Augmented Reality sebagai Inovasi Pembelajaran Fisik Anak Usia Dini

Clhora Meiroati, Cahniyo Wijaya Kuswanto

Abstract


Latar belakang kajian ini didasarkan pada minimnya penguasaan gerakan motorik kasar anak yang berasal dari kurangnya stimulasi yang memikat serta media pembelajaran yang belum interaktif dan kontekstual. Studi ini berfokus untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media AR terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar anak usia dini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang mencakup dua kelompok, yakni kelompok perlakuan memanfaatkan media AR dan kelompok pembanding yang menerapkan pendekatan konvensional. Subjek penelitian adalah anak-anak kelas A1 dan A2 di RA Ismaria Al-Quranniyyah Rajabasa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi yang difokuskan pada indikator gerakan motorik kasar pada tahap usia 4 sampai 5 tahun. Metode pengolahan data meliputi pengujian normalitas menggunakan metode Shapiro-Wilk, uji homogenitas dengan Levene’s Test, dan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Temuan menunjukkan skor rata-rata posttest kelompok perlakuan 92,11 dan kontrol 47,19. Nilai signifikansi t-test 0,000 lebih rendah dari 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah teknologi augmented reality berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar usia dini dan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam proses pembelajaran yang lebih menyenagkan dan efektif dilembaga pendidikan anak usia dini.

Keywords


Augmented Reality; Media Interaktif, Motorik Kasar

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adam, G., Divan, S., Graciela, E., & Taran, M. (2024). Analisis Prioritas Stimulasi Motorik Halus dan Kasar Dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Penyebab dan Implikasi. 3(4).

Amalia, B., Siahaan, J. M., Pratiwi, E., & ... (2023). Pengenalan metode permainan motorik kasar anak pada guru TK di Banjarmasin. MADDANA: Jurnal …, 3(2), 45–48. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/article/view/7410

Apriloka, D. V. (2020). Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis Kelamin. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 61–67. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8106

Aruna, A., Muanam, K., Purnomo, P., & Soepriyanto, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Playmat Interaktif Audio Visual sebagai Stimulasi Motorik Kasar pada Anak Usia Dini TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. Journal on Education, 6(4), 19177–19187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5918

Asim Ghazi, M., Marzouk Fathy Marzouk, A., & Mohamed Abouelfadel, B. (2023). The Effect of Augmented Reality (AR) on Improving the Educational Process for Some Basic Skills in Physical Education. International Journal of Intelligent Information Systems, 12(3), 49–53. https://doi.org/10.11648/j.ijiis.20231203.12

Berliana Zaira, N., & Marlina, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual untuk Menstimulasi Motorik Kasar melalui Gerakan Sholat pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 14 Ampang Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3791–3797. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6241

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). HIGHER EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY: A Step-by-Step Guide to the Research Process. Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process, 1–140. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Erina Dianti. (2024). Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini (Paud) Melalui Gerak Dan Lagu. Pernik, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15897

Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6890–6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

H, S. R. A. (2024). Penggunaan Media Game Edukasi “ Let ’ s move ” Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 01(02), 20–25.

Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. Tsaqofah, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325

Heti Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiah, A. S. (2021). Jurnal pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128–135. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue February).

Izzati, I. (2019). Stimulation of Gross Motor Development in Early Childhood. 382(Icet), 407–409. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.102

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). 415-1500-1-Pb. 2.

Kim, Y. J. (2020). Tracking dynamics between digital design agencies and clients of hybrid outsourcing in the double diamond website development process. Archives of Design Research, 33(1), 17–35. https://doi.org/10.15187/adr.2020.02.33.1.17

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Malik, M., Fachrezzy, F., & Sujarwo, S. (2023). Analisis Gerak Dasar Berbasis Audio Visual Pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 41–47. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7100

Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356

Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701

Oktiningrum, M. (2021). Literatur Review : Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. Call for Paper Seminar Nasional Kebidanan, 188–195.

Palangka Raya, U., & Septian Yudhistira, A. (2021). Media Pembelajaran Mengenal Olahraga Bola dengan Menerapkan Augmented Reality (AR) Samuel Septa Munthe. July. https://www.researchgate.net/publication/352976752

Pérez-Muñoz, S., Castaño Calle, R., Morales Campo, P. T., & Rodríguez-Cayetano, A. (2024). A Systematic Review of the Use and Effect of Virtual Reality, Augmented Reality and Mixed Reality in Physical Education. Information (Switzerland), 15(9). https://doi.org/10.3390/info15090582

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182

Rochmah, N. L., Martono, S., & Yuan Yurisma, D. (2024). Perancangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality Sejarah Trowulan Untuk Anak Sekolah. CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.664

Sola, M. E., Oka, G. P. A., & Ngura, E. T. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Gerak Dan Tari Kearifan Lokal Ngada Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk St. Skolastika Mataia. Jurnal Citra Pendidikan, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i1.169

Suradin, A., & Wahyuningsih, E. T. (2023). Perkembangan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Pendahuluan Pengertian aAnak Usia Dini. Pendidikan Dan Agama Islam, 6(1), 44–60. http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/saliha/article/view/523

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers and Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024

Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25–30.

Yusup, A, H., Azizah, A., Reejeki, Endang, S., & Meliza, S. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Zulnadila, Z., Sumaryanti, S., Suhartini, B., & Budiyanti, E. S. (2024). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Terhadap Pembelajaran Jasmani Anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 437–444. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1644




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760