Augmented Reality sebagai Inovasi Pembelajaran Fisik Anak Usia Dini
Abstract
Keywords
References
Adam, G., Divan, S., Graciela, E., & Taran, M. (2024). Analisis Prioritas Stimulasi Motorik Halus dan Kasar Dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Penyebab dan Implikasi. 3(4).
Amalia, B., Siahaan, J. M., Pratiwi, E., & ... (2023). Pengenalan metode permainan motorik kasar anak pada guru TK di Banjarmasin. MADDANA: Jurnal …, 3(2), 45–48. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/article/view/7410
Apriloka, D. V. (2020). Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis Kelamin. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 61–67. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8106
Aruna, A., Muanam, K., Purnomo, P., & Soepriyanto, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Playmat Interaktif Audio Visual sebagai Stimulasi Motorik Kasar pada Anak Usia Dini TK Laboratorium Universitas Negeri Malang. Journal on Education, 6(4), 19177–19187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5918
Asim Ghazi, M., Marzouk Fathy Marzouk, A., & Mohamed Abouelfadel, B. (2023). The Effect of Augmented Reality (AR) on Improving the Educational Process for Some Basic Skills in Physical Education. International Journal of Intelligent Information Systems, 12(3), 49–53. https://doi.org/10.11648/j.ijiis.20231203.12
Berliana Zaira, N., & Marlina, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual untuk Menstimulasi Motorik Kasar melalui Gerakan Sholat pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 14 Ampang Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3791–3797. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6241
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). HIGHER EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY: A Step-by-Step Guide to the Research Process. Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process, 1–140. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Erina Dianti. (2024). Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini (Paud) Melalui Gerak Dan Lagu. Pernik, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15897
Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6890–6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
H, S. R. A. (2024). Penggunaan Media Game Edukasi “ Let ’ s move ” Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 01(02), 20–25.
Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2023). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. Tsaqofah, 4(2), 576–586. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2325
Heti Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiah, A. S. (2021). Jurnal pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 128–135. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20
Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue February).
Izzati, I. (2019). Stimulation of Gross Motor Development in Early Childhood. 382(Icet), 407–409. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.102
Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). 415-1500-1-Pb. 2.
Kim, Y. J. (2020). Tracking dynamics between digital design agencies and clients of hybrid outsourcing in the double diamond website development process. Archives of Design Research, 33(1), 17–35. https://doi.org/10.15187/adr.2020.02.33.1.17
MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Malik, M., Fachrezzy, F., & Sujarwo, S. (2023). Analisis Gerak Dasar Berbasis Audio Visual Pada Anak Usia 8 Tahun. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 41–47. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7100
Nurazka, R. A., Fitriasari, N. S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pengembangan Aplikasi Giat Bergerak sebagai Desain Pembelajaran Abad 21 bagi Anak Usia 4-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.356
Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701
Oktiningrum, M. (2021). Literatur Review : Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. Call for Paper Seminar Nasional Kebidanan, 188–195.
Palangka Raya, U., & Septian Yudhistira, A. (2021). Media Pembelajaran Mengenal Olahraga Bola dengan Menerapkan Augmented Reality (AR) Samuel Septa Munthe. July. https://www.researchgate.net/publication/352976752
Pérez-Muñoz, S., Castaño Calle, R., Morales Campo, P. T., & Rodríguez-Cayetano, A. (2024). A Systematic Review of the Use and Effect of Virtual Reality, Augmented Reality and Mixed Reality in Physical Education. Information (Switzerland), 15(9). https://doi.org/10.3390/info15090582
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182
Rochmah, N. L., Martono, S., & Yuan Yurisma, D. (2024). Perancangan Media Interaktif Berbasis Augmented Reality Sejarah Trowulan Untuk Anak Sekolah. CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.37802/candrarupa.v3i1.664
Sola, M. E., Oka, G. P. A., & Ngura, E. T. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Gerak Dan Tari Kearifan Lokal Ngada Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tkk St. Skolastika Mataia. Jurnal Citra Pendidikan, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i1.169
Suradin, A., & Wahyuningsih, E. T. (2023). Perkembangan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Pendahuluan Pengertian aAnak Usia Dini. Pendidikan Dan Agama Islam, 6(1), 44–60. http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/saliha/article/view/523
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers and Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024
Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25–30.
Yusup, A, H., Azizah, A., Reejeki, Endang, S., & Meliza, S. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Zulnadila, Z., Sumaryanti, S., Suhartini, B., & Budiyanti, E. S. (2024). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Terhadap Pembelajaran Jasmani Anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 437–444. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1644
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2339
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



