Penerapan Bermain Peran (Role Play) terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di KB PKK Al-Huda Ngadireso

Muslikhah Muslikhah, Henny Anggraini, Cicilia Ika Rahayunita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan kemampuan bahsa anak usia 3-4 tahun di KB PKK AL-HUDA NGADIRESO. Metode bermain peran merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri melalui dialog dan interaksi sosial dalam konteks permainan yang menyenangkan. Penelitian menggunakan pendekatan PTK kualitatif dengan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi terhadap 13 anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar dan memahami kosakata anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam keberanian berkomunikasi, ekspresi verbal yang lebih jelas, dan kemampuan berinteraksi sosial yang lebih baik. Metod ini terbukti efektif karena menciptakan lingkungan belajar yang alami dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa tertekan dalam proses pembeajaran bahasa. Disimpulkan bahwa bermain peran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Bahasa pada anak usia dini merupakan aspek frunda mental yang mempengaruhi keseluruhan proses pembelajaran dan sosial anak. Anak usia 3-4 tahun berada pada periode kritis perkembangan bahsa dimana mereka mulai mengembangkan kosakata, struktur kalimat, dan kemampuan komunikasi yang kompleks. Pada tahap ini anak emngalami ledakan bahasa (langue exsplosion) dengan penambahan kosa kata hingga 1000-2000 kata dan mulai mampu Menyusun kalimat sederhana. Namun, masih banyak ditemukan anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa, terutama dalam aspek eskpresi dan pemahaman kontekstual. Bermain peran (role play) diidentifikasi sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam merangsang perkembangan bahasa anak karena memberikan konteks nyata dan meaningful untuk praktik berbahasa, sekaligus mengintegrasikan aspek kognitif, dan emosional dalam proses pembelajaran.


Keywords


Role play, language development, early childhood, speaking ability, interactive learning

Full Text:

PDF Turnitin

References


Alghzali, R. D. (2022). Hubungan Kompetensi Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 175. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i2.5782

Arham, M., & Agustang, A. (2021). Perubahan Media Bermain Dan Pergeseran Gaya Hidup Anak Di Lingkungan Bulu Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang.

Arham, M., & Agustang, A. (2021). Perubahan Media Bermain dan Pergeseran Gaya Hidup Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 115–128.

Aulina, C. N. (2015). Pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 59–69.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Christianti, M. (2007). Anak dan bermain. Jurnal Club Prodi PGTK UNY, 1, 3–4.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dewi, A. P., & Lestari, N. (2023). Learning Through Play: Strengthening Vocabulary Development in Preschoolers. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 45–58.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta. Kemampuan Spasial.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Fatonah, S., Lestari, W., Isda, M. N., & Purba, L. (2018). In vitro shoot regeneration of Citrus nobilis Lour. from intact seed and cotyledon explants.

Ginting, M. B. (2018). Membangun pengetahuan anak usia dini melalui permainan konstruktif berdasarkan perspektif teori Piaget. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 159–171.

Hanifah, N., & Syamsudin, R. (2021). Kegiatan Bermain Peran sebagai Upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5(2), 1025–1038.

Hidayat, M., & Nurbaiti, F. (2022). Improving Expressive Language through Dramatic Play Activities. Golden Age Journal, 9(4), 190–201.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2 (1), 62-69.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., Whiren, A. P., & Rupiper, M. L. (2024). Developmentally Appropriate Curriculum: Best Practices in Early Childhood Education. ERIC.

Lincoln, Y. S. (1985). Naturalistic inquiry (Vol. 75). sage.

Marlina, T., Yusuf, S., & Ningsih, D. (2025). Interactive Learning for Language Growth in Preschool Settings. Jurnal Cendekia, 15(1), 12–25.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP. Miles, Quinn dkk. 1984. Managing Human Assets. New York: The Free Press.

Nasution, R., Siregar, D., & Huda, N. (2024). Impact of Role-Play Activities on Preschoolers’ Vocabulary Mastery. Journal of Educational Research, 10(3), 78–90.

Novalina, S., Anwar, K., Maharani, R., Suryani, D., Sari, D., & Hariandi, R. (2024). Language Development and Building Character Early Children through Role Playing Method. Bulletin of Science Education, 4(1), 16–23.

Putri, M., Santoso, A., & Pratama, R. (2024). Play-Based Learning and Communication Development among Early Learners. Journal of Early Childhood Research, 12(2), 87–98.

Rahman, N., Sari, R., & Widjaja, L. (2022). Role Play as a Tool for Enhancing Language and Social Skills in Early Childhood. Early Education Studies, 6(3), 210–222.

Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.

Silalahi, R. M. (2019). Understanding Vygotsky’s zone of proximal development for learning. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 169–186.

Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita. JURNAL TALITAKUM, 2(1), 45–56.

Silitonga, M. (2023). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Talitakum, 2(1), 45–56.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31–37.

Sutianah, D. C., Pd, S., & Pd, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Widodo, H. (2023). Integrating Play-Based Strategies in Early Childhood Education. Jurnal PAUD Kreatif, 7(2), 134–145.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760