Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Suhardi Suhardi, Sakhia Amali, Risya Lahya Putri, Vira Amelia Putri, Nuurul Wafa

Abstract


Studi ini berupaya menjelaskan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta dampaknya terhadap peningkatan mutu pendidikan. Studi ini dilandasi pada pentingnya otonomi dan partisipasi lokal dalam meningkatkan efektivitas lembaga pendidikan, khususnya PAUD. Studi ini mengaplikasikan teknik kualitatif deskriptif melalui teknik studi pustaka terhadap berbagai sumber relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan MBS di PAUD mencakup berbagai aspek manajerial seperti manajemen kurikulum, tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan, sarana-prasarana, hubungan dengan masyarakat, serta layanan khusus. MBS memberi ruang bagi PAUD guna merancang kurikulum serta strategi belajar mengajar dengan kontekstual dan selaras pada karakteristik anak usia dini. Selain itu, MBS mendorong efisiensi pengelolaan sumber daya, partisipasi masyarakat yang aktif, serta peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah. Secara keseluruhan, penerapan MBS berdampak positif terhadap kualitas layanan pendidikan PAUD, memperkuat akuntabilitas, inovasi, serta membangun suasana pembelajaran dengan mendukung, inklusif, serta berkelanjutan. Temuan ini menegaskan bahwa MBS merupakan strategi manajemen dengan sesuai serta berdaya guna untuk diterapkan pada ranah pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Keywords


Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu Pendidikan; Otonomi; Partisipasi Masyarakat; PAUD.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Adnan, Y., & Yusrizal, N. (2024). Efektivitas manajemen kesiswaan pada SMP Negeri 3 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(4), 229–234. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/9362

Ainun Ma’rifah, A., Salamah, K., Handani, L. A., A’yuni, Q., & Hidayat, R. (2023). Manajemen layanan koperasi dan kantin/kafetaria di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Rambipuji. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 2(1), 180–196. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i1.591

Akbar, T., Syahnan, H., Tanjung, M. S., & Murtafiah. (2023). Manajemen hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat. Jurnal Multilingual, 3(4), 381–387. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/multilingual/article/view/586

Ardiansyah, D. (2018). Manajemen berbasis sekolah. Direktur Pembinaan SMA.

Ariska, R. S. (2017). Manajemen kesiswaan. Manajer Pendidikan, 9(6), 828–836. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/issue/view/217

Arismunandar, A., Syahruddin, H., & Akib, H. (2015). Manajemen berbasis sekolah. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Basirun, A., Ajepri, F., & Anwar, K. (2022). Manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(1), 14–19. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i01.172

Dwi Ratnasari, D., Putri, O. K., Ulfa, H., & Hifayat, R. (2023). Manajemen layanan khusus Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MI Al-Fattah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.187

Efrida, I. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Buah Hati, 5(2), 102–110. https://doi.org/10.46244/buahhati.v5i2.571

Ginanjar, M. H., Rahman, R., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 103–118. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693

Gita Irawanda, M. B. (2020). Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SMK Negeri Makassar. JAK2P: Jurnal Administrasi, Kebijakan, dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.26858/jak2p.v1i1.8728

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Indriana, H., & Nurhasanah, D. (2024). Implementasi manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Taman Baru 1 Kota Cilegon. Technical and Vocational Education International Journal, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.602

Hilman, U., & Wahyudin, S. (2023). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 3–8.

Imarotuz Zuhroh, I., Pratama, A. I., Khairrina, K., & Rochmat, N. (2023). Peran layanan khusus asrama sebagai penguat manajemen mutu pendidikan di Muhammadiyah Boarding School SMA Muhammadiyah 1 Weleri. Epsilon: Journal of Management, 1(2), 10–24.

Imron, H. A., & Radiana, U. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4), 1–16. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5169

Jasuli, J. (2023). Peran guru dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.2288

Jumari. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan, 2(2), 164–178.

Kempa, R., Sohilait, D., & Pendidikan, S. A. (2023). Peningkatan kapasitas guru berbasis manajemen. German Fur Gesellschaft, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.9-14

Lutfiyah, B., Fauzan, A., Junaidah, J., Masayu, S., Wuryan, S., & Anwar, M. S. (2023). Manajemen sarana prasarana pendidikan dalam meningkatkan kepuasan civitas akademika MI Roudlotul Huda Lampung Tengah. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(1), 118–134. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i1.543

Mahanum. (2021). Tinjauan kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Makmur Jaya, Evanirosa, & Marlina. (2021). Implementasi manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.137

Marlina, S. (2023). Manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan prestasi akademik di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Prosiding Dewantara, 1(1).

