Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Implementasi Etnobotany di TK Muslimat NU 10 Pandanmulyo
Abstract
Keywords
References
Amelia, D. (2021). Perkembangan fisik motorik anak usia dini dalam konteks pembelajaran PAUD. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Anggraini, T., Rahmawati, L., & Putri, A. (2024). Integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran tematik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 9(1), 45–56.
Febriyanti, D., & Sari, N. (2024). Penerapan kegiatan identifikasi tanaman obat untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(2), 112–125. https://doi.org/10.15294/paud.v11i2.9842
Fitriani, D. (2022). Kegiatan eksplorasi lingkungan dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia dini. Jurnal Obsesi, 6(4), 1123–1135.
Garnika, N., Hapsari, D., & Ramadhani, S. (2022). Strategi pembelajaran terpadu dan aktivitas bercerita untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2987–2999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1987
Handayani, R., & Pratiwi, M. (2022). Pengaruh kegiatan berbasis etnobotani terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 105–117. https://doi.org/10.29408/jga.v6i2.4982
Hidayah, R., & Suryana, D. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 87–96.
Hidayat, A., & Pertiwi, S. (2023). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 67–78. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i1.2023
Kemendikbud. (2015). Pedoman pelaksanaan pembelajaran tematik di PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kurniawati, D., & Damayanti, P. (2024). Pengaruh penggunaan bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 23–35. https://doi.org/10.31004/jipaud.v8i1.3458
Mappapoleonro, A. M. (2019). Kreativitas anak usia dini dalam konteks pembelajaran aktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.1234/jipa.v4i1.2019
Nugroho, A., & Pratiwi, F. (2021). Ethnobotany sebagai pendekatan pembelajaran berbasis budaya di pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 55–67.
Nuraeni, E., & Syamsuddin, A. (2022). Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran tematik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 87–99. https://doi.org/10.31004/jpaud.v7i2.3204
Nurjanah, F., Lestari, W., & Wulandari, S. (2024). Eksplorasi tanaman obat sebagai media pembelajaran sains anak usia dini. Jurnal Sains Anak Usia Dini, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.21009/jsaud.v5i1.2024
Nurul, R., & Nadia, F. (2021). Proses pembelajaran anak usia dini ditinjau dari aspek kognitif, emosional, dan fisik. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jpdau.v3i1.213
Pratiwi, S., Wulandari, D., & Sari, R. (2023). Media berbasis lingkungan alam untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 132–144. https://doi.org/10.31004/jpa.v8i2.2023
Puspitasari, L. (2021). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(3), 145–155.
Rachmawati, T., Kurniawan, A., & Lestari, D. (2023). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains anak usia dini. Edukasi Anak Usia Dini, 7(1), 22–33.
Rahman, A., Yusuf, N., & Khaerani, D. (2024). Etnobotani dan pelestarian pengetahuan lokal masyarakat Indonesia. Jurnal Biologi dan Lingkungan, 14(1), 76–88. https://doi.org/10.31258/jbl.v14i1.2024
Rahmawati, A., & Yuliani, S. (2023). Pembelajaran kontekstual berbasis tanaman lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 4(2), 99–110.
Rifai, M. A. (1998). Etnobotani dan pemanfaatan tumbuhan dalam kehidupan masyarakat tradisional. Jakarta: LIPI Press.
Riyani, Y. (2015). Pendidikan anak usia dini dalam perspektif Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta.
Santoso, I., Kurnia, E., & Widodo, P. (2022). Ethnobotany learning to foster environmental awareness in early childhood education. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 89–101.
Sari, L., Ningsih, P., & Siregar, T. (2023). Hubungan kreativitas dan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45–58. https://doi.org/10.31004/jpaud.v8i1.2331
Sari, N., & Utami, R. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis lingkungan untuk pengembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 5(1), 33–45.
Setiawan, B., & Munawaroh, S. (2021). Pembelajaran berbasis pengalaman nyata untuk anak usia dini: Pendekatan konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 65–77.
Srianis, N., Puspita, D., & Lestari, Y. (2014). Peran media pembelajaran terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 122–134.
Uukumiawati, R. (2012). Psikologi perkembangan anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Walujo, E. B. (2011). Etnobotani dan pelestarian budaya tumbuhan lokal Indonesia. Bogor: LIPI Press.
Wulandari, E. (2022). Integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini berbasis ethnobotany. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 211–222.
Wulandari, R., Hasanah, M., & Khotimah, I. (2023). Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan anak usia dini berbasis lingkungan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(3), 311–324. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.2023
Yamin, M., & Sanan, J. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini berbasis perkembangan kognitif. Jakarta: GP Press.
Yulianti, D. (2014). Perkembangan anak usia dini dan strategi pembelajarannya. Jakarta: Kencana.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zulkifli, M. (2023). Experiential learning in early childhood education: From theory to practice. Early Childhood Journal of Education, 8(1), 77–90.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2357
Refbacks

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



