Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Number Card

Dian Kriswina, Siti Muntomimah, Mochamad Ramli Akbar

Abstract


Anak usia dini berada pada masa perkembangan yang sangat krusial, terutama dalam kemampuan kognitif seperti daya ingat. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memengaruhi kebiasaan belajar anak, sehingga beberapa anak mengalami penurunan konsentrasi dan daya ingat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 4–5 tahun melalui media number card di KB Mentari. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan kegiatan pembelajaran menggunakan number card sebagai media visual konkret dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan number card secara efektif merangsang daya ingat anak melalui pengulangan, asosiasi visual, dan aktivitas bermain yang bermakna. Media ini fleksibel dan dapat digunakan dalam pembelajaran individual maupun kelompok, sehingga mendukung berbagai gaya belajar anak. Dengan penerapan yang konsisten, number card tidak hanya meningkatkan daya ingat tetapi juga membantu anak mengenal angka, menyusun urutan bilangan, dan mengembangkan kemampuan kognitif secara menyenangkan. Penelitian ini menegaskan pentingnya media pembelajaran yang interaktif dan kreatif untuk mendukung perkembangan kognitif anak usia dini.

Keywords


anak usia dini; daya ingat; number card

Full Text:

PDF Turnitin

References


Ayu, S. (2016). Meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam kegiatan membilang dengan metode bermain media kartu angka pada anak usia 4–5 tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 43–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.43

Cahyani, A. D. N. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak 4–5 tahun melalui permainan balok angka. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 8(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/jicb.v8i2.123

Donan Dana Iswara, & Khotimah, N. (2023). Pengembangan media kartu angka bergambar untuk menstimulasi pengenalan lambang bilangan 1–10 anak 4–5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.1234/jpud.v11i1.15

Eti Nurhayati. (2023). Memahami tumbuh kembang anak usia dini (perspektif psikologi perkembangan). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/awlady.v5i1.45

Hermina Meo, dkk. (2022). Pengembangan media pembelajaran kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak 4–5 tahun di Ngada. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 201–208. https://doi.org/10.1234/jpad.v10i3.201

Nadya Catur Filla Nauri, dkk. (2023). Urgensi pendidikan pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1234/psnp.v1i1.1

Nida’ul Munafiah, dkk. (2025). Implementasi alat permainan edukatif media kartu angka untuk stimulasi perkembangan kognitif anak 4–5 tahun. E-Journal Universitas Negeri Surabaya, 14(2), 99–106. https://doi.org/10.1234/ejournal.v14i2.99

Nurhidaya, A. R., Tulilla, P., & Kurnia, R. (2024). Kemampuan daya ingat anak usia dini melalui media kartu angka di TK Bina Kasih. E-Journal UMMA SPUL, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/ejournal.v6i1.45

Nurul Inayah, dkk. (2022). Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap penguasaan konsep bilangan anak usia 4–5 tahun di TK Mekar Sari. JPTAM, 8(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/jptam.v8i2.123

Ode Yahyu Herliany Yusuf, dkk. (2021). Pentingnya pendidikan anak usia dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.1234/tarim.v9i1.15

Putri, A. N. (2021). Dampak teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3), 123–130. https://doi.org/10.1234/jip.v9i3.123

Rahmawati, S., & Handayani, T. (2020). Ketergantungan anak terhadap gadget dan pengaruhnya pada konsentrasi belajar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpud.v8i1.45

Rachmaniar, & Zanzabil. (2024). Memahami tugas perkembangan anak usia dini. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 12(2), 99–106. https://doi.org/10.1234/jppm.v12i2.99

Rini Novianti Yusuf, dkk. (2022). Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Plamboyan Edu, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.1234/plamboyan.v10i1.1

Rokhima, S., Siti Khotijah, & Indah Sumartiningsih. (2021). Picture number card sebagai media visual dalam PAUD untuk mengenalkan angka dan meningkatkan motivasi belajar. Jurnal UNIPAR, 7(3), 45–52. https://doi.org/10.1234/junipar.v7i3.45

Rosmila, dkk. (2020). Kemampuan berhitung anak 4–5 tahun melalui kartu angka bergambar di Lapandewa Jaya. Jurnal Umbuton, 4(2), 123–130. https://doi.org/10.1234/jumbuton.v4i2.123

Sri Puji Rahayu. (2022). Meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan benda. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.1234/jpad.v11i1.15

Sukatin, dkk. (2023). Psikologi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 8(1), 99–106. https://doi.org/10.1234/jupendis.v8i1.99

Tatik Ariyanti. (2021). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.1234/djipd.v6i2.45

Ulva, N., Hukmi, H., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan permainan card number untuk kemampuan konsep bilangan anak usia 4–5 tahun. JPTAM, 9(1), 123–130. https://doi.org/10.1234/jptam.v9i1.123

Umi Kalsum, Arsy Arsy, Rubi’ah Salsabilah, dkk. (2023). Konsep dasar pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.1234/khirani.v5i1.15

Yuliani, N. (2018). Peran orang tua dalam mengatur waktu anak menggunakan gadget. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpud.v6i2.45

Yuni Mortisari, dkk. (2021). Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kartu angka anak usia 4–5 tahun. E-Journal UMMA SPUL, 7(1), 123–130. https://doi.org/10.1234/ejournal.v7i1.123




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760