Peningkatan kemampuan sosial melalui media pasir kinetik pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Saroi Cemerlang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sosial melalui media pasir kinetik pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Saroi Cemerlang. Berdasarkan observasi langsung yang dilakukan peneliti di TK Islam Saroi Cemerlang, terlihat permasalah yang muncul adalah kurangnya perkembangan kemampuan sosial pada anak usia 5-6 tahun yang belum mampu mengembangkan aspek sikap prososial seperti berinteraks secara baik dengan oarng lain (orang dewasa atau teman sebaya) seperti kemampuan berkomunikasi yang kurang baik. Perlunya menanamkan rasa empati dan tolerasi terhadap teman sebaya atau orang dewasa (guru). Selain itu, keterbatasan menyalurkan kreativitas yang ada pada diri anak. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan media pasir kinetik dalam meningkatkan kemampuan sosial pada anak usia 5-6 tahun. Pada penelitian ini menggunakan metode penilitia tindakan kelas (PTK). Hasil belajar yang terlihat dari kedua siklus ini adalah adanya peningkatan kemampuan sosial anak. Hal ini ditunjukan pada hasil perbandingan antara siklus I dan siklus II. Keberhasilan perbaikan ini dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I sebesar 38,1%, kemampuan sosial berkembang sesuai harapan namun belum mencapai indikator yang diharapkan dan pada silus II sebesar 80,6 %, kemampuan sosial berkembang sangat baik dan telah mencapai indikator yang diharpkan. Dengan demikian terjadi kenaikan 42,5% dari siklus I hingga siklus II.
Keywords
anak usia dini, kemampuan sosial, pasir kinetik
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2328
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



