Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Cerita Rakyat di PAUD Dharul Hikmah

Wiwik Ning Hendri, Moch. Ramli Akbar, Henni Anggraini

Abstract


Penelitian ini berguna untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita berbasis cerita rakyat di PAUD Dharul Hikmah. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Maka penelitian dilakukan dalam tiga siklus,  masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa PAUD Dharul Hikmah berusia 4–5 tahun berjumlah 16 anak. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan unjuk kerja perkembangan bahasa dengan indikator sesuai capaian perkembangan bahasa dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 dan Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian unjuk kerja. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita menggunakan cerita rakyat, disertai properti visual, pengeras suara, dan gaya cerita yang ekspresif serta teatrikal, mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak. Mereka menjadi lebih fokus, aktif bertanya dan menjawab, serta mampu menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa mereka sendiri. Dengan demikian, metode bercerita berbasis cerita rakyat terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Cerita Rakyat; Perkembangan Bahasa

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afriyanti, Ira., Somadayo, Samsu., Hadi, Darmawati. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Jurnal Pedagogik, 7(2), 1-12. https://doi.org/10.33387/pedagogik.v7i2.2684

Amalia, Eka Rizki., Rahmawati, Amalia., Farida, Salma. 2019. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Anggriani, Fitria., et al. (2024). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Devianty, Rina. 2017. Bahasa sebagai Cermin Kebudayaan.Tarbiyah: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 24 (2), 226-245. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167

Didipu, Herman., Masie, Sitti Rachmi.2020. Sastra Anak: Apresiasi, Kajian dan Pembelajarannya. Gorontalo: Ideas Publishing

Hartinah, Titin Fatimah Sri., Kurniati, Weni dan Novianto, Erik. (2023). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita di Lembaga PAUD. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (02), 391-400. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/download/1717/1217

Hasim, Evi. (2018). Perkembangan Bahasa Anak. Pedagogika, 9 (2), 195-206. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krissandi, Apri Damai Sagita., et al. 2018. Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Yogyakarta: Bakul Buku Indonesia

Lubis, Hilda Zahra. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2), 2338-2163. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277

Maghfiroh, Shofia., Suryana, Dadan. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3882185

Moeslihatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, Gita. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7

Prihanjani, N. L., Wirya, I. N., & Tirtayani, L. A. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7

Ratnasari, S. (2017). Penerapan Metode Bercerita terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan. Online http://repository.radenintan.ac.id/899/1/SEPTIA.pdf

Rusniah. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini melalui Penggunaan Metode Bercerita pada Kelompok A di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (1), 114-130. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445

Suhendro, Eko., Syaefudin. (2020). Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 1-12. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3430

Suryana, Dadan. (2014). Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Yuniarni, Desni. (2016). Peran PAUD dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F. ., & Fatini, A. . (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. Preeschool: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760