Meningkatkan Kemampuan Mengekpresikan Karya Seni Melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Kelompok B TK Aba 2 Sumberpucung

Yeni Iswardiningsih, Ayu Asmah, Sarah Emmanuel Haryono

Abstract


Aktivitas seni memiliki peran penting dalam membantu anak usia dini mengekspresikan emosi serta mengembangkan keterampilan motorik dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan membatik ecoprint pada anak Kelompok B TK ABA 2 Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian terdiri dari 21 anak didik, yaitu 13 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengekspresikan diri anak meningkat secara bertahap.  Hasil penelitian  siklus 1 pertemuan 1 capaian meningkat menjadi 60% pada Siklus dan 67% pada Siklus 1 pertemuan 2, menandakan proses adaptasi mulai terjadi. Selanjutnya, Peningkatan signifikan terjadi pada Siklus 2 pertemuan 1 sebesar 73%, hingga mencapai 85% pada Siklus 2 pertemuan 2.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan membatik ecoprint efektif dalam meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri karya seni bagi anak usia dini, serta dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran seni yang inovatif di PAUD

Keywords


Anak Usia Dini; Batik; Ecoprint

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aam Kurnia, Nano Nurdiansah, & Kiki Kilma Rihani. (2023). Kegiatan Membatik Ecoprint Untuk Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 20–32. https://doi.org/10.51529/kjpm.v3i1.497

Afnita, J., & Zarkasih, K. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084

Agustini, S., Maulana, R. A., & Elnawati. (2025). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini 4–5 Tahun melalui Kegiatan Membatik Ecoprint di RA Nurul Ikhsan. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 69–84.

Alfiandra. (2024). Pelatihan Pembuatan Batik Mengunakan Teknik Ecoprint Kepada Ibu PKK Kelurahan Sri Mulya. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 338–344.

Anggun Marfuah, Sulistyani Putri Kinanti, Putri Handayani, Naily Hani’ah, Defta Nasya Berliani, & Dian Rif’iyati. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Anak Melalui Ecoprint. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(4), 67–75. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i4.1270

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arissusila, I. W., Trisdyani, N. L. P., & Pradnyana, I. G. A. M. S. (2023). SENI RUPA SEBAGAI MEDIA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA BATUBULAN KANGIN. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 23(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32795/ds.v23i2.4899

Dewi, D. N. Y. (2021). PENERAPAN TEKNIK ECO PRINTMENGGUNAKAN BUAH DAN SAYUR. Bhumidevi : Journal of Fashion Design, 1(1), 152–158. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59997/bhumidevi.v1i1.300

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143–1155.

Ferdian Utama, E. P. (2020). Parental dalam Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/JAM.V7I1.3570

Froebel, F. W. A. (1887). The Education of Man. D. Applenton and Company.

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139. https://journal.uny.ac.id/v3/jpa

Hastuti, A. P., & Utomo, S. T. (2022). Total Quality Management and Learning Organization for Early Childhood Education at PAUD ELPIST Temanggung. Journal of Childhood Development, 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/JCD.V2I1.2217

Hazmi, M. A. Al, Shulha, H., Qomariyah, L., & Fajri, namira C. (2025). Peningkatan Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas melalui Pelatihan Ecoprint pada Siswa Sekolah Dasar. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 210–219. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine

Hikmah, R., & Sumarni, R. A. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah menjadi Kerajinan Ecoprinting. Jurnal Abdidas, 2(1), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.225

Irianingsih, N. (2018). Eco Print Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: Gramedia.

Irmade, O., Widjanarko, P., Titi Andaryani, E., & Slamet Riyadi Surakarta, U. (2022). Pelatihan Memahami Pendidikan Seni Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paud. Journal of Character Education Society), 5(2), 408–414. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.7913https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research,.

Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Vidya Kharishma Pelatihan Teknik EcoprintUntuk Guru Paud. Prosiding: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat, 2(1), 183–187.

Kusumawati, N. (2024). Peran Kepemimpinan dalam Menciptakan Kerjasama Tim pada Perusahaan. Amsir Management Journal, 12(2001), 46–51. https://doi.org/10.56341/amj.v4i2.219

Luailiya, Nikmatul, Misrochah, Nana, Nurfiani, Hasna, Masyaid4, A., Margi, D., Astuti, Afifah, Esolina, Pangestik, Ajeng, S., Komalasari, & Titin. (2024). Pelatihan Ecoprint dalam Mendukung Kreativitas Siswa Kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2(2), 8–16. https://doi.org/DOI: 10.26623/jpk.v2i2.9619

Muhassin, M., & Sulistyawati, A. (2024). Peningkatan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi Pembuatan Ecoprint bagi Siswa di Desa Sumber Agung, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan. WISE Pendidikan Indonesia, 8(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.70211/sakalima.v1i1.1

Munawarah, S. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 11–21. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Ngadifah, D. N. A., & Rokhma, N. M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membatik dari Bahan Alam Menggunakan Teknik Ecoprint di Kelompok B. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(10), 22–29. https://doi.org/DOI:10.17977/um065v3i102023p22-29

Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.284

Nursabila, N., Maharani, N. W. L., Ramadhan, G., Supriyadi, & Izzatika, A. (2024). Analisis Dampak Implementasi P5 Melalui Kegiatan Membatik Ecoprint terhadap Pengembangan Karakter Peserta Didik pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2775 –9482. https://irje.org/index.php/irje

Nursyam, R., Setiawati, R., & Haerudin, D. (2020). Ekspresi diri berbasis gerak maknawi melalui penciptaan karya tari Lenggang Meniti Asa. Senakreasi: Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 2, 79-97. https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi

Pamadhi. (2018). Seni Keterampilan Anak. (Cetakan ke-9). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Putri, N. K., &  M. (2025). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Ecoprint. Aulad : Journal on Early Childhood, 8(1), 31–40.

Saedah, N., Hanafi, H., & Alberth. (2018). Kreativitas Seni melalui Kegiatan Bermain Membentuk Bebas Terarah pada Anak Kelompok B di TK Pariama Kecamatan Wawotobi. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(1), 11–15.

Salsabila, A., Saudah, S., & Maulidar, M. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis Ecoprint Terhadap Dimensi Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh . Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 17–32. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/arini/article/view/88

Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidika, 18(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1472

Shahira, F., Jannah, E. M., Khilmiah, E., Triningsih, E., Fitriani, F., Hikmah, F., Fadilla, F. N., Shahira, F. C., Jannah, E. M., & Emy Khilmiah, Endah Triningsih, Fadilatul Fitriani, Fariatul Hikmah, Fatma Nur Fadilla, F. C. S. (2025). Pembuatan Ecoprintdengan Teknik Poundinguntuk Meningkatkan Kreativitas Anak-Anak di Yayasan Al Amanah Sidoarjo. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 289–298. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i2.1528

Yayuk Primawati. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, Vol. 1 No.(2), 1–10. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecs




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760