Pengembangan Media Ular Tangga Modifikasi Terhadap Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Keywords
References
Andriani, N., Aksa, D. V., & Muhawiyah, S. (2022). Prosiding SEMINALU. Prosiding SEMINALU 2023 Pendatang, (Aziz), 347–352.
Apriyani, N. (2021). Metode bermain dalam pembelajaran anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 126–140.
Azizah, R. N., & Syafi’i, I. (2022). Peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional pada anak usia dini. Jurnal Lentera Anak, 3(4), 53–62.
Benda, M. A. S., Paramata, D. D., & Buhungo, T. J. (2022). Kajian etnobotani tanaman singkong yang berpotensi sebagai obat oleh masyarakat Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Fisika UNDHIKSHA, 12(2), 211–217.
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan modul praktikum teknik digital model ADDIE. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 8(1), 17.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan media audio visual berbasis kearifan budaya lokal pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602.
Educatio, J., Izati, N. R., Alfi, C., Fatih, M., & Ulama, U. N. (2024). Pengembangan media ular tangga numerasi (ULTANUM) materi penjumlahan pengurangan di SD. Educatio, 10(4), 1415–1420.
Fadliansyah, F., & Primagraha, U. (2022). Studi literatur: Dampak permainan ular tangga terhadap emosi siswa sekolah dasar. Jurnal UPG, 3(1), 41–51.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880.
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang alat permainan edukatif (APE) di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 10(1), 6.
Hulwani, A. Z., & Yuhana, Y. (2024). Pengembangan instrumen tes matematika berbasis higher order thinking skills (HOTS) untuk siswa SMP. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(2), 1074–1081.
Indah, P. A., Dewi, D. P., & Supartin, S. (2023). Analisis kepraktisan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan media iSpring Suite pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 46–53.
Kasihyana, F., Sari, I., & Wilandari, A. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli UC dalam game PUBG Mobile di region Jabodetabek. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3791–3802.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Standar kompetensi lulusan pendidikan PAUD, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Marisa, Y. A., Arif, N., & Aam, K. (2023). Perkembangan perilaku prososial anak usia dini melalui permainan ular tangga. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 33–44.
Marlinah, M., & Priyanti, N. Y. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan ular tangga pada kelompok B di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4135–4142.
Mayangsari, A. P., & Astuti, D. F. E. P. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga raksasa terhadap kepercayaan diri anak usia dini 5–6 tahun di RA Modern Asshofwan Klari Karawang. Al-Irsyad, 105(2), 79.
Mujtahidin, S., Hardianti, F., & Rachman, S. A. (2024). Peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga pada anak usia dini. Berajah Journal, 4(3), 503–510.
Rahman, N. (2023). Analisis permainan tradisional ular tangga untuk stimulasi perkembangan sosial emosional anak kelompok B di PAUD Anak Bangsa Terpadu Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9, 356–363.
Nurhayati, S., Zarkasih, P. K., & Hayati, S. N. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–13.
Paramita, R., Hasani, S., & Pratama, G. J. (2021). Pengaruh penggunaan metode bermain terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik di Pos PAUD Cempaka Mandalare Ciamis. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 64–76.
Putri, M. A. K., Nuroso, H., Purnamasari, I., & Kusniati, S. (2023). Analisis perkembangan sosial emosional peserta didik kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1208–1216.
Putri, N., Junaidi, E., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi sifat koligatif larutan di masa pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 5(1), 45–51.
Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan permainan tradisional bakiak ular tangga untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Golden Age, 5(2), 1–14.
Sabila, S., M, K. N. N., Ayunda, S. S., & Khasanah, N. (2021). Pengaplikasian game edukasi (ular tangga) untuk meningkatkan konsentrasi terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI, 499–518.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan media ajar lubang hitam menggunakan model pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119.
Shelemo, A. A. (2023). Pengembangan media permainan ular tangga berbantuan flash card dalam mengenal kosakata siswa kelas I UPT SDN 68 Gresik. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sudaryanti, S., Prayitno, P., Arifiyanti, N., & Maharani, O. (2024). Pengembangan kemampuan motorik dan sosial emosional anak usia dini menggunakan permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 114–125.
Sugiwati. (2012). Metode bermain ular tangga untuk meningkatkan perkembangan kognitif kelompok A di TK Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut-Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–6.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen mutu dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29.
Wijoyo, H. (2022). Analisis teknik wawancara (pengertian wawancara, bentuk-bentuk pertanyaan wawancara) dalam penelitian kualitatif bagi mahasiswa teologi dengan tema pekabaran injil melalui penerjemahan Alkitab. Academia.edu, 1–10.
Yaswinda, & Gusmarni. (2022). Analisis Permendikbud Nomor 137 dan 146 dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 17(2), 70–76.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2324
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



