Pembatasan Penggunaan Gadget untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak
Abstract
Keywords
References
Aisyah Amalia Khoirul Amini, Nailul Azizah, Siti Salwa, & Fidrayani Fidrayani. (2024). Meta Analisis Pengaruh Pola Asuh Dalam Memberikan Gadget Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.1081
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Apriani, H., Sumardi, & Elan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4406–4416. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3737
Chaiirunissa, D. A., Putri, D. Y. T., & Herlambang, M. T. (2024). Strategi Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Anak Dalam Tinjauan Filsafat Teknologi. Journal of Global and Multidisciplinary, 2, 910–920. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/234
Dwi Lestari, G., & Hardian Deotama, F. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di PG/TK Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. J+Plus Unesa, 10(1), 408–418. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/44252
Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131
Ulfa, M., Muntomimah, S., & Wijayanti, R. (2024). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia. 32.
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Juraidah Juraidah, Nayla Rizka Irwani, Nurhayati Nurhayati, Rapiqah Hayati, Yasmina Fajri, Hairani Ananda Putri6, & Khadijah Khadijah. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Gadget. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 45–52. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1333
Kamalia1, N., Adawiyah2, R., Ahmad, I., & Probolinggo, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 2). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/10884
Karimaturriza, & Fadhillah, N. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Asghar : Journal of Children Studies, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5765
Listianingsih, D., & Supriyadi. (2024). Pengaruh Intensitas Pemakaian Gawai terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 2426–1432. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.933
Lusiana Sinambela, J., & Simanjuntak, M. (2025). Strategi Mengatasi Dampak Negatif Kebiasaan Penggunaan Gadget. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1395
Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) di SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 166–177. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1238
Mahendra, J. P. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 214–219. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.362
Muawanah, R. A., Nihwan, N., Umam, A. K., & Fitri, R. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di PAUD PGRI 15 A Iringmulyo Kota Metro. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 42–49. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.4744
Nabila Salsabina Itha Ishmah Aurora, Arum Meiranny, & Endang Susilowati. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 768–777. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4940
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2022). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31–47. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.48
Oktilenia Thalia, Z. (2024). Pengaruh Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 357–365. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.544
Putra, B. J. (2022). Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun (Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum Dan Humaniora, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36
Putri, A., & Khadijah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 364–373. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.677
Rahayu, R., Maba, A. P., & Ariyati, I. (2025). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(3), 110–119. https://doi.org/10.51214/bip.v3i3.1015
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385
Rawanita, M., & Mardhiah, A. (2024). Strategi Orang Tua dalam Mengelola Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Gampong Tanjung Deah Darussalam. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–294. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.152
Rizaldi, I., Surya Adikara, F., & Susiloningsih, E. (2024). Analisis Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 4(3). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/1186
Rizkia Ramadhania Nurbani, & Esya Anesty Mashudi. (2023). Ketergantungan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(2), 100–105. https://doi.org/10.51529/ijiece.v8i2.503
Rohmayani, M. A. (2022). Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 87–91. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3832
Sugiarti, Y., & Andyanto, H. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051
Syahreni Yenti. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2238
Yuyuk, Y., Waridah, W., & Kartini, K. (2023). Upaya Orang Tua Dalam Mengatasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1027
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2330
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



