Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Seni Rupa Melalui Membatik Jumputan Ecoprint Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK It Auladi Palembang

Indah Sari Kusmarini, Taruni Suningsih

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar seni rupa anak usia 5-6 tahun melalui membatik jumputan ecoprint di TK IT Auladi Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan dasar seni rupa anak setelah diterapkan pembelajaran berbasis membatik jumputan ecoprint. ”belum berkembang” sebesar 9%. Setelah siklus 1 terjadi peningkatan dengan 81% anak mulai berkembang. Pada siklus II, 73% anak mencapai kategori ”berkembang sangat baik”. Kesimpulannya, penggunaan membatik jumputan ecoprint efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar seni rupa pada anak.


Keywords


Kemampuan dasar seni rupa anak; Membatik jumputan ecoprint; Penelitian tindakan kelas; PAUD;

References


Aisyiah, N. A., & Pamungkas, J. (2023). Pemanfaatan Bahan Alam Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6741–6749. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4606

Asmara, D. A., & Meilani, S. (2021). Lampu Hias Dengan Dekorasi Motif Batik Parang Dan Kawung Inovasi Penciptaan Keramik. Corak Jurnal Seni Kriya, 9(1), 1–10.

Azizah, I., & Wathon, A. (2022). Implementasi Seni Lipat Kertas Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. STAI Miftahul Ula Nganjuk.

Dzariyah, A., & Rocmah, L. I. (2024). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707

Fatimah, T., Setiawan, M. H. Y., & Irmade, O. (2024). Implementasi Teknik Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Kb Strawberry Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Widya Wacana, 1(2), 96–115. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/10972/5709

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2021). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2021). Kegiatan Membatik Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92–105. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043

Irianingsih, N. (2022). Yuk Membuat ECO PRINT motif kain dari daun dan bunga. Gramedia Pustaka Utama.

Kusumaningtyas, I. A., & Wahyuningsih, U. (2021). Analisa hasil penelitian tentang teknik ecoprint menggunakan mordan tawas, kapur, dan tunjung pada serat alam. Jurnal Tata Busana, 10(3), 9–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/42976

Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 11–21. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Ningsih, E. P. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Gemilang, 1(1), 23–37. https://doi.org/10.62872/cd472863

Rahma, S. (2021). Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Bahan Alam Menggunakan Teknik Ecoprint Di TK Nurfajrin Kecamatan Pol-Sel Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tazkiyah, Y., Noor, A., Hakim, M. L., Maylan, M., Rahmanisa, N., Rismama, F. I., Astutik, F. P., Mahesti, S. L., & Sukma, V. C. (2024). Teknik Ecoprint sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Kreatif dan Mandiri di Desa Bumiharjo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2(1), 4857. https://doi.org/10.26623/jpk.v2i1.7809

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Wisma, R. Y., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2022). Penerapan Kegiatan Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Senggreng. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 161–180. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p161-180




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760