Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Implementasi Etnobotany di TK Muslimat NU 10 Pandanmulyo

Zahrotul Mufidah, Rina Wijayanti, Muchammad Ramli Akbar

Abstract


Pembelajaran di PAUD menggunakan model tematik, salah satunya dengan mengenalkan tanaman herbal seperti kunyit, jahe, dan serai. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pendekatan etnobotani di TK Muslim NU 10 Pandanmulyo, dengan memanfaatkan tanaman lokal sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, melibatkan 12 anak usia 5–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam aspek pengelompokkan, hubungan sebab-akibat, dan pemahaman. Pembelajaran etnobotani terbukti meningkatkan minat belajar dan mendukung perkembangan kognitif anak secara menyeluruh.

Keywords


Anak Usia Dini; Etnobotany; Kemampuan Kognitif; Pembelajaran Berbasis Alam

Full Text:

PDF Turnitin

References


Amelia, D. (2021). Perkembangan fisik motorik anak usia dini dalam konteks pembelajaran PAUD. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anggraini, T., Rahmawati, L., & Putri, A. (2024). Integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran tematik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 9(1), 45–56.

Febriyanti, D., & Sari, N. (2024). Penerapan kegiatan identifikasi tanaman obat untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 11(2), 112–125. https://doi.org/10.15294/paud.v11i2.9842

Fitriani, D. (2022). Kegiatan eksplorasi lingkungan dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia dini. Jurnal Obsesi, 6(4), 1123–1135.

Garnika, N., Hapsari, D., & Ramadhani, S. (2022). Strategi pembelajaran terpadu dan aktivitas bercerita untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2987–2999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1987

Handayani, R., & Pratiwi, M. (2022). Pengaruh kegiatan berbasis etnobotani terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 105–117. https://doi.org/10.29408/jga.v6i2.4982

Hidayah, R., & Suryana, D. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 87–96.

Hidayat, A., & Pertiwi, S. (2023). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 67–78. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i1.2023

Kemendikbud. (2015). Pedoman pelaksanaan pembelajaran tematik di PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kurniawati, D., & Damayanti, P. (2024). Pengaruh penggunaan bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 23–35. https://doi.org/10.31004/jipaud.v8i1.3458

Mappapoleonro, A. M. (2019). Kreativitas anak usia dini dalam konteks pembelajaran aktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.1234/jipa.v4i1.2019

Nugroho, A., & Pratiwi, F. (2021). Ethnobotany sebagai pendekatan pembelajaran berbasis budaya di pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 55–67.

Nuraeni, E., & Syamsuddin, A. (2022). Penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran tematik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 87–99. https://doi.org/10.31004/jpaud.v7i2.3204

Nurjanah, F., Lestari, W., & Wulandari, S. (2024). Eksplorasi tanaman obat sebagai media pembelajaran sains anak usia dini. Jurnal Sains Anak Usia Dini, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.21009/jsaud.v5i1.2024

Nurul, R., & Nadia, F. (2021). Proses pembelajaran anak usia dini ditinjau dari aspek kognitif, emosional, dan fisik. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/jpdau.v3i1.213

Pratiwi, S., Wulandari, D., & Sari, R. (2023). Media berbasis lingkungan alam untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 132–144. https://doi.org/10.31004/jpa.v8i2.2023

Puspitasari, L. (2021). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran sains anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(3), 145–155.

Rachmawati, T., Kurniawan, A., & Lestari, D. (2023). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains anak usia dini. Edukasi Anak Usia Dini, 7(1), 22–33.

Rahman, A., Yusuf, N., & Khaerani, D. (2024). Etnobotani dan pelestarian pengetahuan lokal masyarakat Indonesia. Jurnal Biologi dan Lingkungan, 14(1), 76–88. https://doi.org/10.31258/jbl.v14i1.2024

Rahmawati, A., & Yuliani, S. (2023). Pembelajaran kontekstual berbasis tanaman lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 4(2), 99–110.

Rifai, M. A. (1998). Etnobotani dan pemanfaatan tumbuhan dalam kehidupan masyarakat tradisional. Jakarta: LIPI Press.

Riyani, Y. (2015). Pendidikan anak usia dini dalam perspektif Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta.

Santoso, I., Kurnia, E., & Widodo, P. (2022). Ethnobotany learning to foster environmental awareness in early childhood education. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 89–101.

Sari, L., Ningsih, P., & Siregar, T. (2023). Hubungan kreativitas dan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 45–58. https://doi.org/10.31004/jpaud.v8i1.2331

Sari, N., & Utami, R. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis lingkungan untuk pengembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 5(1), 33–45.

Setiawan, B., & Munawaroh, S. (2021). Pembelajaran berbasis pengalaman nyata untuk anak usia dini: Pendekatan konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 65–77.

Srianis, N., Puspita, D., & Lestari, Y. (2014). Peran media pembelajaran terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 122–134.

Uukumiawati, R. (2012). Psikologi perkembangan anak usia dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walujo, E. B. (2011). Etnobotani dan pelestarian budaya tumbuhan lokal Indonesia. Bogor: LIPI Press.

Wulandari, E. (2022). Integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran anak usia dini berbasis ethnobotany. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 211–222.

Wulandari, R., Hasanah, M., & Khotimah, I. (2023). Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan anak usia dini berbasis lingkungan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(3), 311–324. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.2023

Yamin, M., & Sanan, J. (2010). Panduan pendidikan anak usia dini berbasis perkembangan kognitif. Jakarta: GP Press.

Yulianti, D. (2014). Perkembangan anak usia dini dan strategi pembelajarannya. Jakarta: Kencana.

Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli, M. (2023). Experiential learning in early childhood education: From theory to practice. Early Childhood Journal of Education, 8(1), 77–90.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2357

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760