Pembatasan Penggunaan Gadget untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak

Tri Istikomah, Siti Munthomimah, Choirul Huda

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK), model Kemis dan Mc Taggart, ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas B2 sejumlah 16 anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak di TKMNU 8 Darussalam Sitirejo Wagir terdiri dari dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif penggunaan gadget yaitu meningkatkan kemampuan anak dalam mengakses informasi dan pengetahuan. Sedangkan dampak negatif penggunaan gadget yaitu anak lebih mudah marah, susah diatur, disiplin anak berkurang dan tidak mau bersosialisasi, dilakukan dengan memberikan buku kegiatan yang berbasis keluarga untuk siklus 1 dengan tema malam tanpa gadged. Untuk siklus 2 diberikan buku kegiatan berbasis keluarga dengan tema aku senang tanpa gadget. Setelah dilakukan  strategi pembatasan penggunaan gadget terdapat perubahan sosial emosional anak yakni kemampuan sosial emosional anak mulai ada peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Kompetensi Dasar anak memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama dengan indikator perilaku anak yang bisa menerima perbedaan teman dengan dirinya, pada pra tindakan sebesar31,25%. Setelah tidakan siklus 1 meningkat menjadi 40,63%. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 68,75%. Hal ini menunjukkkan bahwa sosial emosional anak (77,08%) sudah melebihi indikator.

Keywords


Anak Usia Dini; Gawai; Sosial Emosional

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aisyah Amalia Khoirul Amini, Nailul Azizah, Siti Salwa, & Fidrayani Fidrayani. (2024). Meta Analisis Pengaruh Pola Asuh Dalam Memberikan Gadget Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.1081

Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933

Apriani, H., Sumardi, & Elan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4406–4416. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3737

Chaiirunissa, D. A., Putri, D. Y. T., & Herlambang, M. T. (2024). Strategi Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Anak Dalam Tinjauan Filsafat Teknologi. Journal of Global and Multidisciplinary, 2, 910–920. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/234

Dwi Lestari, G., & Hardian Deotama, F. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di PG/TK Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. J+Plus Unesa, 10(1), 408–418. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/44252

Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Ulfa, M., Muntomimah, S., & Wijayanti, R. (2024). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia. 32.

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Juraidah Juraidah, Nayla Rizka Irwani, Nurhayati Nurhayati, Rapiqah Hayati, Yasmina Fajri, Hairani Ananda Putri6, & Khadijah Khadijah. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Gadget. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 45–52. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1333

Kamalia1, N., Adawiyah2, R., Ahmad, I., & Probolinggo, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 2). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/10884

Karimaturriza, & Fadhillah, N. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Asghar : Journal of Children Studies, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5765

Listianingsih, D., & Supriyadi. (2024). Pengaruh Intensitas Pemakaian Gawai terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 2426–1432. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.933

Lusiana Sinambela, J., & Simanjuntak, M. (2025). Strategi Mengatasi Dampak Negatif Kebiasaan Penggunaan Gadget. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1395

Magdalena, I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) di SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 166–177. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1238

Mahendra, J. P. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 214–219. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.362

Muawanah, R. A., Nihwan, N., Umam, A. K., & Fitri, R. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di PAUD PGRI 15 A Iringmulyo Kota Metro. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 42–49. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.4744

Nabila Salsabina Itha Ishmah Aurora, Arum Meiranny, & Endang Susilowati. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 768–777. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4940

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2022). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31–47. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.48

Oktilenia Thalia, Z. (2024). Pengaruh Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 357–365. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.544

Putra, B. J. (2022). Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun (Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum Dan Humaniora, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36

Putri, A., & Khadijah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 364–373. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.677

Rahayu, R., Maba, A. P., & Ariyati, I. (2025). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(3), 110–119. https://doi.org/10.51214/bip.v3i3.1015

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75

Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis Teori Hierarki of Needs Abraham Maslow Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385

Rawanita, M., & Mardhiah, A. (2024). Strategi Orang Tua dalam Mengelola Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Gampong Tanjung Deah Darussalam. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–294. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.152

Rizaldi, I., Surya Adikara, F., & Susiloningsih, E. (2024). Analisis Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 4(3). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/1186

Rizkia Ramadhania Nurbani, & Esya Anesty Mashudi. (2023). Ketergantungan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(2), 100–105. https://doi.org/10.51529/ijiece.v8i2.503

Rohmayani, M. A. (2022). Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 87–91. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3832

Sugiarti, Y., & Andyanto, H. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051

Syahreni Yenti. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2238

Yuyuk, Y., Waridah, W., & Kartini, K. (2023). Upaya Orang Tua Dalam Mengatasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–20. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1027




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760