit, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Outdoor Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 7(2), 529–537. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.699

Arif, M., & Sukriadi, S. (2021). Model Belajar Lempar Tangkap Bola Untuk Anak Disabilitas Grahita Ringan Model Learns to Throw anda Catch Ball For Children with Mild Grahita Disabilities. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 63–73.

Karisman, V. A. (2021). Program Outdoor education dalam mengembangkan Sosial Skills Improving Social Skills Through Outdoor education. Journal of Physical and Outdoor Education, 3(2), 194–199.

Kusairi, H. (2021). Penerapan Metode Latihan pada Permainan Outdoor untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar dan Keterampilan Sosial. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 26–35.

Lestari. (2019). Pengaruh permainan lempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok b di ra az-zahrah tempurejo kabupaten jember 1,2. Jecie, 2(2), 74–82.

Nismawati. (2022). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Besar di Kelompok B4 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia Kota Makassar.

Nurasyiah. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397

Nurdin, N. (2022). Pengaruh Bermain Outdoor terhadap Perkembangan Fisik Motorik dan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5819–5826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3226

Panjaitan, E. K., Agama, I., Negeri, K., Agama, I., & Negeri, K. (2023). Pengaruh Kegiatan Lempar Tangkap Bola Terhadap Motorik Kasar Anak Pada Usia 5-6 Tahun di Paud Anugerah GKPI Pearaja Tarutung Rotua Samosir Hisardo Sitorus Lempar tangkap bola merupakan kegiatan bermain yang menggunakan bola sebagai media kegiatan lempar b. 1(3), 195–203.

Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158

Siregar, J., Damaiwaty, D. R., & Lubis, M. S. (2020). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melbourn. Jurnal Usia Dini, 6(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19159

Sudaryanti, S., & Prayitno, P. (2023). Model Pembelajaran Bermain Outdoor Lempar Tangkap Bola untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1973–1985. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4249

Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671

Wahidah, F., & Muniroh, D. (2021). Strategi Peningkatan Motorik Kasar Anak Unsur Kekuatan Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Besar Di RA Darussalam. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53515/cji.2021.2.1.811-820

Yuzila, B. Y., Tahir, M., Astawa, I. M. S., & Astini, B. N. (2023). Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK PGRI 18 Tanjung Luar Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2111–2117. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1701




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760