Pengembangan Permainan Transport Maze dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini
Abstract
Keywords
References
Afrilliany. (2025). Pengembangan Media Smart Little Board ( Hijmalib ) Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 8(1), 170–188. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.839
Alsyabri, A. W. (2021). Wira, Alsyabri Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. PAPERBACK.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2 (2), 204–210. 2(2), 204–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik) (Dr. Drs. Achmad Noor Fatirul, S.T. etc.) (Z-Library). Pascal BOOK.
Fleetham, M. (2006). Multiple intelligences in practice : enhancing self-esteem and learning in the classroom. Network Continuum Education.
Giasi, N. (2020). Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial melalui Permainan Balok pada Kelompok B di TK Anggrek Mekar Haya-Haya Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 56–72. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.23
Hidayati, N. I. (2021). Pengembangan Media Maze Zoo dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun [Institut Agama Islam Negeri Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7581/
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148.
Howard Gardner. (2011). Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books. https://doi.org/10.2307/3332707
Karolina, L. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di Tk Sepakat Kecamatan Talo. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 56.
Muhaemin, Y. F. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Penerbit Adab.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Rahman Hakim, Z., Taufik, M., & Novianda Firdayanti, R. (2019). Jurnal Riset Pengembangan Media Flipchart Pada Tema “Diriku” Subtema “Tubuhku” Sdn Serang 3. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 66–75.
Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan : Research and Development (R&D) (Cetakan 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Safitri, A. M. D., & Saroinsong, W. P. (2022). Pengembangan Game Geomaze Berbasis Aplikasi Untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 4-5 Tahun. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 11(1), 93–103. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i12.180
Sit, M. (2020). Kecerdasan Majemuk : Ruang Lingkup, Indikator dan Pengembangannya (Cetakan I). Kencana. http://ci.nii.ac.jp/ncid/BN12734255
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Tirahna, A. Z. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Web Pada Materi Algoritma Dan Pemograman Kelas X Di Smkn 6 Mukomuko. Universitas Negeri Medan.
Utami, R. D., Siregar, B., & Pratiwi, N. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 8952–8959. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9783
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Waruru, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2361
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



