Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Pada Peserta Didik Kelompok A di KB Dharul Hikmah Kasembon

Elsita Lisnawati, Ayu Asmah, Henni Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kreativitas anak usia dini kelompok A (4–5 tahun) di KB Dharul Hikmah Kasembon Bululawang yang belum optimal. Banyak anak masih cenderung meniru, kurang memiliki inisiatif serta ide orisinal, menunjukkan rasa ingin tahu yang rendah, enggan mencoba hal-hal baru, dan kurang bersemangat mengikuti kegiatan seni. Keadaan ini menunjukkan perlunya pendekatan yang dapat mendorong perkembangan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kegiatan membatik ecoprint dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif serta kuantitatif sederhana untuk memperoleh gambaran menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membatik ecoprint mampu memberikan peningkatan yang nyata terhadap kreativitas anak. Anak-anak mulai lebih berani mengeksplorasi pengalaman baru, lebih antusias dalam kegiatan seni, dan menampilkan ide-ide kreatif yang orisinal. Proses ecoprint juga terbukti menumbuhkan rasa ingin tahu serta mengurangi kecenderungan meniru, sehingga anak menjadi lebih mandiri dalam belajar. Dengan demikian, kegiatan membatik ecoprint efektif, menyenangkan, dan bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Ecoprint; Kreativitas; Membatik.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084

Agustini, S., Maulana, R. A., & Elnawati. (2025). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini 4–5 Tahun melalui Kegiatan Membatik Ecoprint di RA Nurul Ikhsan. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 69–84.

Anggia, A. R., & Nopriansyah, U. (2018). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Warna Dengan Media Benang pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Perwanida I Bandar Lampung. Al-Athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–20. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3789

Anggun Marfuah, Sulistyani Putri Kinanti, Putri Handayani, Naily Hani’ah, Defta Nasya Berliani, & Dian Rif’iyati. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Anak Melalui Ecoprint. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(4), 67–75. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i4.1270

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Campbell, D. (1986). Mengembangkan Kreativitas. Disadur oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta : Kanisius.

Dewi, D. N. Y. (2021). Penerapan Teknik Eco Print Menggunakan Buah dan Sayur. Bhumidevi : Journal of Fashion Design, 1(1), 152–158. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v1i1.300

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143–1155.

Hasan, M. I. (2003). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737

Irmayanti, Suryani, H., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–50.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research,.

Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi, Dan Masyaraka, 2, 184–187.

Masganti, D., Nasution, F., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. ,. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Misbayani. (2022). Urgensi Kreativitas Dalam Perkembangan Emosional AUD di Kota Baubau. JPDSH : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 2009–2018. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK

Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 11–21. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Pranata, D., Putu, I., Dharma Hita, A., Pertama, R. R., Ali, R. H., Suwanto, W., & Ariestika, E. (2023). The Role of Coaches in Increasing Student Motivation Through Basketball Games in Schools (A Review of Literature Studies). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 6(2), 568–580. http://dx.doi.org/10.31851/hon.v6i2.11626

Purnama, S., Suci Rohmadheny, P., & Pratiwi, H. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandar Lampung : PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Putri, S. W. D., Heldanita, Marlisa, W., Arifin, Z., Nurhayati, Sariah, & Suryanti, D. S. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 82–91. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Rahayu, Adelia, M., Safika, Sa’diyah, Halimatus, S., Hariani, M., Rahayu, Mardikaningsih, Aliyah, Darajaatul, N., Sasmita, Eka, F., Safira, & Elmy, M. (2025). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Teknik Ecoprint Di Desa Balunganyar Kecamatan Lekok. Jamarat, 2(2), 163–172. https://journal.stai-muafi.ac.id/index.php/JAMARAT

Sa’ada, S. M., & Munif, M. V. M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis EcoprintUntuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Siswa di TK Bunga Bangsa. Murid, 1(3), 258–267. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/JM/article/view/7797

Saedah, N., Hanafi, H., & Alberth. (2018). Kreativitas Seni melalui Kegiatan Bermain Membentuk Bebas Terarah pada Anak Kelompok B di TK Pariama Kecamatan Wawotobi. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(1), 11–15.

Saputri, R. D., & Ariesta, I. G. B. B. (2023). Penerapan Ecoprint (Hapa Zome) Menggunakan Getah Daun dan Bunga untuk Produk Sustainable Fashion. Jurnal Fashionista, 1(2), 8.

Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan : (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Ummisarah, U., Irham, M., Putri Efendy, M., & Silvi, J. (2023). Membangun Serta Meningkatkan Kreativitasan Anak-Anak Melalui Rumah Belajar dan Ecoprint di Desa Sungai Pinang. Jdistira, 3(2), 16–21. https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.515

Winarsih. (2019). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatanmembatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 14–15.

Yuandana, T. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint. Research and Education): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 99–109.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760