Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Keywords
References
Adnan, Y., & Yusrizal, N. (2024). Efektivitas manajemen kesiswaan pada SMP Negeri 3 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(4), 229–234. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/9362
Ainun Ma’rifah, A., Salamah, K., Handani, L. A., A’yuni, Q., & Hidayat, R. (2023). Manajemen layanan koperasi dan kantin/kafetaria di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Rambipuji. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 2(1), 180–196. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i1.591
Akbar, T., Syahnan, H., Tanjung, M. S., & Murtafiah. (2023). Manajemen hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat. Jurnal Multilingual, 3(4), 381–387. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/multilingual/article/view/586
Ardiansyah, D. (2018). Manajemen berbasis sekolah. Direktur Pembinaan SMA.
Ariska, R. S. (2017). Manajemen kesiswaan. Manajer Pendidikan, 9(6), 828–836. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/issue/view/217
Arismunandar, A., Syahruddin, H., & Akib, H. (2015). Manajemen berbasis sekolah. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Basirun, A., Ajepri, F., & Anwar, K. (2022). Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(1), 14–19. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i01.172
Dwi Ratnasari, D., Putri, O. K., Ulfa, H., & Hifayat, R. (2023). Manajemen layanan khusus Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MI Al-Fattah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.187
Efrida, I. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Buah Hati, 5(2), 102–110. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i2.571
Ginanjar, M. H., Rahman, R., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 103–118. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693
Gita Irawanda, M. B. (2020). Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SMK Negeri Makassar. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i1.8728
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Indriana, H., & Nurhasanah, D. (2024). Implementasi manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Taman Baru 1 Kota Cilegon. Technical and Vocational Education International Journal, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.602
Hilman, U., & Wahyudin, S. (2023). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 3–8.
Imarotuz Zuhroh, I., Pratama, A. I., Khairrina, K., & Rochmat, N. (2023). Peran layanan khusus asrama sebagai penguat manajemen mutu pendidikan di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah 1 Weleri. Epsilon: Journal of Management, 1(2), 10–24.
Imron, H. A., & Radiana, U. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4), 1–16. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5169
Jasuli, J. (2023). Peran guru dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.2288
Jumari. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan, 2(2), 164–178.
Kempa, R., Sohilait, D., & Pendidikan, S. A. (2023). Peningkatan kapasitas guru berbasis manajemen. German Fur Gesellschaft, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.9-14
Lutfiyah, B., Fauzan, A., Junaidah, J., Masayu, S., Wuryan, S., & Anwar, M. S. (2023). Manajemen sarana prasarana pendidikan dalam meningkatkan kepuasan civitas akademika MI Roudlotul Huda Lampung Tengah. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(1), 118–134. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i1.543
Mahanum. (2021). Tinjauan kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Makmur Jaya, Evanirosa, & Marlina. (2021). Implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.137
Marlina, S. (2023). Manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan prestasi akademik di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Prosiding Dewantara, 1(1).
Mayasari, R., & Mayasari, R. (2018). Manajemen keuangan dan pembiayaan. Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.482
Melianti, E. O., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1007–1013. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.295
Mukhlisoh, M. (2018). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941
Mulyasa, E. (2015). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi (Ed. revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono, P., & Haryati, T. (2023). Konsep dan penerapan fungsi manajemen pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1), 82–91.
Munafiah, N., & L. L. (2023). Early childhood formal education institutions in Indonesia: Getting to know Kindergarten (TK), Aisyiah Busthanul Athfal (ABA) and Raudhatul Athfal (RA). Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–81. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1242
Mutia Adiva, M. S. S., Setiawati, M., & Susanto, B. H. (2025). Strategi efektif dalam manajemen kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 11092–11906.
Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Nasrudin, M. (2018). Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(1), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nurdin, S., Kosim, M., & Tabrani, T. (2023). Perencanaan kurikulum dan pembelajaran. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3741
Nurhasanah, R., & F. D. (2019). Pengembangan lembaga PAUD melalui implementasi manajemen berbasis sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 800–815.
Nurul Fauzani Rosyida, N., Septiyaningtiyas, H. D., Sukma, I., Utami, R. I., Muzakkiyah, D. F., & Susanto, B. H. (2024). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat. Journal Innovation in Education, 2(3), 118–132. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1373
Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. Jurnal Educath, 3(1), 17. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984
Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2024). Relevansi kurikulum dan pembelajaran dalam pendidikan. Dharmas Education Journal, 4(1), 108–118. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925
Rahmah, A. A. T., Salsabila, S., Rahayu, D. S., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat di Cipta Kreatif Bangsa (CKB) Playgroup. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i03.215
Ritman, H., & Turrahmi, M. (2022). Education special services management. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 1–14. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.75
Rivai, V., & Murni, S. (2018). Education management: Analisis teori dan praktik. Rajawali Press.
Rohiat. (2015). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik (Cet. ke-2). PT Refika Aditama.
Sagala, S. (2017). Manajemen berbasis sekolah dan masyarakat: Strategi memenangkan persaingan mutu. Nimas Multimas.
Safriadi. (2016). Manajemen pembiayaan berbasis sekolah. Intelektualita, 4(2), 119–134.
Sihombing, A., Naibaho, A. A., Pauliana, G., Nainggolan, R. S., & Yuniastuti, E. (2024). Analisis pengaruh manajemen layanan khusus dalam mendukung pembelajaran peserta didik di SMA PAB 1 Medan Estate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28229–28234.
Siti Mariska, S. S. (2023). Penerapan teori manajemen Henri Fayol untuk menjalankan bisnis. Jurnal Manajemen Strategis, 1(1), 9–16.
Solechan, S., & Abdullah, A. (2022). Manajemen kesiswaan dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Primaganda Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.599
Suharni, S. (2019). Manajemen pendidikan anak usia dini pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5
Syahputra, M. R., & Herviana, H. (2021). Implementasi manajemen tenaga kependidikan di MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung. Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa, 1, 1–14.
Syifa Nurfajriah, S., & Prihantini, K. (2021). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Kreatif: Kependidikan Dasar, 11(2), 137–144.
Syaifuddin, M., Rachman, A., & Hartono, H. (2017). Manajemen berbasis sekolah. Depdiknas.
Toha Ma’sum. (2018). Konsep pendidikan anak usia dini. Al Intizam, 1(2), 38–68.
Ulin Ni’am, Barowi, & Moh Nasuka, M. (2020). Manajemen ketenagaan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 9–23. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i1.1278
Virskya, A. F., Cahyaningrum, E. N., Septiyani, L., Pradina, N. R., & Susanto, B. H. (2024). Pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(3), 580–591.
Wahyudi. (2010). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan. Jurnal Guru Membangun, 23(1).
Widiarsa. (2019). Kajian pustaka sebagai layanan pustakawan berdasarkan kepakaran dan minat pemustaka. Media Informasi, 28(1). https://doi.org/10.22146/mi.v28i1.3940
Yuli Retno Hapsari, Y. R. (2023). Manajemen satuan pendidikan: Konsep dasar dan ruang lingkup. Jurnal Ilmiah Promis, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.58410/promis.v4i1.717
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2343
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



