Pengembangan Permainan Transport Maze dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini

Areza Syatifa, Ahmad Syukri Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Transport Maze dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Harapan Pauline yang terletak di Desa Perkebunan Panigoran, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 orang dengan kategori usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian mencakup angket validasi media, materi, kelayakan pengguna, dan lembar observasi. Hasil validasi menunjukkan media sangat valid (87%), materi sangat valid (84%), dan kelayakan pengguna sangat layak (99%). Uji efektivitas menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan skor rata-rata sebesar 7 poin, dengan nilai t-hitung -8,481 dan signifikansi < 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa Transport Maze efektif dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Pengembangan Permainan; Visual Spasial.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Afrilliany. (2025). Pengembangan Media Smart Little Board ( Hijmalib ) Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 8(1), 170–188. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.839

Alsyabri, A. W. (2021). Wira, Alsyabri Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. PAPERBACK.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2 (2), 204–210. 2(2), 204–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik) (Dr. Drs. Achmad Noor Fatirul, S.T. etc.) (Z-Library). Pascal BOOK.

Fleetham, M. (2006). Multiple intelligences in practice : enhancing self-esteem and learning in the classroom. Network Continuum Education.

Giasi, N. (2020). Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial melalui Permainan Balok pada Kelompok B di TK Anggrek Mekar Haya-Haya Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 56–72. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.23

Hidayati, N. I. (2021). Pengembangan Media Maze Zoo dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun [Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7581/

Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148.

Howard Gardner. (2011). Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books. https://doi.org/10.2307/3332707

Karolina, L. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di Tk Sepakat Kecamatan Talo. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 56.

Muhaemin, Y. F. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Penerbit Adab.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Rahman Hakim, Z., Taufik, M., & Novianda Firdayanti, R. (2019). Jurnal Riset Pengembangan Media Flipchart Pada Tema “Diriku” Subtema “Tubuhku” Sdn Serang 3. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 66–75.

Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan : Research and Development (R&D) (Cetakan 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Safitri, A. M. D., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Game Geomaze Berbasis Aplikasi Untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 4-5 Tahun. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 11(1), 93–103. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i12.180

Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk : Ruang Lingkup, Indikator dan Pengembangannya (Cetakan I). Kencana. http://ci.nii.ac.jp/ncid/BN12734255

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.

Tirahna, A. Z. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Web Pada Materi Algoritma Dan Pemograman Kelas X Di Smkn 6 Mukomuko. Universitas Negeri Medan.

Utami, R. D., Siregar, B., & Pratiwi, N. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 8952–8959. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9783

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Waruru, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760