Mayasari, R., & Mayasari, R. (2018). Manajemen keuangan dan pembiayaan. Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 77–90. https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.482

Melianti, E. O., Giatman, M., & Ernawati, E. (2023). Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar siswa. Journal of Education Research, 4(3), 1007–1013. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.295

Mukhlisoh, M. (2018). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941

Mulyasa, E. (2015). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi (Ed. revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, P., & Haryati, T. (2023). Konsep dan penerapan fungsi manajemen pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1), 82–91.

Munafiah, N., & L. L. (2023). Early childhood formal education institutions in Indonesia: Getting to know Kindergarten (TK), Aisyiah Busthanul Athfal (ABA) and Raudhatul Athfal (RA). Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–81. https://doi.org/10.52266/pelangi.v5i1.1242

Mutia Adiva, M. S. S., Setiawati, M., & Susanto, B. H. (2025). Strategi efektif dalam manajemen kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 11092–11906.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Nasrudin, M. (2018). Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(1), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Nurdin, S., Kosim, M., & Tabrani, T. (2023). Perencanaan kurikulum dan pembelajaran. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3741

Nurhasanah, R., & F. D. (2019). Pengembangan lembaga PAUD melalui implementasi manajemen berbasis sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 800–815.

Nurul Fauzani Rosyida, N., Septiyaningtiyas, H. D., Sukma, I., Utami, R. I., Muzakkiyah, D. F., & Susanto, B. H. (2024). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat. Journal Innovation in Education, 2(3), 118–132. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1373

Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. Jurnal Educath, 3(1), 17. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984

Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2024). Relevansi kurikulum dan pembelajaran dalam pendidikan. Dharmas Education Journal, 4(1), 108–118. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925

Rahmah, A. A. T., Salsabila, S., Rahayu, D. S., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat di Cipta Kreatif Bangsa (CKB) Playgroup. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i03.215

Ritman, H., & Turrahmi, M. (2022). Education special services management. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 1–14. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i3.75

Rivai, V., & Murni, S. (2018). Education management: Analisis teori dan praktik. Rajawali Press.

Rohiat. (2015). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik (Cet. ke-2). PT Refika Aditama.

Sagala, S. (2017). Manajemen berbasis sekolah dan masyarakat: Strategi memenangkan persaingan mutu. Nimas Multimas.

Safriadi. (2016). Manajemen pembiayaan berbasis sekolah. Intelektualita, 4(2), 119–134.

Sihombing, A., Naibaho, A. A., Pauliana, G., Nainggolan, R. S., & Yuniastuti, E. (2024). Analisis pengaruh manajemen layanan khusus dalam mendukung pembelajaran peserta didik di SMA PAB 1 Medan Estate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 28229–28234.

Siti Mariska, S. S. (2023). Penerapan teori manajemen Henri Fayol untuk menjalankan bisnis. Jurnal Manajemen Strategis, 1(1), 9–16.

Solechan, S., & Abdullah, A. (2022). Manajemen kesiswaan dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Primaganda Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i2.599

Suharni, S. (2019). Manajemen pendidikan anak usia dini pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.1-5

Syahputra, M. R., & Herviana, H. (2021). Implementasi manajemen tenaga kependidikan di MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung. Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa, 1, 1–14.

Syifa Nurfajriah, S., & Prihantini, K. (2021). Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Kreatif: Kependidikan Dasar, 11(2), 137–144.

Syaifuddin, M., Rachman, A., & Hartono, H. (2017). Manajemen berbasis sekolah. Depdiknas.

Toha Ma’sum. (2018). Konsep pendidikan anak usia dini. Al Intizam, 1(2), 38–68.

Ulin Ni’am, Barowi, & Moh Nasuka, M. (2020). Manajemen ketenagaan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 9–23. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v8i1.1278

Virskya, A. F., Cahyaningrum, E. N., Septiyani, L., Pradina, N. R., & Susanto, B. H. (2024). Pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(3), 580–591.

Wahyudi. (2010). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan. Jurnal Guru Membangun, 23(1).

Widiarsa. (2019). Kajian pustaka sebagai layanan pustakawan berdasarkan kepakaran dan minat pemustaka. Media Informasi, 28(1). https://doi.org/10.22146/mi.v28i1.3940

Yuli Retno Hapsari, Y. R. (2023). Manajemen satuan pendidikan: Konsep dasar dan ruang lingkup. Jurnal Ilmiah Promis, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.58410/promis.v4i1.717




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760